Monday, April 7, 2014

Bubur Sambel Tumpang



Kalau di Jakarta dan sekitarnya..mungkin bubur buat sarapan yang terkenal adalah bubur ayam ya teman2.. tapi kalau di Jawa..bubur bisa lebih bervariasi penyajiannya. Kalau di Jawa..bubur banyak di jual sebagai menu sarapan. Biasa di jual di lingkungan perumahan oleh ibu2 rt biasa yang nyambi jual sarapan setiap pagi. Di Yogya..dulu masih ingat dari kecil sering banget sarapan bubur sayur dengan lauk sayur santan tempe dan kulit melinjo..atau bubur gurih dengan sayur gurih tempe juga. Atau bisa juga bubur di makan sama urap / gudangan. Pokoknya kalau pagi2 biasanya ibu2 pada males masak..penjual bubur rumahan gini sangat menolong dech buat sarapan anak2 yang mau sekolah. 

Nah..di Semarang pun ternyata banyak yang jual bubur ala rumahan gini pagi2. Salah satunya di dekat rumahku ..ada yang masakan enak dan jadi langgananku. Tapi kalau di Semarang bubur gurih gini di makan dengan sayur labu siam dan tahu pong, serta kacang tholo dan sayur mangut iwak pe pedas..atau untuk anak2..bubur lauk opor tahu dan telur atau empal kelem. Wis..pokoknya bubur gurih versi Jawa gini enak bersanding dengan sayur2 khas Jawa juga. Nah..selain itu..pakai lauk sambal tumpang seperti yang aku buat ini juga enak sekali lho teman2..cobain yukk..biar tahu rasanya. Yummy lho..buat sarapan pagi2..wuih..sedep dech..apalagi maemnya pakai pincuk daun pisang..wis..asli ndeso..hihi. Sambal tumpang..tau kan..masakan dari tempe semangit. Apa itu tempe semangit..udah pernah ku ulas di sini . Selamat mencoba ya..jika suka..oh ya..sambel tumpang nich bisa di buat variasi sesuai selera ho..bisa di tambah tahu..daging tetelan dll..kalau aku paling suka..pakai campuran krecek..enak bener..karena kuah dan bumbu2nya juga jadi ikut meresap ke kreceknya..^^
Bubur Sambal Tumpang

Bahan bubur :
100 gram beras
1000 ml air
2 sendok makan santan instan
1 sendok teh garam
2 lembar daun salam

Masak bahan bubur sampai matang, ketika sudah hampir matang, tambahkan 2 sendok santan instan. Masak kembali hingga mengental.

Bahan Sambal Tumpang :
300 gram  tempe semangit ( tempe yang sudah terlalu matang fermentasinya, sudah mengeluarkan aroma khas, tapi belum menghitam )
50 gram krecek / rambak sapi yang khusus untuk masakan
800 ml santan
3 lbr daun jeruk
3 lbr daun salam
1 cm lengkuas
1/2 sendok teh garam
1 bungkus kecil bumbu kaldu sapi ( hilangkan jika tidak suka , ganti garam semua )
gula merah secukupnya

Bumbu :
6 siung bawang merah
4 butir bawang putih
5 buah cabai merah
10 buah cabai rawit merah
3 btr kemiri
2 cm kencur 

Cara Membuat :
Didihkan air sekitar 1 L.
Masukkan  tempe semangit, krecek , bawang merah, bawang putih, dan cabai . Rebus sampai matang.
Bumbu yang telah direbus, kencur, kemiri dan terasi dihaluskan. Tumis sebentar hingga harum. Sisihkan.
Tumbuk  kasar tempe rebus , tidak perlu terlalu halus.
Taruh dalam panci: tempe halus, bumbu halus, tuangi santan, tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas,  dan garam, gula . Masak sampai bumbu meresap. Sajikan hangat dengan bubur nasi gurih.

10 comments :

  1. bikin bubur nasi susah susah gampang ya mba, harus tau karakter berasnya dulu.. Topping buburnya pake sambal terasi isi tahu jg enak lho mba DD..:)
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku pokoknya di masak.pakai air banyak..kalau udah empuk nasinya di aduk2 terus gt Mba Sri..kalau kekentalan..ya tinggal tambah air panas...hihi..*jurus sesat..*..tapi ya selalu berhasil..hasil buburnya lembut dan gurih kayak foto di atas..:)

      Delete
  2. Salam kenal mba DD...tiap hr aq rajin intip blogmu mba..resep masakan shari2nya enak,kreatif, sederhana.gampang dipraktekin...sarapan ala salatiga tuh mba bubur tumpangnya..kl d salatiga biasanya tumpangnya pake koyor sapi,tahu,tempe semangit,petai...emang pas bgt buat sarapan. ;) -merry-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Merry..salam kenal juga...wah iya Mba..aku juga pernah mendengar kelezatan sambal tumpang Salatiga..tapi lum sempat cobain sampai skrg..kpn2 tak cobanya..:) Pakai koyor..duch enaknya Mba..favoritku itu koyor..hihi

      Delete
  3. aah syedaaap harus bikin nih, masih punya krecek hasil mudik 3 tahun lalu . hehehhe.. di eman.. eman masak nya, pun tempe homemade nya dah jadi loh mba Didi ... *ini status pamer LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..ayukk coba..aduch itu tempenmya udah jadi bagus2..tapi musti di jadiin semangit ya Mba,..nggak pa2 tambah enak kok..hihi

      Delete
  4. Hi Mbak Diah,

    share dikit tentang pengalaman aku tentang bubur ini. aku baru tau menu ini paling baru 7 tahun lalu. Tetanggaku yang jago masak ngirim ke rumah, Katanya dalam rangka hari raya apaaa gitu. Satu suro apa gimana. Aku pikir sambel krecek, karena aku kenalnya itu. Sambal tumpang itu emang khasnya lebih berasa kencur banget ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya paling menonjol itu aroma tempe semangitnya Mba Ayu..klu kencur cuma untuk bumbu aja..biar sedep..:)

      Delete