Wednesday, April 2, 2014

Oseng Peda & Daun So



Ikan asin peda....sapa yang suka ??..Ngiming ngimingi temen2 yang tinggal di luar lagi ahh..hihi..pasti lama nggak makan ikan asin peda ya..ayukk..sarapan dulu teman2..ambil nasi anget ya..terus tak kasih oseng peda pedas plus daun so / melinjo teman2..uenakk lho..hihi..walau menu deso yang super sederhana..^^

Aku suka daun so..di oseng gitu aja kok ya enak banget ya..apalagi kalau daun so nya muda2 dan baru metik gitu..wah seger dech rasanya itu unik banget daun so itu..tapi aku suka sekali. Kalau di Yogya..daun so ini berguna buat campuran macam2 masakan..dari oseng2..lodeh..sayur asem..dll..semua enak di campuri daun so. Oseng2 daun so aja juga enak..apalagi di tambah ikan asin peda..ya tambah enak lagi dech.

Untuk mengurangi rasa asin seklai ikan peda, bisa di rendam sebentar di air hangat yang di beri sedikit garam  ya teman2, lalu di cuci hingga bersih..iya di air garam..kata yang jual sich..hihi..tapi aku ikutin ya beneran berkurang sich ..nggak asin banget gitu. Air garam hangat ini akan menarik kandungan garam, yang terlalu banyak di ikan asin. Tapi yang namanya ikan asin..yang tetep aja ada asinnya ya ..dan itu lah yang bikin rasanya jadi khas dan enak. Oke..kalau uska ikan peda..suka daun so..yukk marie..di cicip teman2..^^
Oseng Peda & Daun So

Bahan :
3 ekor ikan peda, goreng, suwir2 kasar.
50 gram daun so
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1/2 papan petai, belah 2
Kaldu bubuk 1/2 sendok teh / garam secukupya
Gula paisr 1/2 sendok teh
Terasi matang 1/4 sendok teh
Cabai rawit 6 buah dan merah sesuai selera, iris tipis
Bawang merah 6 butir, iris tipis
Bawang putih 3 siung, iris tipis

Cara membuat  :
Tumis bawang emrah dan putih hingga harum dan matang, masukkan cabai, aduk hingga cabai layu, Tambahkan sedikit air, bumbu2 lain, daun so, serta petai. Masak hingga dau so layu, koreksi rasa, terakhir masukkan ikan peda suwir. Aduk rata. Sajikan hangat

29 comments :

  1. Maaaaak..jadi pingin masak ini. Minggu depan aach

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mak Astin..ayukkk..masak...lama nunggu mgg dpn..hihi..

      Delete
  2. Replies
    1. Yukk sarapan dulu Mba Sabariah..:)

      Delete
    2. Mb DD..mnta nope or pin bb nya dunk..soalx ska mati gaya kl ad "request" dadakan dri putri kecilku.Mw browsing kdg jaringan di pulau t4 ak sk error.Kl ad nyimpen kontakx Mb DD kan enak..tinggal konsul gratis..dapet deh resep ajibx hihihihiiiii

      Delete
    3. Email aja no Mba di bundadidi@gmail.com..ntar ku sms no ku mba..cuma ya..itu,..aku lebih sering pegang komp dan di dapur daripada pegang hp..jadi kadang lebih cepet bales email drpd sms Mba..hihi

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. Ok Mba..ntar ku sms ya..:)

      Delete
  3. mantap.......duh jadi pengen bikin nih

    ReplyDelete
  4. mbaaak....lapeeerrr
    Ikan peda, sungguh menggoda iman...maemnya pinginnya nambah terus..haha
    ~sri han~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu makanan yang di kangeni pasti ya Mba Sri..kalau tggl di luar negeri..:)

      Delete
  5. Mbaaak Diah,,, Jangankan yang di Luar,,, yang disini aja duuuuh, nafsu ngeliatnya mbak,,, Saya tuh kalau dah ada ikan peda suka kalap mba kalau makan, pernah suatu hari saya dah niat g makan, karena tadi siang makannya banyak banget (gara2 ikan peda) eeeh entah kenapa karena ikan pedanya masih nyisa tuuuh rasanya ikan peda yang didapur berasa manggil2 saya "Hayooo makanlah aku, aku enak lho,,, enak sekali...." hahaha... Saya pun dibuat gelisah antara mau makan dan g makan, akhirnya saya makan mba Diah, dan makannya pakai acara nambah lagi hahah,,, ikan peda oh ikan peda,,, Ueenaaak bangettt....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..itu ikan peda pinter banget menggoda iman yang lagi nggak mau makan ya mba Tina..memang kok..nambah hukumnya wajib..kalau makan nasi anget nge pul sama ikan peda..:)

      Delete
  6. hadeuhh..sukses mbak Di ngiming2i nya..Huhuhu >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik...kepengen ya Mama Aisyah..hihi..ayukk sini..tak bagiin..:)

      Delete
  7. mba diah,,ada resep ayam goreng kalasan ga mba??brp x nyoba resep2 yg di internet,tp kok rasanya msh belum sreg gtu yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba search di pojok kanan atas yang ada tulisan go Mba Chusnul..ketik ayam goreng gitu ya..pasti nanti byk resep yag muncul..tggl pilih dech..:)

      Delete
  8. Kayaknya mbak Diah suka daun so ya... sama mbak...emang daun so itu dimasak apa aja pasti enaak...sampai2 pohon mlinjo di kantorku minimal seminggu sekali kusamperin..dan alkhamdulillah..pasti ada daun mudanya yang siap untuk dipetik. apalagi saat ini..lagi banyak2nya...sampai ngantri di kulkas untuk dimasak..ha..ha..ha..
    oh ya mbak..mau nanya juga nih..kalo nyari bunga kecombrang di semarang di mana ya mbak??makasiih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...enak itu Mba Yoengi..di kantornya ada pohon melinjonya..hihi..jadi bisa dapet daun so seger2 ya Mba..:)..Iya Mba..dari kecil aku udah suka daun so..karena di rumahku di Yogya banyak pohon melinjonya..jadi kalau masak sering baget di campurin daun so ini. Aku yo belum pernah nemu kecombrang selama di sini mba..:D

      Delete
  9. Alamaakkk...menggoda selera banget..sayang nya cuman bs ngelap iler ajah soalnya bahan2 nya ga ada satupun disini..even frozen so juga ga ada..:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..besok tak impor ke sana ya Mba Eko..ikan peda sama daun so..tak bawain kalau aku ke Australia..*mimpi di siang hari..jln2 ke sana hihi..*

      Delete
  10. Mba propertinya jadul keren *ngelirik cangkirnya* beli dmn mba? Mau donk ;)

    ReplyDelete
  11. Mba dish, aku ngiler liat cangkir kembang2nya *salahfokus* ,beli dmn mba ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pasar Beringharjo Mba Ida..di tempat kios yang jual barang2 antik..byk di situ..:) http://www.diahdidi.com/2013/08/ke-pasar-beringharjo-yogyabukan-berburu.html

      Delete
  12. Wadu mba aku lg ngidam yg pedes2 neh plus udh pgn peda lama tp dsini ga ada..T_T aku pgn deh mba jd yodha makannya enak2 trs. Haha
    Mona - fans jauh di sydney hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...iya Mba Mona..tapi Yodhanya nich malah picky eater bgt..pdhl emaknya udah rajin masak..:D

      Delete