Wednesday, April 23, 2014

Sate Usus Pedas



Kalau makan nasi liwet di warung lesehan deket rumah....ada salah satu lauk yang unik..yaitu sate usus pedas. Cuma harganya itu lho..kok ya mahal..satu tusuk aja 4 ribu..hihi. Tapi memang sate ususnya enak dan berani bumbunya..jadi ya wajar lah ya..harganya kalau mahal. Itung2an simple yukk teman2..misal..usus 250 gram..harganya 6 ribu..bumbunya cabe dll...3 - 4 ribu kira2 ya..gasnya..tenaganya..ngurusi usus kan memang lumayan ribet ya..harus di cuci berulang2 hingga bersih dan nggak bau..dan akhirnya aku coba bikin tadi 250 gram..cuma jadi 5 tusuk..hihi..jadi..4 ribu kali 5..ya memang cuma 20 ribu sich ya..jadi wajar saja..kalau jadi mahal harganya..hihi. * opo tho ini pagi2 itung2an dagang..lol *. Ya..siapa tahu aja..ada temen2 yang mau usaha kuliner..cuma mau menyemangati..jangan takut pasang harga yang sepadan dengan jerih payah dan tenaga memasaknya..asal kualitas dan rasanya juga sepadan lho.

Jadilah iseng2 karena penasaran aku masak usus pedas ini pagi ini..dan kini ya jadi maklum dech..kalau harganya segitu..hihi. Mau lebih murah..ya ayok masak sendiri di rumah teman2..di jamin mur mer..hihi. 
Sate Usus Pedas

Bahan :
250 gram usus ayam
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok teh gula merah
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
Air 600 ml

Bumbu halus :
Bawang merah 5 butir
Bawang putih 2 siung
Kemiri 4 butir , Jahe 1 cm
Cabai merah 50 gram
Ketumbar 1/4 sendok teh

Cara membuat :
Cuci bersih usus ayam dengan air jeruk nipis agar tidak amis, bilas berkali2 hingga bersih. Rebus sebentar di air mendidih biar steril, tiriskan.
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan salam, lengkuas, aduk rata. Masukkan usus, air dan bumbu2 lain. Masak hingga meresap, usus empuk dan kuah habis.Lanjutkan menggongseng usus sebentar di atas kompor agar usus agak kering bersalut bumbu2. Tusuk dengan tusukan sate.
Sajikan.

10 comments :

  1. Salam Takzim
    Terlihat makanan ini sangat pedas sekali bu mungkin karena cabe merahnya ya.
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak..tapi tidak terlalu sich..karena pakai cabai merah saja..bukan yang rawit..:)

      Delete
  2. sate usus kesukaan suamiku mbak,,, tpi di papua sini gk bisa masak sate usus soalnya gak ada yang jual usus ayam,,,,, ngiler liat fotonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..lha di buang gt ya Mba Dewi ..usus2 ayam di sana ?..hihi..pdhl kan ya enak ya..di olah jadi masakan..atau di buat keripik usus..:)

      Delete
  3. gak tahu ususnya kmana mbk,,, hihihi kalo beli ayam itu udah gk ada jeroan, kepala, sama cekernya,,, udah ilang,,, udah frozen pula ayamnya,,, susah cari ayam segar disini,,,,, lha kok malah curhat yo,,, hihihi
    minta kiriman dari mbak diah aja sate ususnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho..emang nggak ada pasar ya Mba..aduch sedih dech kalau aku kalau nggak bisa ke pasar..hihi. Pada males kali ya mba..orang sana ngurusi usus dan jerohan ya..:)
      Main sini mba..tak masakin usus sepuasnya..hihi

      Delete
  4. kesukaanku ini mbak... tapi di pekanbaru juga susah nyari usus ayam yang sudah dibersihin. kalau atiampela masih ada. huuhu, dikiranya gak bis adiolah lagi kali ya? huaaa... pengen

    ReplyDelete
  5. Hihi..kalau gt nitip aja sama penjual ayamnya Mba Umie..kalau di beli mungkin mau ya bawa usus...:D..enak padahal ya Mba..hihi

    ReplyDelete
  6. pengen nyoba resep usus pedas ini mbak di...trus aq jual di angkringanku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba...semoga suka ya hasilnya..:)

      Delete