Tuesday, April 8, 2014

Tongseng & Sate Kambing Dalam Sekali Masak & Satu Bumbu..^^


Ceritanya kemaren masak tongseng..tapi daging kambingnya setelah di masak tongseng..di bakar..jadilah tongseng dan sate kambing..hihi. Menunya berubah dadakan..gara2 Yodha..minta sate kambing..padahal udah terlanjur di masak tongseng daging kambingnya. Yodha makan daging kambing ?..Yapp..dia ketagihan daging kambing setelah nyicip sate kambing yang suka di beli sama papinya. cuma kalau makan sate kambing yang dari daging segar terus di bakar gitu..dia pilihin yang bagian lemak2nya atau atinya yang di makan..hihi..karena kan dagingnya alot. tapi..paling nggak ya udah mau daging kambing lah..makanya sering ku masakin juga daging kambing ungkep.

Nah minggu kemaren pas ke pasar..tumben2 *Pak boss mau ikut masuk ke dalam pasar..lumayan dech jadi mau bayarin daging kambing juga..hihi..lumayan meringankan kantong budget dapur kan..lha sekilo daging kambing kan hampir 100 ribuan..*Mak Irit bisa bangkrut kalau sering2 beli daging kambing..hihi. Mikir..100 ribu..kan bisa buat beli ayam pejantan 2 ekor..dapat telur berkilo2..hihi..jadi sering2 lah ikut ke pasar ya Pi..kalau mau sering di masakin daging kambing..hihi. Akhirnya kemaren baru sempat masak daging kambingnya. Pas udah mateng jadi tongseng,.eh Yodha nyeletuk..mau sate kambing aja..waduch..udah mateng Kak..! Ya..udah terlanjur masak daging kambing 1/2 kg..masak nggak di makan..^^

Tapi emaknya nich nggak kalah akal..langsung cling..kepikiran..daging yang ada di tongseng itu di ambil aja..terus di tusuk2 di tusukan sate, di olesin kecap yang udah di kasih merica..lalu di bakar dech..jadi kan..sate kambing..hihi..malah enak lho teman2..karena daging kambingnya kan udah di ungkep dengan bumbu2 tongseng..jadi udah empuk dan berbumbu. Di bakar di tambahin kecap dan merica aja..udah enak banget..Yodha..doyan dech..alhamdulillah. Jadi..inilah menu unik kreasiku..hihi..tonseng dan sate kambing dalam satu bumbu dan sekali masak..jadi dua menu dech sekaligus..not bad lah buat ngakalin Yodha yang minta sate.hihi " Sate kambingnya enak..katanya..! " ^^
Tongseng Kambing Bakar

Bahan :
500 gram daging kambing , blansir di air mendidih, buang airnya
1 bungkus bumbu  gule instan ( aku pakai merk Bamboe )
1000 ml air untuk merebus daging
500 ml santan encer

Bumbu tambahan untuk tongseng:
6 butir bawang merah, iris tipis, goreng
3 siung bawang putih, iris tipis
3 buah cabai rawit, iris kasar / biarkan utuh jika suka pedas
100 g daun kol, iris kasar
1 batang daun bawang, iris kasar
1 buah tomat merah, iris kasar
Kaldu bubuk atau garam secukupnya jika masih kurang ( bumbu gulenya sudah gurih biasanya )
3 sdm kecap manis

Cara Membuat :
Rebus daging kambing dengan bumbu gule instan dan air
Masak sampai daging empuk dan kuah menyusut.
Tambahkan santan encer, masak sampai mendidih.
Tumis bawang merah dan putih hingga matang dan harum. Masukkan ke kuah tongseng
Masukkan bumbu tambahan dan sayuran kecuali cabai rawit dan tomat.
Masak sampai sayuran layu, koreksi rasa, tambahkan bumbu jika ada yang kurang.
Masukkan cabai rawit dan tomat. Aduk sebentar, angkat.
Ambil daging kambing yang sudah di masak tongseng, tusuki dengan tusukan sate, oles dengan kecap manis secukupnya yang sudah di tambah merica bubuk, lalau bakar hingga harum.

Tips : Jika malas menyalakan arang..bakar saja di grill pan biasa di atas kompor..mudah kan..kan udah matang dan berbumbu daging kambingnya..cuma cukup di panggang hingga daging terkaramelisasi ( Halah..bahasanya..alias udah bau bakaran gitu maksudnya..hihi  )


8 comments :

  1. menggoda iman mbak tongsengnys ^^
    eh td pagi d Net. indonesia morning show,,ngebahas emak2blogger
    kirain ada mbk diah disitu,,yg jadi srikandi tahun ini siapa mbk?td nntn nya dah mau habis.trs syarat gabung di emak2blogger apa j mbak Di?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..malah ndak nonton Mba..aku sibuk di dapur. Tahun ini Mak Pungki yang kepilih..blogger mudah ya berbakat..tulisannya bagus2..:)
      Coba liat di webnya Mba rima..ada syarat2nya..alamat webnya klik aja itu di bagian bawah blog ini..ada fotoku yang jadi Emak of the Month..hihi

      Delete
  2. Mbak Diah.. kalo gak suka daging kambing, diganti ayam bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget Mba Mira..atau daging sapi juga enak..:)

      Delete
  3. So simple.... mumpung punya daging kambing mau tak coba ah. Dicemplungi cabe rawit utuh enak kali ya mbak Di....? maklum nih doyan nyeplusi rawit utuh...heheh

    ReplyDelete
  4. mba didi... bawang merahnya kok digoreng dulu trus ditumis sama bawang putih? atau separo ditumis separo digoreng buat taburan? mau dipraktekin buat makan malam ini nih mbak didi... tolong pencerahannya ya... makasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh di tumis bareng mba....atau sebgaian buat taburan juga boleh..:)

      Delete