Sunday, April 13, 2014

Gandum / Kekian Goreng Udang



Di Semarang....aelain kekian asli yang terbuat dari daging ayam..udang dll..di kenal juga kekian versi palsu..yang di sebut juga gandum. Gandum ini biasa di tambahkan di mie goreng atau nasi goreng ala abang2 atau ala kaki lima. Di beberapa warung terkenal..gandum gorengnya setingkat lebih elit..hihi..ndak cuma tepung aja..tapi di tambahin udang dikit..jadi semakin gurih. Kalau di Yogya..ada masakan juga yang pakai kekian palsu dari gandum ini..namanya cap jahe. Nah..makanya kadang2..aku suka iseng..bikin cap jahe..dari kekian goreng udang...rasanya..tentu saja lebih enak dan gurih.

Oke..kali ini aku share resep kekian goreng udang ya..yang biasa buat campuran mie, nasi goreng atau cap cay di Semarang sini. Memang kalau di campurin ini..masakan2 tersebut jadi tambah enak. Aku..walau sering bikin sendiri..tapi kalau beli cap cay di luar..pasti request di banyakin kekian goreng ini. Untuk membaut kekian goreng yang versi Semarangan..aku lebih suka tapa telur..karena teketurenya jadi agak padat dan nggak gampang lembek ketika di campur kuah cap caynya. Trik agar kekiannya walau tanpa telur..bisa matang sempurna, goreng di api kecil yang sudah di panaskan terlebih dahulu. Kalau api besar cenderung cuma matang di luar..dalemnya masih bau tepung kekiannya. Tapi kalau suka yang empuk..ya..silahkan di tambah telur ya teman2..^^

Gandum / Kekian goreng Udang

Bahan :

Tepung terigu protein sedang 100 gram
Udang kupas 50 gram, haluskan
Bawang putih 1 siung
Bumbu kaldu ayam 1/2  sendok teh / garam secukupnya
Merica bubuk 1/8 sendok teh
Gula Pasir 1/4 sendok teh
Air 100 ml

Cara Membuat :
Haluskan udang campur dengan bawang putih halus, terigu dan semua bahan lain, aduk rata. Sendokkan ke minyak panas, lalu goreng hingga habis.
Kekian goreng ini enak di cemal cemil juga..tapi paling enak sich di buat campuran cap cay..nasi goreng atau mie goreng. Tapi kalau aku..karena suka banget sama kekian goreng gini..jadi lebih manteb kalau di buat cap jahe kampung aja yang emang full kekian goreng ini..dan cuma di tambah sayur kol sama wortel. Jadi ..puas dech makan kekian gorengnya..tanpa nasi..cukup di gado sambil nyeplus cabe rawit..enak tenan..hihi! ^^



20 comments :

  1. Baru tau nih mbak ada makanan ky gini.. D'tempatku gak ada sih.. Hehe, ntar aq cb bikin ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Johanna..di coba dech..enak lho..:)

      Delete
  2. Mba Diah, aku dah langsung coba. Rasanya enak banget tapi aku mau tanya apakah adonannya cenderung kental atau agak cair jadinya???
    Karena yg aku buat kental dan agak susah dilepas dr sendok ut digoreng. Selebihnya perfect...
    Thx mba Diah,
    -Ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kental Mba Ida..tapi kalau susah di lepas dr sendok sayur..di tambahin lagi aja sedikit air..fleksibel aja Mba..tapi jgn terllau encer adonannya ya..nanti jadi lembek..:) atau kalau mau empuk..tambah telur 1 butir..:)

      Delete
    2. Oh oké Mba Diah....sedikit air mungkin karena tekstur dan rasanya sudah ok agak kenyal. Jadi gak usah pake telur deh :))
      Thx mba Diah,
      -Ida-

      Delete
  3. ini yang sering aku makan kalau makan mie jowo ya mbak?

    ReplyDelete
  4. enak... irit lagi.. emang mbak diah top markotop deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh Mba MIra..iya Mba..menu Mak irit..hihi

      Delete
  5. itu makanan yang sering ada klo ada kenduri mbak...aah..jadi kangeeen >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nisrina..di Yogya juga lho..klu kendurian ada cap cay gini..cuma minus udang ya mba..biasanya..jadi asli ndeso..hihi

      Delete
  6. Pagi...Mbak Diah..:) aku tertarik sama cap jahenya. Cap jahe tuh gimana bumbunya mbak Di?kaya bikin capcay? kok di namakan cap jahe?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Intan..pagi..:)
      Resep komplet cap jahe nya di sini : http://www.diahdidi.com/2012/01/cap-cay-kampung.html

      Delete
    2. Laporrr...:) cap jae kekian goreng udangnya ludess dua piring buat sarapan pagi tadi enakkkkkkkk..:):) nagih banget ya kekian ini mbak nuhun resepnya:)

      Delete
    3. Wah...manteb ya Mba Intan..dua piring langsung ludes buat sarapan..hihi..iya..aku juga suka banget Mba..enak dan gurih..di gado aja enak..:)

      Delete
  7. Mba aku sama suamiku nih suka banget kekian dicemil cocolon kesambal apa aja enak,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tina..gurih bgt..di cocol saus enak..:)..Yodhaku juga suka bgt..:)

      Delete
  8. Tadi siang bikin "wedang gedang" dan barusan selesai bikin "kekian palsu" buat prepare bikin mie goreng jawa ntar malem. Kemaren2 cuma bisa nelen ludah & lapeeerrrr setiap kali lihat foto postingannya mbak Di. Mumpung di rumah dan lagi rajin.....wis langsung aku praktekin nih & tak berdayakan bahan2 yg ada. Tapi lha kok pengennya itu kekian tak habisin sambil nyeplus rawit....untung masih inet ntar malem...hihihi. Enak mbak Di...manteb deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama Mba Erti..aku juga suka tak cemal cemil klu bikin kekian..hihi

      Delete
  9. Halo mbak.. Sy lagi diet gluten free jadi menghindari makan tepung terigu. Apa terigunya bisa diganti dengan tepung yang lain? Terima kasih

    ReplyDelete