Wednesday, March 14, 2012

Pia basah..a.k.a roti pia isi kacang hijau




Sebelumnya mau jelasin dulu ahhh..pia itu ada bermacam macam lho..ada pia kering..yang rasanya renyah banget..ngeprul kulitnya jika di makan, kayak pia2 yang di jual kemasan gitu yang isi aneka rasa seperti coklat ,keju, dll. Ada lagi semi basah , bakpia..yang khas Yogya seperti bakpia pathuk dll, nah yang terakhir pia basah yaitu pia   yang seperti ku buat ini..jadi jangan sampai keliru ya. Tapi kalau mau coba bakpia ala bakpia pathuk di Yogya..udah pernah juga aku buat..tapi isinya ku ganti telo..bukan kumbu kacang hijau..liat di sini ya
Pia basah..dulu jaman kecil sering makan ,oleh oleh Ibu dari pasar, berarti masuk kategori jajan pasar juga ya. Ini seperti bakpia bentuknya, rasanya tapi beda...cuma karena isiannya sama sama kumbu kacang hijau..ya ada mirip miripnya juga..nah lho..bingung kan..hehe..aku juga bingung..tapi apapun itu..yang penting..enak lho..rasanya kayak roti manis..tapi rada liat karena bikinnya tidak pake telur..tapi enak dan lembut juga rotinya..aku sering beli di tukang sayur ya suka bawa jajan pasar..tapi rasanya lebih enak kalau bisa bikin sendiri donk.dan.....tadi langsung praktek..dan berhasil..adonannya ok banget..biarpun gak pake telur tapi bisa halus..ngembang bagus dan enak di bentuk2..cuma..pas mau manggang listrik mati..mau nunggu takut over proofing..jadinya..ku panggang aja pake cetakan cara bikang..eh jadi juga lho..walaupun ngembangnya gak banyak kayak kalau di oven..tapi rasa sich udah ok..otentik pia basah jaman dulu. Yes..resep ini layak di simpan di blog ini..biar gak hilang..^^..sekarang belum maksimal..krn gak di oven..next time coba lagi dech.

Bahan:
250 gr tepung terigu protein sedang
2 sendokmakan gula pasir
35 gr margarin
125 ml air hangat
1/2 sendok makan ragi instan
1/2 sendok teh garam

Cara Membuat :
Aduk semua bahan kecuali mentega dan garam, masukkan mentega dan garam uleni hingga kalis elastis.
diamkan 45menit, kempiskan adonan.B
Bagi adonan @ 30gr, bulatkan, diamkan lagi selama 30 menit
Tipiskan, masukkan isi kumbu kacang hijau, bentuk bulat pipih.
Panggang kurleb 10 menit ( panas..tergantung oven masing2..kalau punyaku 170 C )
Balik dan panggang lagi 5 menit ( waktu juga di seuaikan oven masing 2 ya..)

Setelah uji coba lagi yang kedua..voila..
berhasil dengan sukses..hasilnya lembut dan  cantik..karena di oven..ini dia hasilnya  :

Bandingkan dengan ini..yang pakai cetakan cara bikang manggangnya..hihi..beda kan..

35 comments :

  1. Bikin bakpia tampaknya mudah, namun sebenarnya ribet, terutama bagi yang tidak biasa masak dan tidak sabaran menunggu masakannya jadi. Lebih praktis kalau beli saja dari penjual bakpia jogja yang pasti maknyus dan nggak bikin galau :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bukan bakpia ala Yogya Mas/ Mba ..ini pia basah..lebih mirip roti sich..tapi isinya sama sama kacang hijau. proses membuatnya juga beda jauh..yang ini pakai ragi..kalau bakpia kan tidak..^^

      Delete
  2. Wah ini kayak Kue Oshin sepertinya...kue yang kubeli ketika aku kost di Bandung tahun 90-an.

    ReplyDelete
  3. Oh..namanya kue Oshin ya Mba Ina...Sy malah baru tau..kalau di tematku namanya Pia basah..kayak bakpia..tapi versi basah gt..anyway..makasih infonya ya Mba..^^

    ReplyDelete
  4. Mbak, saya ingin membuat pia yg bisa dibentuk2 lucu seperti bentuk kura2, ikan, dll. Kira2 saya pakai resep pia basah atau pia pathuk yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu beda resep lagi Mba..karena adonan harus padat tapi lentur dan mudah di bentuk..aku sempat baca di koleksi majalah Pastry & Bakery ku..ada pia seperti itu..resepnya dari Ny Liem..Bandung..di bentuk hewan2 lucu gt..wah..tapi kalau sekarang2 ini belum sempat nyoba..nanti mungkin habis Lebaran ya Mba..tak cobain..Like Page di Fb ku aja ya..nanti biar tahu update pas aku posting pia itu..jika sabar menunggu lho..hihi..

      Delete
  5. salam kenal mbak,,,saya ifah dari makassar,,,resep mbak kelihatan menggugah selera semua,,,ijin nyontek resepnya yah???eh klo bakpia basah adonannya bisa jadi berapa biji ya???makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ifah..salam kenal Mba...silahkan di coba ya..resep2nya..jika suka..:)..Wah..maaf..lupa Mba..ini bikinnya udah agak lama soalnya..jadi nggak ingat jadi brp biji..tapi lumayan banyak kok Mba..20 lebih kayaknya..:)

      Delete
  6. Mabk diah, saya lagiii.. hihihi. Mbak kalo isianya pake yg isian bakpia pathok bsa g mbak? suka liat yg putih isinya, pengalaman pake kacang ijo bukan kupas ada yg nglenis aduh gmn ya bahasanya, pokoknya g bsa hancur gt loh mbak kacang ijonya jd kletak kletuk gt dimakan #trauma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba.boleh2 aja kok..kan ini cuma versi aslinya yang pakai kacang hijau utuh..mau di ganti kacang hijau kupas..yang tentu saja boleh..kalau Mba Kiki lebih suka itu..:)

      Delete
  7. Hai Mba Diah,
    Akhirnya aku nemuin juga resep kue ini. Kalo aku liat dari foto bagian dalemnya ini kayak roti yang suka aku makan. Biasanya yang bikin ncik2 deket rumahku. Emang rasanyanya agak2 mirip pia tapi teksturnya kayak roti. Mudah2an ini bener resep yang aku cari ya...ntar mau kupraktekin ahh :)
    Thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Hilda..memang begitulah rasanya..di coba saja ya..semoga sesuai yang di cari..:)

      Delete
    2. Halo Mba Diah,
      Mau tanya lagi. Ini adonannya perlu diuleni sampe kalis elastis ato cukup kalis aja? Terus adonannya dibiarin selama 45 menit, harus persis segitu waktunya ato sampe adonan mengembang 2x ukuran semula kayak bikin roti? Soalnya kalo roti kan begitu ya Mba, dipengaruhi cuaca juga. Kalo mendung jadi lebih lama fermentasinya.

      Maaf Mba jadi panjang pertanyaannya. Soalnya aku penasaran kok rasanya bisa beda dengan roti padahal resep dan cara bikinnya hampir sama :)

      Delete
    3. Sama mba..kayak bikin roti..iya..sampai mengembang 2 kali lipat..:)..yang bikin beda cuma nggak pake telur aja kok..:)

      Delete
  8. Mba Diah , mau taanya..bagaimana caranya agar ketebalan kulitnya rata?kalau bikin onde2 juga sama , ada bagian yg kulitnya lebih tebel dr bagian yg lainnya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tipiskan dulu mba..lalu di isi..bagian bawahnya sisa adonan yang terlalu banyak di buang saja..:)

      Delete
  9. ohh gitu,,terima kasih mba Diah...ijin nyontek resepresepnya yaa

    ReplyDelete
  10. Mba Diah..aku lagii...hehe..semalam nyobain bikinkue ini..berhubung tepungya adanya protein rendah sm protein tinggi aku pakai yg protein tinggi..enak..cuma penasaran tekstur adonannya seperti apa yaa..kok punyaku lembek bgt, susah dibenyuk gitu..apa kebnyakan air atau memang aslinya begitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya kalis Mba Nur..adonan kayak roti biasa itu dan mudah sekali di bentuk2..mungkin kurang kalis ya nguleni nya..:)

      Delete
    2. Kalis sih mbaa,,tp lembek banget..kayaknya kurang tepung..aku cm pakai cup ukur..nanti dicoba lagi deh...lg addict sm kacang ijo buat nambah produksi ASI...hehe, lbh suka yg ini ketimbang yg kering karena manggangnya lbh sebentar,maklum modal otang...:D..thanks anyway.

      Delete
    3. SIpp Mba..next time di sesuaikan aja ya jumlah cairannya..:)

      Delete
  11. Mbak Diah, kemarin saya bikin lagi dg isi kumbu kacang merah. Pertama kali bikin kumbu kacang hijau. Sama2 enak! Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba..:)
      Kalau ada kacang tholo..cobain juga Mba..enak sekali juga lho..:)

      Delete
  12. O ... ya lain kali saya coba, spy gak bosen. Ngomong2 soal kacang tholo, saya jadi ingat lento (temannya lontong balap). Mbak Diah punya resepnya yg crunchy? Saya pernah bikin tapi kok jadinya lembek. Juga, resep gempo mbak kalau ada. Jajan pasar warnanya coklat (katanya dari gaplek) trus dikasih kacang tholo, dimakan sama kelapa parut. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..gempo..dari daerah aman tuch mba..aku lagi punya stock tepung gaplek nich soalnya..jadi penasaran..hihi..pgn coba..:)

      Kalau lentho renyah itu tggl gmn kit anggorengnay Mba..dan jenis singkongnya. Cari aja singkong yang keset dan mempur ndak banyak airnya ketika di parut, terus banyakin kelapa nya..goreng di api kecil tapi sudah di panasakan dulu hgg benar2 panas, lalau goreng hingga matang dan renyah..:)..Kalau resepnya sama aja kayak lentho yang udah pernah ku posting di sini :http://www.diahdidi.com/2013/05/lenthogorengan-unik-dari-singkong-dan.html

      Delete
  13. Wah...jadi gak sabar nunggu posting-an resep gempo dari mbak Diah. Resep lentho sebentar saya intip deh. Terima kasih banyak.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  14. izin mampir.....
    mbak... saya senang membaca blognya.
    boleh ya mau nanya?
    tolong dijelaskan lebih spesifik resep pengolahan bakpia yg isinya kacang hijau. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ada postingan tentang bakpia..di search aja ya..:)

      Delete
  15. Hi mbak.. Kok saya coba bikin pia tapi bawahnya kok agak keras ya? Kenapa ya? Apa ada obat agar bawahnya lembut, empuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngovennya kebesaran mungkin..jadi bawahnya jadi keras..:)

      Delete
  16. Mbak diah...saya coba tapi jadinya roti unyil mbak...haha...teksturnya bener2 roti manis gt mbak...salah apa nya ya mbak?apa memang teksturnya gitu mbak?thank you banget ya mbak yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang seperti roti mba..tapi roti tradisional, bukan seperti bakpia pathuk ya..:D

      Delete
  17. wah ini perlu di coba, kayaknya gampang cara bikinnya

    ReplyDelete
  18. Mbak ak bikin kok jadinya lembek, apa krn masing ngembang lngsung tak bentuk kasih isi?
    Apa krn airnya kebanyakan? Apa krn krng kalis...msh agak lengket ditangan

    ReplyDelete
  19. Saya paling suka sama bakpia...pokoke suka makanan Indonesia..beneran deh. Makasih mba Diah

    ReplyDelete