Thursday, April 24, 2014

Sambal Tumpang Tahu


Sambal tumpang lagi..hihi..nggak ada matinya dech..dan sering banget bikin..soalnya ya memang suka sich..enak..! Gara2 baca liputan kuliner di salah satu web..ada sambal tumpang tahu yang terkenal di Boyolali..jadi pengen bikin sendiri. Dan memang enak sich..kali ini aku kompletin sekalian..pakai daging tetelan sambal tumpangnya..wah ya..tambah sipp rasanya.
Yang bikin sambal tumpang ini khas dan enak adalah aroma tempe semangitnya. Tapi jika teman2 tidak suka tempe semangit..boleh kok pakai tempe yang masih agak normal..hihi. Jadi..tempe jadi biasa yang udah padat..diamkan aja dua tiga hari, nanti kan agak jadi semangit..tapi belum terlalu tajam aromanya. Nah..coba saja di buat sambel tumpang ini..enak dech.

Sambal tumpang ini yang bikin khas..juga karena bumbu2nya di rebus dulu..bukan di tumis..aku pernah coba versi bumbu yang di tumis..kok malah kurang sedep rasanya. Jadi kayak sambel goreng malah rasanya..hihi. Jadi sejak itu..kalau bikin sambal tumpang..aku pilih di rebus saja bumbu2nya..kan lebih sehat juga ya teman2..no minyak. Santan juga bisa pakai santan sedang atau encer saja..kalau mau lebih sehat. Oke..suka sambal tumpang juga..yukk mari masak teman2..^^
Sambal Tumpang Tahu

Bahan :
150 gram tetelan, potong2 kecil
5 buah tahu berkulit, potong serong
1 papan tempe semangit, potong2
6 buah bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 cm kencur
6 buah cabai merah ( sesuai selera pedasnya )
5 buah cabai rawit merah
1000 ml air
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
Santan 500 ml

Bumbu tambahan :
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi bubuk
Garam sesuai selera

Cara membuat :
Didihkan air. Rebus tetelan, tempe, tahu dan semua bahan2 lain sampai semua bahan matang dan empuk. Ulek kasar tempe dan bumbu2. Masukkan kembali kedalam rebusan bahan. Tambahkan santan dan bumbu2 tambahan. Masak hingga meresap. Koreksi rasa. Sajikan.


13 comments :

  1. mirip krecek kalau dilihat dari foto :)

    ReplyDelete
  2. Sambel tumpang favoritku yang pake krecek dan kacang tholo mb Diah. Perasaan enak banget karena kreceknya mengeluarkan minyak juga. Jadi lebih berlemak gitu *warning kolesterol* Warnanya juga merah orange kayak sambel goreng gitu. Kalo sambel tumpang yang putih, menurutku kok kurang menyelerakan ya, hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..aku juga sering buat yang pakai krecek Mba..cuma kalau kacang tolo belum..kmrn baru di kasih tau tukang sayur juga..pakai kacang tolo enak..hemm..jadi pgn..:)

      Delete
  3. Replies
    1. Kalau suka boleh pakai Mba Nunik..:)

      Delete
  4. Wah paporitku ini mba,..pake pete apalagi
    Sakit tifus ngga doyan makan aja dikasih sambel tumpang langsung sembuh aq mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah...bener2 suka berarti ya mba..sampe sakit aja..langsung sembuh..sipppp..:)

      Delete
  5. Mbk diah,, rebus semua bahan itu termasuk bahan2 bumbu jg kah? Makluum br belajar niih mbk. Mksh sebelumnya mbk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..di rebus semua..bumbu2 dan bahan..no minyak..:)

      Delete
  6. Semalam saya bikin, mbak. Resepnya ingat2 lupa, ternyata tdk pakai terasi. Saya kemarin pakai. He..he... Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..iya ndak pa2 kok pakai terasi dikit malah sedep..kalau suka..:)

      Delete
    2. Mudah2an, semalam belum komplit, blm ada santannya. Khawatir tempenya terlalu semangit, jadi sekalian dibumbui dan direbus. Terima kasih. O ya barusan lihat postingan terbaru udang goreng krispi. Sangat menggoda u/ dicoba. Anak2 pasti suka kalo model beginian.
      Sisca - Surabaya

      Delete