Saturday, April 19, 2014

Risoles Vs Lumpia


Mungkin..sekilas mirip ya..risol sama lumpia..tapi keduanya jelas2 berbeda. Sekali gigit aja..pasti lidah kita bisa membedakan rasa risoles dan lumpia itu benar2 berbeda...kecuali..kalau isianya sama lho ya..ya pasti rasanya hampir sama. Soalnya risoles ya memang bermacam2..dan kadang..kayak aku..suka juga mengacau juga..hihi..misal bikin risol tanpa panir..dll...jadi kayak mirip lumpia.

Risoles dan lumpia..mungkin ini adalah jenis snack gurih favorit kita ya..atau favoritku tepatnya..hihi. Nggak pernah bosan makan keduanya. Walau sering bikin..dan sering juga aku buat aneka variasi, baik risoles maupun lumpia..dan semuanya tetep enak dech menurutku. Nah..buat teman2..yang mungkin baru belajar masak..mungkin masih bingung beda risoles sama lumpia..oke dech..yukk kita bahas sama2 ya..dan aku kasih tips2 sedikit juga tentang pembuatan risoles dan lumpia ini.

Beda risoles sama lumpia, aku bahas satu2 ya..:

Risoles 
Risoles yang klasik..bentuknya bulat pipih, dengan isian ragout kental yang terbuat dari daging atau ayam, susu terigu, kentang dan wortel yang di potong kecil2, di masak dan di beri bumbu hingga citarasanya gurih dan manis.
Risoles, kulitnya lentur dan lembut sehingga mudah di bentuk dan ketika di goreng hasilnya lembut dan enak. Tapi memang pada kenyataannya banyak juga penjual risol yang asal asalan jadi..kulitnya kaku dan keras, isinya cuma sayuran dll. Biasanya sich risoles pasar begitu dech..yang harganya seribuan itu lho teman2..^^
Pada perkembangannya risoles juga mengalami berbagai macam variasi bentuk..misal..jadi risoles segitiga. Selain itu isinya juga beraneka ragam..selain ragout kental..ada juga risol yang berisi ragout kering..isi makaroni..tumisan soun dan sayuran..atau isi mayones dan daging asap..seperti amris..dll..bahkan sekarang ada juga risol manis isi buah dll...aku malah sering buat risol singkong juga..hihi.
Kulit risoles cenderung lembut, karena biasanya memakai susu cair, walau pakai air pun nggak masalah..tapi kalau pakai susu, kulit risoles akan semakin lembut lentur dan enak di bentuk2.
Setelah di beri isi, risoles di celup kocokan telur, kemudian di lapisi tepung panir. namun ada cara lebih murah bahan pencelupnya...yaitu sisa adonan kulit risolnya. Selain lebih murah daripada memakai telur semua...dengan di celup sisa adonan..tepung panir juga akan menempel lebih bagus dan lebih tebal hasilnya.
Menggoreng risol tidak perlu sampai harus lama2..soalna semua bahan sebenernya sudah matang, cukup sampai tepung panirnya menguning dan kecoklatan, jika kelamaan menggorengnya..risol isi ragout kental kadang2 bisa pecah..karena isiannya kental. Aneka kreasi risoles udah pernah ku posting..liat di sini ya teman2..^^
Jika mau lebih sehat tanpa minyak, bisa juga kita buat risoles panggang, tentu saja dengan isian yang berbeda..yaitu semacam orak arik sayuran yang sudah matang..jadi lebih segar rasanya.


Lumpia 
Lumpia biasanya berbentuk lonjong dan cenderung membulat panjang dan berisi padat...nggak pipih seperti risoles.
Kulit lumpia biasanya lebih tipis dan lebih kering dari kulit risoles, sehingga ketika di goreng menghasilkan kulit lumpia yang renyah. Banyak di pasaran di jumpai kulit lumpia siap pakai..jika menginginkan kulit lumpia yang kering ketika di goreng..lebih baik memakai kulit lumpia siap pakai, namun jika ingin membuat sendiri kulit lumpia yang mudah..bisa juga kulitnya di dadar seperti halnya kulit risoles. Namun kulit lumpia ini tidak perlu memakai susu dan di beri campuran tepung beras agar hasilnya lebih renyah dari kulit risoles. Namun memang kulit lumpia yang di dadar hasilnya tidak setipis dan serenyah kulit lumpia yang cara pembuatannya di besetkan ke wajan. Namun..kulit lumpia yang di beset ini memang agak susah buatnya..jadi ya lebih praktis beli aja kulit lumpia siap pakai teman2.
Lumpia isinya biasanya rebung dan daging ayam serta udang, namun sebenernya kita bisa membuat aneka variasi lumpia..seperti yang sudah pernah ku share sebelumnya..banyak variasi resep lumpia..ada isi rebung..bengkuang, lumpia sayur..dll..macam2 resepnya liat saja di sini
Lumpia setelah di beri isi, langsung di goreng, tidak perlu di celup kocokan telur atau di lapis tepung panir. Menggoreng lumpia ini lebih lama dari menggoreng risoles, agar hasilnya bisa renyah kulitnya dan agak kering luarnya.
Lumpia biasa di sajikan dengan saus khusus lumpia atau cabe rawit dan acar ketimun.
Selain versi goreng, lumpia bisa juga di buat versi basah atau panggang jika mau lebih sehat.

Oke..semoga bermanfaat ya sedikit tipsnya ya teman2..^^





12 comments :

  1. Mba Diah bener mba,,, Ini tuh makanan favorit kita semua, Kemanapun perginya setiap ketemu pedagang lumpia atau risoles (apalagi yang suka dipajang dietalase2 toko penjual kue) duuuh bikin ngiler, g tau kenapa sukaaa banget sama 2 jenis makanan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba Tina..lha udah sering banget bikin..eh kalau masuk bakery2 yang jual kue2 basah juga..selalu yang di lirik dan akhirnya pindah ke nampan ya..risol..lumpia..dan gorengan lain..hihi..

      Delete
  2. Mbak diah kenapa ya setiap saya buat kulit risoles koq ada bau telurnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resepnya gimana Mba Rini..pakai telurnya banyak kah ?..Atau belum terlalu matang mendadar nya ?

      Delete
  3. Di jakarta risoles yg kaya di buat mba didi itu harganya 5000/buah lebih mahal daripada sop ikan kakap yg mba posting tadi .... hihi tapi kalo buat sendiri mungkin jatuhnya lebih murah itu risolesnya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya Mas..bikin sendiri lebih murah dan terjamin bahan2nya..:)

      Kalau di Semarang nich yang mahal lumpia...ada yang sampai 10 ribu per biji..hihi

      Delete
  4. Aq sich sukanya sama mba' Diah... hi...hi...hi...

    ReplyDelete
  5. mbak tapi aku cari resep risol yg asal2an dan keras itu ga ada dimana2 lho. dan di pasar sini pun tak ada yg jual. jd kangen. boleh request resepnya?terima kasih

    ReplyDelete