Friday, April 4, 2014

Nasi Goreng Teri Medan..Pedassss...!! ^_^




Beberapa hari kemaren aku tuch ndak makan nasi..karena sibuk bikin aneka kue..eh..kekenyangan dah cemal cemil icip2..hihi. Padahal ya tetep masak nasi dan lauk pauk buat Yodha dan papinya..cuma kok udah kenyang aja terus seharian sambil sibuk di dapur. Blenger juga kali ya ngadepin aneka kue banyak setiap hari. Tapi..tetep..karena ya lidah Indo nya kental nggak bisa bohong..sudah makan aneka cemilan..dll..berasa ada yang kurang itu beberapa hari ini..ternyata oh ternyata..daku rindu nasi..hihi. Dan..jika lagi rindu nasi..lauk yang paling enak pastinya sambal dong ya..hihi..tapi pagi2 kok ya aneh mau makan sambal..ya udah buat nasi goreng aja..tapi di bikin super pedas..sama kan..sensasi rasanya..kayak makan pakia sambal juga..^^

Kreasi nasi goreng hari ini..adalah nasi goreng teri Medan yang super pedas. Teri Medan..tau kan teman2 ?..Ikan teri yang kecil2 dan berwarna putih bersih..dan jika kita goreng kering rasanya jadi kriuk2 renyah. Nah..teri Medan ini enak sekali buat campuran nasi goreng. Sensasi kriuk2..gurih teri Medan ini memberikan sensasi citarasa enak dan unik pada nasi goreng. Sedikit asinnya akan menjadi netral dengan tambahan acar yang segar dan sensasi kres2 lalapan kol mentahnya. Di padu bumbu nasi goreng yang super pedas..sempurna dech di lidah..hihi..ndak bisa behenti makan sebelum piring bersih. Akhirnya pagi2 sarapan super kenyang..hihi.

Mau coba teman2..yukk segera ke dapur..pedasnya silahkan di sesuaikan selera ya..yakin dech..ada yang lebih berani pedas di banding aku pasti..aku tadi pakai 6 buah cabe rawit merah untuk satu porsi..hihi.
Nasi Goreng Teri Medan..Pedass
Bahan :
Sepiring nasi ( untuk 1 porsi )
1 butir telur
50 gram teri Medan, goreng hingga kering
Kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh / garam sesuai selera ( ati2 ngasih garamnya sedikut dulu ya teman2..soalnya teri nya kan sudah agak asin )
Kecap 1 - 2 sendok makan sesuai selera
Terasi bubuk 1/4 sendok teh ( aku lagi coba merk terasi bubuk baru, jika tidak ada, ganti terasi bakar biasa, ulek dengan bumbu halus )

Bumbu halus :
2 butir bawang merah
1 siung bawang putih
6 buah cabai rawit setan ( rawit merah )

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar2 matang dan harum, sisihkan di pinggir wajan, masukkan telur, buat orak arik. Masukkan nasi putih dan semua bumbu lain, aduk rata semua di atas wajan dengan api besar supaya matang sempurna dan harum nasi gorengnya. Koreksi rasa. Jika sudah pas, matikan api, masukkan teri Medan. aduk asal rata. Teri Medan harus masuk terakhir dan jangan di masak lagi , supaya sensasi rasanya tetep kres2 renyah dan kriuk. Sajikan dengan taburan bawang goreng, acar ketimun dan lalapan sesuai selera. Yummy..! ^^

22 comments :

  1. salam kenal, mbak diah. aku seneng baca dan nyoba resep dari blog mbak, tapi kenapa sering pake kaldu bubuk ya? itu kaldu yang dijual di psaran dan mengandung msg bukan? mohon pencerahannya. mksh ya mbak, maaf klo salah. poppy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Poppy..kalau nggak suka silahkan pakai garam saja Mba..dan di setiap resep juga sering ku tulis atau garam gitu kan ya. Selera saja sich Mba..nggak pakai juga nggak pa2..kalau aku suka pakai..bahan utama kaldu bubuk kan daging atau ayam dan yang di proses jadi tepung dengan bumbu rempah2 Ind..kalau tambahan MSG..hemmm..mungkin ya ada,..dikit ..tapi produk Indonesia mana ya.yang nggak pakae MSG..tuch mie instan..makanan ringan..nugget olahan dll..kan ya malah pake MSG byk2. Kalau kita masak sdr..kan pakai kaldu bubuk itu menurutku lebih gurih dan netral rasanya..tidak seperti kalau pakai MSG..motto..dll.
      Aku cuma jujur aja sich Mba..nulis resep..tidak menganjurkan harus pakai..kalau suka silahkan.pakai..kalau nggak kan tinggal di ganti garam..beres kan..:)

      Delete
    2. kaldu bubuknya kayak royco gitu ya? ato yg gmn ya? soalnya emang klo garam aja khan kurang gurih ya, tapi pengen pake kaldu bubuk ragu2. ato ada kaldu bubuk yang tanpa msg? maaf ya mbak diah, aku galau soalnya pengen pake kaldu tapi takut, hehehe.. makasih ya sebelumnya. poppy

      Delete
    3. Kalau aku lebih suka Masako Mba..lebih netral gurihnya..nggak neg..:)..dan nggak merusak rasa asli masakan..:)..Pernah liat sich di acara lap top si Unyil..lagi meliput proses pembuatan masako..di liatin di pabriknya..memang beneran dari daging ayam atau daging sapi yang di proses jadi bubuk..* Duch...ngiklanin produk kagak di bayar nich..hihi..:D *

      Delete
    4. hihihi oh gitu ya, ok2. selama ini masih suka tambah gula aj sih dikit, ntr mau coba masako deh #kemakan iklannya mbak diah, hehehe...

      Delete
  2. waaah ada variasi teri medan lagi niiii, Minggu depan menunya teri medan aach..nas gor itu kesukaan anakku

    ReplyDelete
    Replies
    1. .Iya Mak..enak lho..kriuk2 gurih..:)
      Hihi...Mak Astin ini masaknya kok nunggu minggu depan semua..:D

      Delete
  3. Replies
    1. Ya Mak Lydia..bikin tambah enak nas gor nya..:)

      Delete
  4. wah mbak diah pasti dpt orderan kue yg byk hehe sampai lupa makn nasi:) thx resepx mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..lagi ada kerjaan Mba..jadi 2 minggu full ini bikin kue2 terus..:)

      Delete
  5. Nimbrung nih, kalau saya biasanya pake kaldu bubuk yg non msg..setoples kecil gitu harganya agak mahal tapi sedep juga kok...kdg juga pake yg sachetan kyk yg mbak diah sebutin itu..pke nya juga gak berlebihan sbg penyedap saja..tp utk vitsin sudah gak pernah pakai..cmiiw ~fany~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Fany..menurutku ya no problem kok pakai kaldu bubuk..kan juga cuma dikit..beda sama pakai penyedap rasa ya..rasanya..:) Lagian di kita memang susah ya kalau terbebas dari hal tersebut..masih mending lho masakan di rumah itu kita bisa atur cuma pakai paling byk 1 sendok teh..itu aja udah bikin enak masakan sepanci..hihi..lha coba makanan2 kemasan itu kadang kan terlampau gurih karena mengandung penyedap yang berlebihan. Jadi kalau aku pake ya bilang pake..dan ada juga banyak kok beberapa masakan Ind yang nggak pake.. kayak bumbu pecel..urap dll..jadi tergantung kebutuhan aja..aku nggak sok2 an masak anti kaldu bubuk gitu sich ..kalau aku..hihi. Jadi ingat saudara di sini..gembar gembor anti kaldu bubuk..nggak mau makan masakan yang pakai kaldu bubuk..dll..eh tapi di lemari dapurnya nyetoknya mie instan..anaknya sukanya makan Tar*...keripik kemasan..dll..yang jelas byk pake penyedap...:D..

      Delete
    2. Ya mbak diah...secara bijak saja pakainya...krn semua yg baik klo di gunakan berlebihan juga gak bagus :-)

      Delete
  6. Boleh jg nih pk terimedan. Biasanya sih kalo bikin nasgor pake telor, aymsuir n sosis aja..siap2 berburu terimedan nih. Weekend kreasi apa lg mba DD, di tunggu ya :D -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Sri..iya mba..met coba ya..buat variasi..:) Belum tau nich besok Mba..pada pgn apa warga di rumah..belum request..hihi..

      Delete
  7. Trimakasih..resepnya menambah perbendaharaan masakan ikan teri medan.. sangat bermanfaat!

    ReplyDelete
  8. Mba Di.. Salam kenal! Mo nanya dong.. Gimana sih caranya goreng tuh teri biar kriuk.. Aku kok nyoba mlempem terus hehe... Makasiiiihh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak agar banyak, goreng hingga kering..:)

      Delete
  9. Mbak Diah, thanks buat resep nya. Salah satu alasan kenapa saya suka resep nya mbak juga karena saya pikir resep nya jujur hihihi dan emang terserah selera yah mau pake kaldu ato ga. Menurut saya ini tips ok.
    Numpang tanya dong, itu teri medan rasanya asin ato cuma seperti teri biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya mba..kalau sy mah apa adanya..:D
      teri medan itu asin gurih tapi ngga terlalu asin mba..:D

      Delete
  10. Tips mencuci teri medan biar gak asin banget gimana yaa mbak dii? Makasiihh ^^

    ReplyDelete