Friday, April 25, 2014

Tumis Taoge & Teri Medan


Tumis taoge..atau kalau di resto2 suka di sebut ca taoge..ini..adalah salah satu tumisan favoritku..bikinnya cepat dan enak sekali..di makan tanpa nasi aja enak..bisa habis dech sepiring sendiri. Tumisan ini mudah sekali..mungkin teman2 udah pada pinter juga ya buatnya. Tapi buat pemula yang baru belajar masak..aku kasih sedikit tips2 ya..supaya tumis taoge bisa se enak atau bahkan lebih enak daripada yang di resto2..yukk di catet..^^

Untuk membuat tumis taoge, pilih taoge yang masih segar ya teman2..cirinya aromanya masih segar, dan ujung2nya belum beyek atau berair dan juga belum numbuh daun. Pilih juga yang batangnya ndut2..wah enak banget itu kalau di tumis. Aku kalau liat taoge di pasar seger2 dan gendut2..pokoknya asal angkut aja..hihi..enak sich di masak apa aja. Ada orang yang telaten mbuangin ujung2 bawah taoge..tapi aku nggak sich..hihi..jadi terserah aja..mau di potong apa ndak ujung2nya ya teman2. Mencuci taoge jangan di remas2 ya..supaya nggak lembek..cukup di cuci ringan di saringan di bawah ai rmengalir. Dan tehnik yang terpenting..memasak taoge nggak boleh terlalu lama, jadi masaklah sesaat pas mau di sajikan..jadi bisa mendapatkan citaras kriuk2 renyah dan kres2 seger dari taogenya. Segera gidangkan taoge setelah selesai di masak..karena setelah selesai di masak..proses pematangan akan terus berlanjut..jadi ketika masakan dingin..jadi lembek dech taogenya. Jika memasak taoge..gunakan sedikit air saja..agar proses memasak jadi lebih cepat. Aku kadang malah nggak pakai tambahan air..karena ketika di cuci...kan masih ada kandungan airnya taogenya. Jadi begitu bumbu2 selesai di tumis..besarkan api, masukkan taoge dan bumbu2..lalu aduk rata sebentar hingga taoge agak layu..koreksi rasa..lalu segera angkat dan sajikan. 

Agar lebih enak..tumisan taoge juga bisa di tambahkan berbagai macam bahan tambahan..aku paling suka sich di beri taburan teri medan yang sudah di goreng kering. Bisa juga di tambah ikan asin..jadi ca taoge ikan asin..seperti di resto2 itu lho teman. Gunakan ikan asin jambal..yang di goreng terlebih dahulu, lalu di potong kecil2. Atau bisa juga di tambahkan tahu putih yang sudah di potong kecil2..atau babat. Kalau di tambahkan bahan yang perlu di masak juga..misal tahu..masak dahulu bersama bumbu tumisan dan air..lalu masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut, baru masukkan taoge di saat terakhir. Jika memakai babat..rebus dahulu babat hingga empuk, baru di campur tumisan taoge. Tahap terakhir..tinggal di taburi bahan taburan,.misal ikan asin atau teri Medan seperti yang ku buat ini. Jika suka dan ada..boleh di taburi kucai..akan nambah sedep tumisan taoge ini. Tapi kucai ya memang nggak selalu ada di pasar ya teman2..jadi optional saja..nggak pake juga tetep enak. Aku pakai kucai akhir2 ini aja kalau masak..soalnya punya pohon kucai yang cuma satu pot kecil..hasil di kasih tukang sayur langgananku bibitnya. Eh..belum berkembang biak..udah sering aku petiki buat di masak..hihi. Kata mba art ku.." Kalau pohon kucainya itu bisa ngomong..udah nangis2 Bu ! "..lha belum numbuh kok udah di petiki terus..hihi. kapan itu tak buat tahu plethok..soto Kudus dll..yang harus pakai kucai..tapi alhamdulillah ya selalu numbuh lagi tuch daun kucainya..hihi.

Woke..semoga bermanfaat ya sedikit tipsnya buat teman2 yang baru belajar masak..tumis taoge ini super praktis dan enak di sajikan buat berbagai kesempatan..bisa buat sarapan..makan siang atau makan malam..jadi..siapa bilang wanita karir yang sibuk nggak sempat masak..?..Ayukk..semangat ya teman2..banyak masakan praktis dan simpel..tapi enak..nanti aku share satu per satu ya..^^
Tumis Taoge Teri Medan

Bahan :
200 gram taoge
50 gram teri Medan, goreng hingga kering.
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh kaldu bubuk
Terasi bubuk 1/4 sendok teh ( optional )
Garam secukupnya
Daun kucai secukupnya, iris panjang2 untuk taburan
5 - 6 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
4 buah cabai merah, iris tipis
4 buah cabai hijau, iris tipis

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum. Masukkan cabai, daun salam dan lengkuas, aduk hingga cabai layu.Besarkan api, segera masukkan taoge dan bumbu2 lain, aduk cepat dan koreksi rasa. Segera matikan api jika taoge sudah agak layu dan bumbu2 tercampur rata. Taburi dengan teri goreng dan kucai. Sajikan hangat.

12 comments :

  1. Deeuuuh laperrr mba, ini aja sudah cukup kalau saya, teman pakai nasi anget deuuuh enaaakkk banget deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba Tina..aku juga..pakai kerupuk atau tempe goreng aja udah enak ya..^^

      Delete
  2. Wah..ini mah favorit keluargaku jadul, ibuku suka masakin ini tambah tahu sama tetelan..n ntah knapa di juluki tahu 'boim' sama kakak2 ku.. Sekarang aku jg suka bikin buat anak2 campurannya macem2, kalo di tanya sama si kakak, bunda masak apa? Aku jawabin masak tahu boim..hihihi lucu ya namanya :D
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...aku juga suka pake tahu kadang Mba Sri..enak..eh lucu banget sich namanya..tahu boim..hihi

      Delete
  3. kalau masakannya mbak diah selalu top deh, aku masak tumis toge cuma pakai cabe bawang aja mbak hehehe pokoknya bumbu asal deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..cuma tumisan biasa kok Mak Lidya..:)

      Delete
  4. mba diah masak apa aja sllu kliatan enak yaah~ pdhl cm tauge.. hihih
    jd pengen nii.. :D
    menu ini jg trmsuk fav aq si mba,, emg enk, seger kres2 gitu. :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yappp..itulah trik agar keluarga mau makan masakan kita dgn lahap Mba Rima...walau cuma tumisan biasa..kita buat lebih menarik..^^

      Delete
  5. Wah mbak kok sama ya tadi pagi aku jg baru masak tumis tauge ini buat sarapan soalnya yg cepet bikinnya hehehe...cuma aku gak pake daun kucai dan terasi mbak...ikan asinnya aku jg pake ikan asin layur (yg ada itu soalnya...) digoreng garing diremas taburin diatasnya....hmmm tambah tempe goreng....wi dah ngabisin nasi sak bakul mbak...hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeh..bener mba Diah..pas banget sama tempe garit ya lauknya..:)

      Delete
  6. pengin nyobaaa mak, kayaknya maknyus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Christanty..met coba ya...enak dan mur mer..:)

      Delete