Sunday, April 13, 2014

Soto Daging Ala Madura


Soto lagi ..kemaren Yodha pengen Soto..dan karena punyanya cuma daging..ya udah bikin soto daging aja. Sebenernya sich pengen bikin soto daging ala Boyolali yang bening gitu..tapi dari dulu coba2 belum pas aja rasanya..ya mungkin karena kaldunya kurang kali yach..kalau soto bening itu memang yang di tonjolkan rasa asli manis dari kaldu bening dagingnya. Nah..buat kaldu seperti itu tentu saja perlu banyak daging..sementara aku kalau bikin soto daging cuma make dagingnya 500 gram..hihi. Jadi..lebih baik bikin soto bumbu komplet aja..biar manteb..karena ketolong rasanya sama bumbu yang banyak dan komplet. Dan alhamdulilah sich kalau bikin soto bumbu komplet kayak soto Betawi..atau soto Madura ini..udah bisa pas dan enak rasanya..menurutku dan warga rumah lho..hihi.

Akhirnya kemaren aku bikin Soto daging ala Madura..tapi biasanya kalau bikin soto Madura kan dagingnya nggak sendiri..di temani jeroan..kayak babat..dll. Tapi karena kemaren punyanya cuma daging..ya udah akhirya aku variasikan sendiri sotonya..biar nggak kesepian..dagingnya di temani soun dan sayuran aja ya,..hihi. Jadi sotonya aku tambahin kol..soun dan juga keripik kentang goreng, biar meriah ..dan ternyata enak juga kok..kayak soto Madura versi ayam yang penyajiannya komplet gini. Cuma kurang telur rebusya aja kemaren, karena lagi kehabisan telur.

Oke dech..langsung aja..ini dia resepnya ya..siapa tau ada teman2 yang mau masak soto minggu ini..seger lho..^^

Soto Daging Ala Madura ( versi aku campur2 )

Bahan :
500 gram daging sapi bagian tetelan / daging buat rawon
1500 ml air kaldu daging
2 batang daun bawang, iris kecil2
2 batang sledri, iris kecil2
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun jeruk
1 sendok teh gula merah / pasir
1 sendok teh kaldu sapi bubuk
Garam secukupnya

Pelengkap :
Soun secukupnya, seduh air panas
Kol 4 lembar, iris halus
Keripik kentang secukupnya
Bawang goreng secukupnya
Sambal rawit, jeruk nipis dan kecap secukupnya

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar, sangrai
4 butir kemiri, sangrai
2 cm kunyit , 1/4 sendok teh merica butiran
2 cm jahe

Cara membuat :
Rebus daging dengan api kecil dengan 2000 ml air hingga keluar kaldu dagingnya dan empuk. Angkat dagingnya potong2. Saring kaldunya dan ukur jadi 1500 ml
Tumis bumbu halus hingga harum dan benar2 matang, masukkan ke air kaldu. Didihkan kembali, masukkan bumbu2 lain, serta daging. Masak hingga meresap. Terakhir masukkan daun bawang dan sledri.
Susun bahan2 soto di mangkuk, tuangi kuah. Sajikan dengan pelengkap lain.





4 comments :

  1. hmmmm enak mbak sayang cuma lihat foto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau deket udah di bagi Mak..biar bisa nyicip..:)

      Delete
  2. lezat kayanya mba sotonya sluurrp,
    skalian nanya ,mba didi punya resep soto mie jakarta nggak
    saya pengen buat tapi masih bingung resep kuah nya sama resep dongkal (betawi)atau awug(sunda)jg deh hihi maap yah mba kebanyakan
    btw salam kenal yah mba sering liat blognya tapi baru kali ini komen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Said..ntar di cobain dulu ya..atu2..hihi

      Delete