Monday, April 21, 2014

Bakpao Mawar



Mawar kuning..?..Nggak ada kali yach teman2..tapi kalau bakpao mawar,..boleh dong di warnai suka2..salah satunya ya warna kuning..hihi..soalnya mau di warnain merah ..kok habis pewarna makanan merahnya..mau putih aja kok nggak seru..ya udah kuning aja ya..jadilah mawar kuning..^^

Lagi iseng kemaren libur sama Yodha bikin bakpao..dia bikin bakpao landak..hemm..teryata dia masih ingat lho cara bikin bakpao landak..dulu emang pernah sich dia belajar bikin..kemaren tak tes..tak kasih aja adonan..terus dia bentuk lonjong..terus di gunting2 kulitnya..jadi kayak landak gitu. Selain itu dia juga bikin macam2 bentuk hewan2 aneh sesuai imajinasi dia..hihi. Oke dech..kali ini aku share yang bentuk mawar dulu ya..walau udah pernah ku share sich dulu resep bakpao mawar..tapi beda resep..aku lebih suka resep yang ini..karena hasilnya lebih lembut dan mulus bakpaonya. Adonannya oke banget..enak di bentuk2..dan rasanya juga enak..kaya rasa..ndak cuma anyep.

Resep adonan bakpao nggak jauh beda dengan resep bakpao yang udah ku share..cuma..untuk isiannya aku pakai kumbu kacang hijau. Mau coba teman..baiklah aku tulis lagi aja ya resep adonan  bakpaonya.
Bakpao Isi Kumbu Kacang Hijau

Bahan isi :
Kumbu kacang hijau secukupnya..( udah bisa kan ya bikinnya..^^ )

Adonan kulit bakpao :
250 gram tepung terigu protein rendah
65 gram tepung tang mien
3 sendok makan gula pasir halus
1 sachet kecil susu bubuk
1 1/2 sendok teh ragi instan
1 putih telur
150 ml air es
30 gram mentega putih
1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Campur tepung terigu, tepung tang mien, gula, susu bubuk, ragi instan. Aduk rata.
Masukkan putih telur dan air es sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
Kempiskan adonan. Timbang masing – masing 25 gram bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
Pipihkan adonan. Beri isi secukupnya. Bentuk mawar ( liat step di foto ) Letakkan di atas kertas. Diamkan 40 menit sampai mengembang.( Aku lewati suka melewatkan step fermentasi kedua ini..kalau aku rasa sudah mengembang bagus adonannya, karena selama proses membentuk2 juga perlu waktu dan fermentasi sudah berjalan terus..takutnya over proofing..jadi main perasaan aja ya teman2..)
Kukus 10 menit di atas api sedang sampai matang. Hasilnya..bakpao lembut..menul2 dan gurih..enak dech..pas banget dengan isian kumbu kacang hijau yang legit..^^

31 comments :

  1. Aduuuh cantik bgt mawarnya...:D Dan kebetulan bgt ada resp bakpao, tadinya mau aku tanyain k mbDD. Setelah sukses bikin makroni goreng, si kakak request bakpao, kue kesukaannya.
    Oh ya, tepung tang mien, bisa d dapat d tk kue kan mba.. Gak sabar pingin coba neh. mudah2an sukses abissss..
    Makasih ya mba..
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh Mbas Sri...sippp ayukk di bikinin biar seneng Kakak..mudah kok..:)

      Delete
  2. Cantik mba bakpaunya, pasti rasanya jg ok. Kira2 ada pengganti posisi tp tang mien mba? Utk ukuran adonan diatas, kumbu kc ijo kira2 butuh brp gram mba ? Maturnuwun mba Didi...

    Ari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ari..kalau nggak ada nggak usah pakai Mba..cuma nggak selembut kalau pakai ya hasilnya..:)
      100 gram kacang hijau lebih dari cukup mba..:)

      Delete
  3. sy jg sring bikin bakpao tg yg isian ayam soalnya itu favoritku dan suami.mbak request dong resep puding roti yg murah meriah,soalnya sy cr resep2 yg ada bhannya mahal2.makasi. Ema. Ntb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba Ema..ntar di bikin dulu ya pudingnya..kalau pas py stock roti..:)

      Delete
  4. mb swun resepny,ak mau cobain,tang mien bisa di ganti apa gt....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada gantinya..kalau nggak ada yang nggak usah pakai...tapi hasilnya kurang lembut dikit..:)

      Delete
  5. cantik bakpaonya mba,itu kalo udah dingin keras nggak mba kulitnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak terlalu sich..masih empuk...tapi bakpao kan memang enak di makan anget2 ya..:)

      Delete
  6. G mau saya makan mbak, kalau cantik begitu, mau saya pajang aja mba,,, Unikk banget sih cara bikinnya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIhi..di makan boleh kok Mba..kan udah pegel2 nguleninya..ayukk bikin Mba..mudah kok..:)

      Delete
  7. Salam kenal mbak....cantik bakpao nya, sayang kyknya buat di makan...hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Yunita..salam kenal juga..di maem dong mba..kan udah di buat..hihi

      Delete
  8. Halo sis, bagaimana caranya kalau pengembangan terakhir, lembaran2 mawarnya jadi mekar dan copot2. Harus diapain ya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..pas di bentuk..seharusnya ujung2 sambungan kelopaknya sedikit di jimpit ( apa ya bahasanya ) di tekan2 gitu lho..jadi menyatu,..nah..jadi ntar pas udah mengembang jadi nggak lepas..:)

      Delete
  9. Mbak, adonan donat bisa di bikin bakbao nggak ya? Secara klo dilihat dari bahan2 sama gt....hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepintas memag sama Mba..tapi ada yang beda lho..kayak teka teki aja ya..hihi. Kalau adonan bakpao..pakainya mentega putih Mba..soalnya kan di kukus..biar rasanya tetep tawar..nggak ada aroma mentega atau margarin..:)..dan kalau mau lembut pakai campuran tepung tangmien..:)

      Delete
  10. Oowwh,..pake mentega putih ya....pengen bikin blm sempet2...hihi

    ReplyDelete
  11. mbak,kalo tepung tangmien belinya di mana. Mbak ktnya di semarang kan, kalo di semarang di mana belinya. Sy di semarang banyumanik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di toko bahan kue Kabhita Mba..di jalan Kanfer yag mau ke arah pasar Damar Banyumanik tuch lho..perempatan masjid besar tuch lurus lagi.

      Delete
  12. Waahhh bakpaonya cantik....sy lbh suka bikin bakpao dan jenis menu masakan sehari2 mbak, sekalu sukses hasiknya drpd bikin cake...., kl bikin cake selalu berakhir jd " cake stroke " ( karena selalu bantat bukan main bikin makan 1 gigit aja harus minum air 8 galon #hahaha lebay...dan terlalu banyak jumlah telor yg di pake udah telor mahal tp gagal, jd tak namai cake stroke, hehehe...^^)...mbak, kl pakenya tepung *sebut merek, misal : cakra kembar emas yg khusus pao, apa masih perlu ditambah tepung tangmien ya? ( ayu, blitar )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..hai Mba Ayu..jangan menyerah ya belajar bikin cake..pasti nanti lama2 bisa..:)..Kalau bakpao itu biasanya pakai protein rendah mba..misal yang kunci biru..bukan cakra kembar..:) Cakra kembar itu protein tgg bias abuat roti2 an yang di oven..:)

      Delete
    2. Iya ada resep yg pake tepung trigu protein rendah, tp ak ikut yg pake trigu protein tinggi, apalagi ada yang khusus buat pao, cm masi bingung perlu d tambah tang mien lg atau nggak, takutnya kl g d tambah g bisa kilap....hihi...mbak, ada resep isiannya roti daging seperti roti sosis djakarta buatan jogja? Kl ada tlg d share ya....Calon suamiku lg request bakpao yg isiannya daging tp gurih2 asin gt....Makasih....

      Delete
    3. Hai Mba..aku malah belum pernah itu pakai protein tgg..soalnya selama ini liat resep bakpao ya pakai rendah..coba di tanyakan saja ke yang punya resep yang pakai protein tinggi itu ya Mba..:)
      Roti goreng ada mba..isi ayam tapi di sini ya :http://www.diahdidi.com/2014/04/roti-goreng-isi-ayam.html

      Delete
    4. Iya ya tak liatin lg kebanyakan pake yg rendah...jgn2 resep yg ak anut itu resep roti tp sm penulisnya dikukus kali ya mbak...hehehe....soalnya penulia pake metode water roux diresepnya....hmmm....tp rasa dan teksturnya oke jg...hihihi...Oiya kl yg roti sosis djakarta itu isiannya daging sapi mbak, tp resep dr mbak patut d coba jg....makasih yaaa....

      Delete
  13. mba, mo nanya....
    saya dah bolak balik nyoba bikin bakpao, kalau dari segi rasa si sudah ckp puas, enak, lembut biarpun sudah dingin...tapi permukaan bakpao nya kok keriput y?? g bisa mulussss...
    waktu dandang dibuka tampak muluss, keluar dari dandang lgsng keriput..;(
    kira-kira kenapa ya mbak? makasih.. (kiki-purwokerto)

    ReplyDelete
  14. halo sis Diah, boleh tanya kalau penggunaan garam utk adonan bakpao itu tujuannya utk perasa atau utk mengkondisikan tekstur ya?

    ReplyDelete