Saturday, April 12, 2014

Rempeyek Kembang Goyang



Ini rempeyek..atau kembang goyang?...Dua2nya..hihi..ini adalah rempeyek yang di cetak pakai cetakan kembang goyang..jadi cantik kan teman2..rempeyeknya. Sudah lama aku nggak bikin rempeyek..gara2 wajan wok cekung dari besi kesayanganku jatuh..dan pinggirnya sedikit retak..jadi nggak bisa lagi dech di buat goreng peyek..paling2 buat bikin nasi goreng masih bisa. 

Kalau wajan lain punyaku kebanyakan bentuk sauce pan modern yang dalam gitu..jadi nggak bisa di buat goreng peyek yang renyah dan tipis2..karena peyek seperti itu kan musti di tempel di sisi wok, terus di siram2 minyak sampai terlepas, baru di goreng hingga kering. Kalau di sendok pakai sendok sayur langsung ke minyak..kurang cocok untuk buat peyek yang tipis dan renyah itu..cocoknya buat bikin peyek jadul yang bulat tebel. Nah..kemaren kepengen makan peyek bikinan sendiri..jadi ingat kenapa nggak di cetak aja pakai cetakan kembang goyang. Ternyata bisa lho..dan peyeknya jadi lebih cantik..bentuknya.

So..mau bikin peyek bentuk lain..yukk cobain di cetak pakai cetakan kembang goyang begini teman2..seru lho..buatnya juga..hasilnya juga lebih cantik dan seregam peyeknya. Untuk resep peyeknya..tetep pakai resep dasar peyek yang sering ku pakai ..cuma isian aku ganti kacang tanah yang di iris tipis2. Selamat mencoba ya teman2..^^
Rempeyek Kembang Goyang

Bahan :
150 gram tepung beras
50 gram tepung tapioka
250 ml santan
1 kuning telur
5 lembar daun jeruk purut, iris halus
100 gram kacang tanah, oven hingga setegah matang, iris tipis2
1 sendok teh kaldu bubuk dan garam sesuai selera

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh ketumbar
2 cm kencur, 1 cm kunyit

Cara membuat :
Campur semua bahan rempeyek dan bumbu halus, aduk rata hingga licin dan halus, masukkan kacang tanah.
Panaskan minyak goreng, celup cetakan kembang goyang, biarkan agar cetakan panas, lalu celupkan ke adonan rempeyek, masukkan ke minyak panas, lalu..diamkan sebentar, lalu di goyang2 agar terlepas. Lakukan sampai adonan habis.

Tips :
Celup cetakan sampai batas tinggi cetakan agar mudah terlepas ketika di goyang2. Jika adonan menutupi cetakan..nanti akan sulit lepas.
Adonan rempeyek harus sering di aduk..supaya tidak mengendap di bawah adonannya.



28 comments :

  1. Reatif bnget mb ku satu ini....adaaaaaaaa aj ide nya yg sma kita malah ğ pernh kfikiran heheheee...btw ak koq blum di sms2 jg sih mb :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba..Sabariah..:)
      Oh iya..maaf Mba..lupa terus..hihi..super sibuk minggu2 ini..ampe nggak sempat pegang2 hp..bentar ya..:)

      Delete
    2. No Mba mana ya ?..udah di hapus ya..hihi..

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Ok Mba..udah ku catet..boleh di hapus..:)

      Delete
    5. Hikz..hikz..ak ud nyobain tp wrnax ğ scantik ini mb...mgkn krn penambahan gula pasir kli ya mb?

      Delete
    6. Lho,..mba bikin rempeyek atau kemabng goyang yang manis..kok Pakai gula pasir ?..Iya..kalau kembag goyang yang manis..yang pakai gula pasir..musti ati2 gorengnya..krn mudah gosong mba..hrs api kecil..tapi sebelumnya di panaskan dulu minyaknya..:)

      Delete
    7. Bikin rempeyek mb tp dtambahin gula sdikit kta mamaku,ktax biar gurihx kluar gtuuu...mngkn ak yg ngasih gulax agak bnyakan yaa :(
      Eksekusi perdana gagal dpenampakan hihihihiii

      Delete
    8. Hihi..iya mba..di coba lagi ya..pakai api kecil aja Mba..dan wajannya yang tebal ya..spy nggak mudah gosong. Kalau kasih gula buat gorengan gurih..dikita ja Mba..1/4 sendok teh aja cukup..:)

      Delete
    9. Sipppp deh...ntr dcoba lgi...cntik bnget soalx...mkax nafsu bnget pngen bisa ┼┼aa..┼┼aa..┼┼aa..

      Delete
  2. Top deh mbak diah ini..ada aja ide nya... :-) fany

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Fany...iseng Mba..hihi..pengen makan peyek renyah..nemu ide ini dech..:)

      Delete
  3. Aduh mbak mantap sekali kayaknya ya . . . sambil nonton tipi bw toples peyek . .
    btw, tgl 22 aq ada kirim email loh mbak nyampe gak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ema..udah ku bales..mbalik itu..mailer dora emon..hihi
      Yang pukis tape itu kan ya Mba..:)
      Aku ada resepnya di sini Mba..klu mau di buat perbandingan..:) http://www.diahdidi.com/2013/04/obsesi-resep-pukis-enakk.html

      Delete
  4. Selain di oven bs ga di goreng kacangnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba..tapi lebih baik di sangrai saja ya..tanpa minyak..:)

      Delete
  5. aaahhhh mbak Diah Didi.. keduluan.. saya pengen bikin rempeyek di model kembang goyang gini.. hihiihi.. saya kebanyakan malas sih hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya ayo..ndang bikin Mba Puji...seru lho cepet kok nyetaknya..:)

      Delete
    2. inyaallah nanti sore bikin, kalau dapat kacang tanahnya.. hihihi.. lg gak ada kacang tanah ataupun udang rebon nih..
      kebetulan nanti sore menunya nasi pecel.. pas deh kayaknya hehe

      Delete
    3. Sippp Mba..udah mateng nich ya berarti..hihi

      Delete
  6. Replies
    1. Iya Mak..tapi ini versi peyek..hihi

      Delete
  7. sy jg baru belajar bikin peyek tp sy hanya pakai wajan biasa yg dipakai kalau goreng ikan dan hasilnya lumayan cantik mbak... hasilnya jg garing n renyah sampai rebutan kalau mkn peyek sm suami.. makannya cepat habis tp gorengnya harus satu2 krn wajan sy kecil walhasil 1 jam didepan kompor dg 1/4 resep... bikin peyek harus sabaaaar hehe makasih resepx mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba ..paling enak itu pakai wajan besi jadul yang lumayan gede itu..jadi adonan bisa di tempel di beberapa sisi wajannya..lalu di kelupas dan di goreng sama2..sekali goreng bisa 3 sampai 4 rempeyek..klu atu2..emang pegel ya Mba..hihi

      Delete
  8. Salam kenal mba..sy mau tanya mba ..kacang nya apa langsung di taruh diadonan apa pas kembang goyang ya dicelup diminyak panas baru ditaruh kacang satu2? (yuli)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Yuli...langsung masuk adonan mba..nanti nempel sendiri..dan jgn lupa..klu mau coba..nyelup adonan jgn sampai melebihi tgg cetakan spy mudah di lepas ketika di goyang2..^^

      Delete
  9. Salut sm mbk diah....t-o-p b-g-t deh pokoknya idenya keren abis...

    ReplyDelete
  10. ma diah, ijin coba resepnya ya..trimkasih sudah berbabi ide kreatifnya :)

    ReplyDelete