Monday, April 28, 2014

Daging Lombok Kethok



Masih..terinspirasi dari menu2 khas Kraton Yogya...setelah kemaren mencoba juga salah satu menu khas Kraton Gecok Ganem akhirnya uji coba kedua..pilihan jatuh ke *Daging Lombok Kethok*. Katanya ini merupakan menu favorit Sultan juga. Wah..jadi nggak sabar..mudik ke Yogya..terus ke resto Bale Raos atau Gadri Resto buat nyoba versi asli menu2 khas Kraton Yogya. tapi kalau dari keterangannya sich sayur lombok kethok ini mudah sich di masak sendiri..jadi intinya..daging lombok kethok itu adalah masakan tumisan daging yang di masak agak lama dengan bumbu2 mirip oseng berkecap biasa atau asem2 daging. Tapi nggak berkuah kayak asem2..jadi di teruskan agak lama masaknya..jadi kuahnya agak asat gitu. * Lombok dalam bahasa Jawa artinya cabe. * Kethok itu artinya keliatan..jadi nama masakannya Daging lombok kethok..artinya yang cabenya keliatan gede2 gitu..hihi..karena memang cabai yang di gunakan cabai merah besar dan cabai hijau besar.

Jadilah aku coba bikin oseng daging lombok kethok ini tadi pagi baut sarapan..dan ternyata memang enak..ya memang lidahku Jowo tulen sich..jadi ya suka masakan begini. Hemm..kok ya kepikir ya..padahal ya sering juga masakan asem2 daging model gini..tapi baru sadar ternyata kalau masaknya di buat sampai kuahnya menyusut jadi enak banget hasilnya..jadi kayak tumisan dan bumbu2 semakin meresap ke daging. bener2 mak nyuss dech buat sarapan pagi2 di temani nasi anget..^^

Mau coba teman2..yukk mari..tapi ini versi aku sendiri ya..kalau penampakannya sich ya kayak gini Daging lombok kethok..cuma tehnik memasaknya ala aku sendiri kali ya. Kalau aku daging ku rebus dulu hingga empuk..jadi lebih cepat numisnya..^^
Daging Lombok Kethok

Bahan :
300 gram daging tetelan / sandung lamur, rebus hingga empuk, potong2 kecil.
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
2 buah cabai merah besar, potong bulat
2 buah cabai hijau besar, potong bulat
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
2 cm jahe, memarkan
2 buah tomat hijau, potong kecil2
200 ml air kaldu rebusan daging
1/2 sendok makan gula merah
2 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu sapi bubuk atau garam sesuai selera

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum, masukkan daun salam, jahe dan lengkuas. Masukkan daging, air kaldu dan bumbu2 lain. Masak dengan api kecil hingga meresap dan kuah menyusut. Masukkan cabai merah dan hijau serta tomat hijau, aduk sebentar hingga cabe dan tomat layu. Koreksi rasa. Sajikan dengan nasi hangat..yummy dech..^^



17 comments :

  1. Replies
    1. Ayukk Mak..ambil nasi anget..enak ini..ndak pedes banget kok..kan pake cabai teropong..hihi.

      Delete
  2. Asslm mb.Diah, salam kenal, saya Thera seneng dan suka sekali dengan blognya mb.Diah ini....tiap hari selalu mantengin .....hehehe, minta ijinnya ya jika saya selalu copy resep resepnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass Mba Thera..iya Mba salam kenal juga..silahkan di coba..dan mksh..tiap hari udah mampir ke dapurku ya..:)

      Delete
  3. terima kasih mb Diah atas kebaikannya, saya mau nanya lagi, mungkin ini diluar menu ini, jika membuat kue Nastar, jika menggunakan oven gas, kira kira berapa lama ya baiknya kue tersebut agar supaya tidak gosong ?? makasih atas jawabannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...kalau ngoven kue kering itu tergantung suhu mba..masing2 oven beda suhunya..jadi waktu nggak bisa jadi pathokan..lebih baik coba dulu dikit di suhu rendah misal 160 C..terus di apalin dech waktunya..:)
      Jadi kalau manggang kue kering saranku sich..di akrapin aja ya ovennya..:)

      Delete
  4. Mbak... Daging lombok kethok itu daging apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daging sapi dong..:)..Eh tapi di ganti ikan juga enak lho..misal gurame gitu..di iris tipis2, di balur tepung terus di masak kayak di atas...cuma airnya dikit aja..kalau pakai ikan gurame ya..:)

      Delete
    2. Daging has nya ya,Mbak ?
      hehehe,,,, baru mulai belajar masak nih..

      Delete
    3. Daging bagian apa aja sich terserah Mba..suka2 aja..tapi kalau aku lebih suka daging yang ada sedikit lemaknya..misal tetelan atau daging buat rawon gitu..lebih cepat empuk dan gurih..^^

      Delete
  5. klo aku tak tambahin cabe rawit lg 20biji tu mbak br jadi daging kethok Lombok,muantep maknyusss... Ema,NTB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..jadi oseng mercon juga ya Mba..klu pakai rawit..:)

      Delete
  6. Kethok yg artiny potong kali mba..cmiiw

    ReplyDelete
  7. mbak diah rebus dagingnya berapa lama biar empuk ya?? ini yg sering jadi masalah ku pada daging2an.

    ReplyDelete
  8. mbak diah rebus dagingnya berapa lama biar empuk ya?? ini yg sering jadi masalah ku pada daging2an.

    ReplyDelete
  9. Nuwun sewu boleh ngoreksi? Menawi panjenengan asli tiyang Jawi, tentu saja bisa membedakan mana "kethok" dan mana "ketok". Dari pengucapannya saja sdh berbeda. Artinya tentu saja jg berbeda. Kalo "kethok" artinya potong, kalo "ketok" baru itu artinya kelihatan. Jadi sebenarnya Daging Lombok Kethok itu kurang lebih nya kalo diartikan dalam bhs Indonesia, adalah daging dengan cabe yang dipotong2. Nuwun sewu menawi klentu ☺️👌🏼

    ReplyDelete