Monday, April 7, 2014

Heci Bertabur Kacang..Enak..! Ada Sensasi Kriuk Gurih Kacang di Setiap Gigitan..^^


Sudah pernah dengar naman makanan ini teman2 ?..Yapp heci..adalah jajana khas Magetan atau daerah Jawa Timur lain ya...sejenis bakwan..atau kalau di Semarang lebih mirip pia pia udang. Bahan dan cara buatnya juga mirip dengan pia pia Semarang..yaitu di cetak dengan sendok sayur. Bedanya..kalau pia2 ini bertoping udang..kalau heci ini bertoping isrisan kacang.

Aku coba buat heci ini kemaren..gara2 lagi pengen makan bakwan..tapi pengen versi beda gitu..biar lidah juga bisa mencicip citarasa bakwan yang berbeda. Lha..hampir semua jenis bakwan udah sering ku coba..hihi..dari bakwan ndeso sampai bakwan jamur..bakwan jagung..bakwan kangkung..dll. Terus aku keingat sama si heci ini. Pernah liat resepnya di majalah. tapi karena males cari resepnya di tumpukan majalah..akhirnya..aku cari referensi saja di internet. Pas liat foto2 heci di google..aku kok tertarik sama penampilan heci yang bertoping kacang tanah yang di iris2. Setelah meluncur ke blog yang nulis tentang heci tersebut, ternyata itu heci ciri khas kota Magetan Jawa Timur..dan penulisnya membeli heci tersebut di salah satu warung makan terkenal. Okelah..aku jadi penasaran..heci bertabur kacang nich rasanya gimana..karena ku pikir unik juga ya. Tapi ..karena yang nulis cuma mereview heci hasil beli di warung..nggak ada resepnya dong..hihi..akhirnya aku pakai resep pia2 Semarang aja..adonannya..tapi aku beri toping kacang tanah iris...karena dari hasil baca2 referensi lain..adonan heci dan pia2 ini kok ya sama saja..yaitu terdiri dari tepung terigu, air, telur, dan bumbu2, serta di beri sayuran untuk isinya. Dan ternyata setelah aku cicipi..enak lho teman2..heci bertoping kacang ini..hihi..rasanya unik..ada sensasi kriuk2 gurih di setiap gigitannya. Wah..nanti kalau bikin lagi..aku mau kasih toping kacang banyak2 dech biar semakin gurih.

Nambah satu ilmu *perbakwanan* lagi dech..yaitu heci ini. Jadi..suka berpetualang rasa kayak aku..yukk mari coba teman2..dan nikmati sensasi rasa berbeda dari heci ini. Tapi nich adonannya versi aku sendiri ya teman2..hihi..jadi maafken..jika berbeda sedikit dari aslinya di Jawa Timur sana, yang jelas..ini rasanya..enak dan gurih..^^
Heci

Bahan :
250 gram tepung terigu protein sedang
400 ml air
1 butir telur
1 buah wortel, potong dadu kecil
2 batang daun bawang, iris halus
1 batangs ledri, iris halus
1 genggam taoge pendek
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
Gula pasir 1/8 sendok teh ( sejimpit kecil aja )
Kacang tanah secukupnya, di iris tipis2 untuk taburan
Bumbu halus :
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Campur terigu, telur dan bumbu halus, tuagi air sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga rata dengan sendok atau spatula ( jangan di uleni pakai tangan ya agar hecinya tidak keras dan liat )
Masukkan bumbu2 lain dan sayuran iris. Aduk rata.
Panaskan minyak banyak di wajan, celupkan sendok sayur, diamkan sebentar. Masukkan adonan ke sendok sayur sampai penuh, kemudian masukkan ke minyak panas. Diamkan sebentar hingga adonan set, baru di goyang2 agar terlepas dari sendok sayur, lalu goreng hingga matang dan kering. Lakukan hingga adonan habis.

Tips : Heci yang enak..adalah yang bagian dalamnya fluffy dan lembut..jadi gorengnya di minyak yang banyak dan terendam dan api jangan terlalu besar agar matang sempurna sampai bagian dalamnya. Jika di goreng buru2 di minyak terlalu panas..kadang2 bvagian luarnya aj ayang kering, tapi bagian dalamnya masih bau tepung mentah atau tidak matang sempurna.

17 comments :

  1. kacangnya mana?? Ko diresep ga ada ya. Trus perlu berapa byk ya kacangnya mba..ta'sesuai selera aja..
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..lupa nulis mba Sri..mksh ya di ingetin..udah ku update..:)

      Delete
  2. namanya unik mbak diah,,Heci,,
    dulu mamaku prnh bikin buat variasi bakwn j,,qt dirumah cm namainya bala2 adonn nya pake adnn bakwan biasa + telur spy ngembang.versi bakwan dicetak gt..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rima..bakwan yang di cetak pakai sendok sayur gini namanya unik2 ya..kalau di Semarang..namanya Pia Pia..:)

      Delete
  3. kalau sebagian d jawa timur nyebutnya kalau g salah ote-ote, tapi lebih dominan kelihatan sayurannya.. apalagi makannya dicocol pake petis plus cabe........ hmmmmm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..ote2 Porong ya..yang terkenal..berarti yang ku buat ini Heci Magetan atau Malang..:)

      Delete
  4. Ya d surabaya terkenal dg nama ote-ote...kalo d jember,jatim bakwan dicetak dg sendok sayur itu disebut hongkong...lucuya :-) fany..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba fany..banyak ya..nama bakwan yang di cetak sendok sayur..di t4 ku namanya Pia Pia..:)

      Delete
  5. Wah enak nich Mbak Diah...Saya ingat kalau di malang Heci atau yg disebut wheci biasanya isinya ayam, tepungnya dari tepung kedelai. Dulu biasa dijual sama mbok2 dan mangkal di depan toko mutiara daerah Pecinan. bentuknya besar2 dicetak dengan sendok sayur. Enak dimakan sama cabe rawit...hmmm...jd kangen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya Mba Dinie..aku baca di majalah sedap ya ada heci yang pakai isian gitu..kmrn mau buat itu tapi centong sayurku punyanya kecil..hihi..jadi takut mleber2 kalau di tambahin isi juga..:)

      Delete
  6. mbak didi... request resep ote-ote (bakwan) khas porong dong.. ote-ote yg isinya tiram + rumput laut.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Miss Pang..yang dari tepung kedelai ya..kulit luarnya..tapi ki..aku ndak ada tiram dan rumput laut di sini..hihi..isi ayam aja kali ya..:)

      Delete
  7. Mbak Diah selalu posting makanan yang uenak2...di daerah asalku Madiun namanya juga "heci". Jaman kecilku dulu ibu2 penjual jajanan di "Tenong"nya pasti ada heci dan yang aku suka heci yang diatasnya dikasih udang...hmmm yummy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..iya Mba Ertianna..paling suka aku heci bertabur udang..klu di Smrg namanya pia pia itu Mba..:)

      Delete
  8. Heci.... hahaha... ada juga makanan ini di googling... makanan masa kecil#saya asli magetan... he3.. dimakan sama saos kacang/bumbu pecel makin uenak lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya..berarti bener Heci ya Mba..namanya..hihi..oke dech makasih tipsnya..kpn2 tak coba pakai bumbu pecel..:)

      Delete
  9. baru tau kalo namanya heci, aku dulu nyebutnya "bakwan delé"

    ReplyDelete