Friday, April 11, 2014

Semur Kering Bola Bola Daging & Telur Puyuh




Ini adalah salah satu menu favorit Yodha. Dia lagi suka makan daging..tapi daging giling yang benar2 halus dan tanpa lemak..jadi bener2 kualitas super gitu..tanpa serat..hihi..belinya harus di toko daging langganan. Jadi..kalau di masak bisa empuk dan nggak berserat. Pernah aku beliin di pasar..daging..aku cincang sendiri..nggak mau dia..gaya banget ya teman2...hihi. Tapi nggak juga sich..cuma rada pemilih memang kalau makan daging Yodha..kalau nggak di masak sampai super empuk..atau yang bener2 daging giling halus gini ..baru mau makan dia. 

Yodha suka makan daging akhir2 ini..katanya mau jadi kayak singa..biar jadi raja..*lebay banget sich Kakak nich..*..efek sering nonton Nat geo wild dech kayaknya. Yapp..walau udah 7 tahun..dia itu kadang masih polos gitu dan juga berimajinasi kayak anak2. Katanya singa itu hebat..paling kuat dan di takuti hewan2 lain di hutan..jadi dia mau jadi kayak singa..suka makan daging..hihi. Sering juga aku ledekin..kalau dia makan sate aja di lepeh2..terus Yodha nge les gini.." Ya..kalau anak2..makan dagingnya harus yang lembut dan empuk dong mi..! "..hihi..bisa aja Kakak. Yo wis lah..yang penting sekarang udah suka makan daging kamu Kak..soalnya kan memang dalam masa pertumbuhan..butuh banyak protein dia..jadi harus pinter2 bikin menu daging2 buat Yodha. 

Nah..menu semur bola bola daging ini jadi salah satu menu favorit Yodha..karena selain dagingnya empuk, juga di masak sampai kuah mengental dan agak kering..jadi bumbunya benar2 merasuk ke daging dan lebih gurih. Di makan pake nasi anget..pakai kuah kentalnya aja udah enak banget. Mau coba teman2..yukk di catet ya..sapa tau bisa jadi menu favorit keluarga di rumah juga..^^
Semur Kering Bola Bola Daging & Telur Puyuh

Bahan :
250 gram daging sapi  segar yang kualitas bagus, cincang halus

1 sendok teh garam
1 putih telur

10 butir telur puyuh rebus, kupas
1 buah wortel, potong2 tipis
1/2 buah bawang bombay, potong panjang2
Garam secukupnya
1/2 sendok teh  kaldu bubuk rasa sapi
1/4 sendok teh pala bubuk
2 sendok teh gula pasir
4 sendok makan kecap ( sesuai selera )

1 buah tomat besar segar, parut / cincang halus.
1000 ml air

1 sendok makan margarin / minyak untuk menumis

 
Bumbu halus :
2 siung bawang putih , 6 butir bawang merah, 10 butir merica butiran , 4 butir kemiri

Cara Membuat :
Aduk daging cincang, putih telur dan garam, bagi menjadi bulatan2 kecil, rebus di air mendidih sampai matang.
Haluskan bawang merah,kemiri, bawang putih dan merica. Panaskan margarin , tumis bawang bombay sampai harum, masukkan bumbu halus, tumis hingga bumbu matang. Masukkan air dan bumbu bumbu lain, pala garam, bumbu kaldu, gula dan kecap. Setelah mendidih masukkan bola bola daging, wortel dan parutan tomat. Masak hingga meresap dan kuah mengental.

17 comments :

  1. salam mbak, kalau di sini sumur itu seperti masak kicap ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka dech sama resep 2 mbak di

      Delete
    2. Makasih Mba..:).
      Buat Mba Nasa..iya..semur itu masak Kicap ya..kalau masakan Malaysia..:)

      Delete
  2. Mbak salam knal ya, aq tiap hari nunggu resep2nya lho.. Hehe.. Btw ada resep puding busa gak..?? Request boleh ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Johanna..salam kenal juga..:)
      Iya Mba..ntar aku bautin dulu ya..puding busanya..lama nggak bikin..:)

      Delete
    2. Ok mbak.. Aq tunggu pelajaran bikin puding busanya ya.. Makasih..;) #peluk2 ngerayu..

      Delete
  3. Mbk diah ak ratna salatiga, tiap lewat semarang selalu ingat mbk diah, yg mana rumahnya kira2 ya, heee, berkat mbk diah ak jd suka masak n makan, endut bgt nie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ratna..sama Mba..klu cuma ndut..hihi..
      Rumahku di Bayumanik Mba..kalau dari Salatiga pasti lewat Carefour Srondol dan Pizza Hut kan..nah dari situ masuknya..tapi masih lumayan 15 menit masuk2..hihi

      Delete
    2. Mantap resep2nya mbk smpe bingung mo coba dulu yang mana, belok kanan berarti ya klo dr salatiga, skrg lewatnya toll bawen ungaran semarang dah bisa mbak

      Delete
    3. Kalau lewat tol malah deket lagi rumahku Mba..itu sebelum pintu tol masuk kan ada kantor jasa marga..ya tggl lurus dikit masuk..:)

      Delete
  4. Selalu ada imajinasi pada anak kecil. Kalau jadi singa, nanti teman2 pada takut, Yodha. Hahaha

    Wortelnya cantik, Mba. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Idah..:)
      Buat nakutin maminya kalau Yodha mah Mba..hihi..suka becanda memang dia..:)

      Delete
  5. Mbak Diah, kemarin tak coba. Mantap! Saya pake daging kisi, wortel dan suun, nggak pake telur puyuh. Spy suun nggak hancur, saya pisah. Terima kasih idenya.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Sisca..sipp itu Mba..pakai soun pasti enak juga..iya masuknya terakhir aja sounnya ya..biar ggak hancur..:)

      Delete
  6. Mbak Diah rumahe Banyumanik to??? Samaaa mbak, ak juga. Mba diah jalan apa? Kl ak di Ulin III. Sukaaa banget sama resrpresep mbak diah, cocokkk . Anissa

    ReplyDelete
  7. Mbak diah...aq jg dr semarang tp skg stay d bekasi..berkat mbak diah rasa kangen kampung halaman sedikit terobati dg resep masakan khas semarangnya.. Beberapa resep mbak sudah aq coba dan pas d lidah kami karena mungkin sama2 wong semarang..thanks ya mbak..tetep share resepnya bar a d jago masak. Misi buat endutin anak n suami makin lancar...hahaha..salam kenal

    ReplyDelete
  8. Nyontek resep ini buat makan malam. Airnya 1 liter ga kebanyakan kah mbak Diah. Berasa lama nunggu kuahnya surut dan mengental. Akhirnya karena putri saya keburu lapar, walau kuahnya masih banjir langsung saya eksekusi saja. Putri saya suka banget. Manis gurih gitu katanya... Makasih mbak Diah. Jangan bosan berkreasi buat resep praktis tapi maknyus.

    ReplyDelete