Tuesday, April 29, 2014

Singkong Thailand



Lagi rajin buat jajanan..jajanan murah meriah sich..lha tadi ke pasar..liat singkong seger dan bagus2..tanahnya masih nempel basah di singkong..tandanya baru metik mbah yang jualnya. Aku selalu tergoda liat singkong fresh gitu..karena di olah apa aja kok enak. Daripada beli jajanan mateng..3 ribu dapet apa coba..hihi...kalau beli singkong mentah udah dapet sekilo lho teman2..dan nggak bakal abis di makan sendiri..hihi..soalnya yang suka singkong di rumah ya cuma aku..hihi. Akhirnya dari pada ribet2 kok aku lagi pengen makan singkong rebus tadi..ya sudah..di rebus saja separo..sisanya pikir besok mau di buat apa. 

Tapi sigkong rebus gitu aja kok ya kurang seru...baiklah..aku buat singkong rebus yang rada2 keren..yaitu buat singkong rebus ala Thailand. Ala2 aja sich..ndak persis2 banget..soalnya..seperti biasa..aku sesuaikan seleraku manis dan sausnya. Aku suka singkong rebus..biasa pakai gula merah kalau jaman kecil dulu..atau di rebus pakai santan kanil..ibuku juga suka bikin gitu. Kalau singkong Thai ini kan singkong yang di rebus dengan gula pasir, kemudian di siram dengan saus santan putih yang di kentalkan.Gitu aja bisa nge top banget ya teman2..ke seluruh penjuru dunia..hihi..padahal olahan singkong kita ya seabrek ya..dan enak2 pula..tapi belum satupun yang nge top..apa orang Indonesia malah malu makan singkong kali ya..lebih suka makan roti dll..ah tidak juga..aku suka singkong....hihihi.

Singkong Thai ala aku..nggak medok2 banget merebusnya..aku suka yang masih terasa gigitanya..jadi sesuaikan selera saja ya teman2..kalau mau empuk  banget ya rebus sampai medok singkongnya. Manis juga...sesuaikan selera. Hasilnya..ya memang enak..karena singkongnya mempur dan baru..jadi di masak simple gini aja udah enak sich. jadi..kunci enaknya singkong Thai ini adalah kualitas dari singkongnya. Jangan pakai singkong yang magel atau pahit ya teman2..soalnya susah empuk dan mempur jika di rebus.
Singkong Ala Thailand

Bahan :
500 gram singkong
75 - 100 gram gula pasir / sesuai sleera
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
Air secukupnya sampai singkong terendam, aku pakai panci kecil..jadi kira2 600 ml cukup tadi.
Cara membuat :
Rebus semua bahan di atas dengan api kecil hingga singkong empuk. Sajikan dengan saus.

Saus, aduk rata :
200 ml santan
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir
Daun pandan 1 lembar
1 sendok makan tepung tapioka / maizena
Cara membuat saus :
Didihkan semua bahan, aduk rata hingga mengental
 
Eh..kalau aku yang tanpa saus,..baru di rebus gini juga suka lho teman2..udah enak..manis dan gurih..legit gitu singkongnya..^^

17 comments :

  1. mbak diah ni rajinnn banget ya :D aku cita2 doang ni punya blog T_T *dalam rangka menyemangati diri liat2 blog orang

    salam kenal ya aku archita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mba Archita..:)
      Asal kita lakukan dgn senang hati..nggak susah kok Mba..ayukk semangat..buat blog..:)

      Delete
  2. Bisa langsung dicoba nih mumpung ada singkong sisa bikin opak, dua hr berturut2aku bikin opak mba, nyetok, mumpung panas terik hihihi :D. Makasih mba..
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sipp Mba Sri...udah nyetok cemilan..iya memang seneng kalau udah mulai panas..bisa bikin cemilan yang pake di jemur2..:)

      Delete
    2. Aku dulu pernah makan yg kaya gini d Pwt, kalo ngga salah namanya cimplung dimasak pake air nira trus ada parutan kelapanya.. Emang enyak mba..:D jadi pingin cepet bikin.
      -srimakin-

      Delete
    3. Oh klu itu versi yang tradisional Indonesia ya Mba..jadi..pas orang mau buat gula aren kan di rebus tuch air nira..sambil di cemplungi singkong..kayaknya sich dari yang aku baca..jadi rasanay lebih manis dari singkong Thailand.

      Delete
  3. Ertianna nugrahaniApril 30, 2014 at 9:30 AM

    Betul mbak, aku sering tuh ketemu olahan singkong ala Thai buat appetizer, eh bener ga tulisannya...hihihi... atau bahasa Indonesianya "umpan tekak". Singkong ala Thai aja yg simpel gitu bisa mendunia...kenapa olahan singkong ala Indonesia ga bisa ya mbak..? kadang aku heran lho. Padahal kuliner kita kaya banget ya mbak. Baca ulasannya mbak Diah jadi pengen bikin singkong dimasak gula merah & santan...wuih sedep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba..di banding yang lain..makanan kita sangat beragam dan bervariasi ya..tapi cuma segelintir ya nge top di kenal dunia..:)

      Delete
  4. makanan mengenyangkan tapip mudah buatnya ya mbak

    ReplyDelete
  5. mba milih singkong yg mempur itu gmana ya?aku klo beli sering dapet yg magel,jd males belinya,padahal aku seneng bgt,trus liat olahan singkongnya mba diah bikin ngiler bgt,makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Wilda..pilih yang warnanya pink bagian dalamnya Mba..kalau di kelupas itu mudah banget..nggak nempel2 di singkongnya..itu pasti mempur dan nggak pahit..:)

      Delete
  6. waa,,, aku dah coba resep yang ini pas liburan kemaren mbak, praktiss tapi enaakk banget cocok buat anak kost kaya aku, temen2ku suka ,,, request singkong goreng keju dong mbak yang ala2 resto pelangi tu lho :D, thanks mbak didi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Mifta....iya enak dan simple ya..aku juga suka..:)

      Delete
  7. Waah pengen bgt nyoba, tp daun pandan di sini susah bgt dapetnya. Pernah nyoba rebus tanpa daun pandan nggak kak?

    ReplyDelete
  8. Mbak... kl santannya diganti susu gmn kira2? Hahaha... bukan mo sk2an mbak, tapi kolesterol lagi tinggi neh

    ReplyDelete
  9. Seru ya diskusinya tentang singkong. Kalau boleh share aku sarankan untuk yg lagi kolesterol tinggi saus santan singkong thailand bisa diganti susu rendah lemak. Selamat mencoba...

    ReplyDelete