Wednesday, April 9, 2014

Tahu Mambo


Tahu Mambo..adalah lauk ringan khas Kalimantan..aku taunya pas kemaren sambil nemenin Yodha belajar..sambil baca2 majalah Sedap..eh tertarik kok ada resep tahu Mambo. Setelah tak baca2..kok simple banget resepnya..cuma kayak perkedel tahu..tapi pakai cincangan tomat. Akhirnya aku coba..dan ternyata memang rasanya ya kayak perkedel tahu..tapi ada sensasi sedikit asem2 seger dari cincangan tomatnya. rasanya sich aku suka ..karena aku penggemar tahu..jadi di olah jadi apa aja ya tetep suka. Lumayanlah buat nambah2 ilmu mencoba resep2 lain dari luar daerah..ndak cuma nguplek resep2 Jawa aja..hihi.

Tapi karena penasaran sama si tahu Mambo ini..aku coba cari di internet..ternyata ndak banyak yang mengulas..aku cari di google image..banyakan yang muncul..malah Pinkan Mambo..artis..hihihi. Ya sudah lah..yang penting udah tau rasanya tahu mambo itu gimana. Mau coba juga teman2..yukk..aku catetin resepnya ya..dari majalah Sedap..jika nggak suka asem tomat..pake aja wortel buat penggantinya..jadi tetep ada merah2 cantik juga kan..atau paprika..atau mau pedas, cabe merah..yang di potong kecil2.

Tahu Mambo

Bahan-bahan :
2 buah tahu, haluskan ( aku kira2 200 gram )
2 batang daun bawang, iris halus
1 buah tomat, buang biji, cincang halus
1 butir telur, kocok lepas
1/2 sendok teh garam ( aku plus 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk, dan 1/4 sendok teh gula pasir )
1/4 sendok teh merica bubuk
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih ( aku cuma 2 )
4 butir bawang merah 

Cara membuat:
Campur tahu, bumbu halus,  daun bawang, dan tomat. Aduk rata. Tambahkan garam dan merica. Aduk rata.
Masukkan telur. Aduk rata.
Ambil sedikit adonan. Bentuk bulat.
Goreng dalam minyak yang dipanaskan diatas api sedang sampai matang. Angkat. 


5 comments :

  1. ....kok sepi....^.^ Masih pd d tps ya..
    Bahannya ga pake tepung ta mba, waktu digoreng emang adonannya ga pecah2 ya mba...
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Sri..klu libur malah sepi ..klu hari kerja rame blog..:D

      Delete
  2. Mba, apa memang ga pakai tepung ya?tidak hancur ketika digoreng?

    Utami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak Mba Utami..oh ya.sekalian menjawab pertanyaan Mba Srimakin ya..telur kan berfungsi sebagai perekatnya..kalau di tambah terigu..jadi kayak bakwan tahu..beda rasanya. Aku malah sering bikin tahu bulat keriting..tapa telur dan tambahan bahan alin..cum atahu aja..sama bumbu..hasilnay bisa mulus..bahkan bisa keriting cantik..liat di sini ya..kalau penasaran : http://www.diahdidi.com/2013/06/tahu-bulat-keritingcemilan-murah-meriah.html

      Delete
  3. Sip, makasi infonya Mba Diah :)

    Utami

    ReplyDelete