Thursday, April 24, 2014

Opor Kuning Tahu & Telur


Opor tahu telur ini salah satu lauk favorit Yodha. Selain masak sendiri..sering beli kalau buat sarapan di mbah2 yang jual sarapan khas menu rumahan gitu. Sayur kuning ini seperti opor yang gurih rasanya dan enak di makan dengan bubur nasi di pagi hari. Tapi buat makan nasi biasa pun enak..apalagi di tambah sambel tomat yang pedes gitu. Seger dech. Bumbu opor tahu ini lebih ringan daripada opor ayam..jadi lebih segar rasanya. 

Pilih tahu yang kesat dan nggak lembek ya teman2..kalau untuk di masak sayur berkuah gini. Jika agak lembek tahunya, kukus dahulu sebentar, supaya tidak hancur ketika di masak. Atau kalau mau aman..tahunya bisa juga di goreng sebentar sampai berkulit..tapi nanti kurang lembut hasilnya. Soalnya kalau opor tahu gini..paling enak kalau bumbu kuahnya meresap ke tahunya..jadi enak ..lembut berbumbu gitu tahunya.
Selamat mencoba ya teman2..jika suka..semoga bisa menjadi alternatif menu harian buat anak2..^^
Opor Kuning Tahu & Telur

Bahan :
4 butir telur rebus, kupas
4 buah tahu putih, kukus sebentar jika tahunya lembek agar tidak hancur ketika di masak, potong2 kotak kecil.
Santan 800 ml dari 1/2 butir kelapa
2 lembar daun salam, 2 batang sereh, 2 cm lengkuas geprek dan 2 lembar daun jeruk purut.
Gula merah 1/2 sendok makan ( sesuai selera )
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya

Bumbu halus : 
6 butir bawang merah
4 butir kemiri
2 cm kunyit
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Haluskan bumbu2, lalu tumis hingga harum, masukkan santan, tahu dan telur rebus dan bumbu2 lain. 
Masak sampai meresap.
Taburi bawang goreng.

10 comments :

  1. Kl opor ak lbh seneng opor palembang yg bumbux disangrai dlu sblm dhaluskan...wangiiiii bnget.Apalagi pke klapa gongseng jg..hmmm..yummyyy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ..memang lebih wangi ya Mba..kalau di sangrai dulu bumbu2nya..tapi ki aku suka malas nyangrai..hihi

      Delete
    2. Gpp deh kl males nyangrai doank..asal jgn males b'krya aj..bsa mati gya kita2x yg kbiasaan nyontek resep dBlogx mb Di hihihiii

      Delete
  2. Ditambah wortel + kentang + daun bawang sledri tambah sedap mba diah,sluuurppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..ide bagus mba Ida..:)
      Jadi komplet ya juga Mba gizinya buat anak2..:)

      Delete
    2. Iya mba, di Jakarta pada umumnya kalo bikin opor telur tahu dilengkapi dgn bahan2 yg disebut di atas :)

      Delete
  3. Perpaduan yang ueeenaaaak ini mba Diah, saya jadi ingat dulu kalau dikampung, hampir 70 - 80 % tetangga saya orang jawa, sering kalau acara2 tertentu dapat kiriman opor macam ini, tapi biasanya suka puedeesnya pooooolmba,,, mantab banget deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang pedas lebih enak pakai tahu plempung mba..yang udah di goreng dan berongga gitu lho..jadinya kuahnya bisa meresap ke pori2 tahunya..ueanakk bgt itu..hihi..

      Delete
  4. klo dipedesin neneku bilangnya "besengek" opor pedas

    ReplyDelete
  5. klo dipedesin neneku bilangnya "besengek" opor pedas

    ReplyDelete