Saturday, April 5, 2014

Tahu Gimbal Semarang




Kemaren sore lagi pengen makan tahu gimbal..akhirnya bikin dech..tapi dengan versi baru bumbunya nggak terlalu halus..beda sama yang biasa aku bikin..yang aku ulek halus kayak bumbu pecel..kali ini lagi pengen yang versi bumbu berkuah banyak dan bercitara seger..karena kacangnya nggak di ulek halus, jadi ada sensasi kres2 kacangnya. Dulu pernah makan tahu gimbal model gini di salah satu warung tahu gimbal di pojok Jatiraya deket rumah..cuma sekarang ndak ada lagi..ibu penjualnya udah meninggal. Jadi bikin sendiri aja di rumah..sama enak kok. Untuk resep kali ini juga aku coba pakai petis rada lebih banyak..dan hasilnya lebih sedep. Yapp..begitulah aku..nggak pernah puas dengan satu resep walau udah enak hasilnya..terus mencoba2 aneka versi masakan..walau jenisnya sama dan udah pernah ku posting. Tapi dengan bumbu yang semakin di sempurnakan..hasilnya juga akan berbeda dan semakin enak. 

Tahu gimbal adalah makanan khas Semarang yang banyak di jumpai dan di jual di kaki lima. Tahu gimbal ini adalah jenis makanan olahan tahu dan lontong yang berbumbu kacang..tapi dengan ciri khasnya yaitu ada tambahan gimbal udang. Ini yang bikin tahu gimbal spesial rasanya. Gimbal udang yang gurih ini yang membuat sensasi rasa tahu gimbal berbeda dengan olahan lontong tahu dari daerah lain. Aku paling suka gimbal udangnya..kalau beli tahu gimbal pasti minta di tambahin gimbal udangnya. Di Pusat kota Semarang sendiri bahkan ada sentra tempat jajan tahu gimbal ini..di taman KB..cuma kok mahal ya aku sering makan di sana..jadi lebih baik masak sendiri di rumah teman2..kalau mau makan tahu gimbal..mudah kok..lebih murah..hemat dan jadi banyak..jadi..bisa nambah gimbal udangnya sepuasnya..hihi.

Have a nice  weekend..yukk..masak enak buat keluarga..^^
Tahu Gimbal Semarang

Bahan2 Gimbal Udang :
Terigu protein sedang 100 gr
Tepung beras 50 gram
Udang seger ukuran kecil 250 gram
Bawang putih 2 siung
Ketumbar 1/4 sendok teh
Kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh ( optional )
Garam secukupnya
200 ml ( secukupnya )

Cara membuat :
Bersihkan udang dari kotoran, cuci bersih, kepala dan kulit tidak perlu di kupas.
Haluskan bawang putih dan ketumbar, aduk rata dengan semua tepung dan air, serta bumbu lain, sampai adonan rata dan kental, tapi tidak sekental bakwan ya.
Ambil satu sendok sayur adonan..tata udang di atasnya..lalu masukkan ke minyak yang sudah di panaskan, lalu goreng hingga matang.

Bahan Pelengkap :
2 buah lontong
2 buah tahu putih, goreng
Kol, iris kecil
Taoge panjang, rendam air panas
Telur ceplok 2 buah
Seledri & bawang goreng untuk taburan

Bumbu kacang :
Bawang putih 2 siung ( kalau kurang suka aroma bawang putih mentah boleh di goreng dulu )
Kacang tanah 100 gram, goreng , ulek jangan terlalu halus
Cabai rawit merah 5 buah ( atau sesuai selera )
1/4 sdk teh garam
Petis udang 1 sendok makan
Air asam  1 sdk teh
Air matang 150 ml - 200 ml
Gula merah 2 sendok teh.
Garam dan kecap secukupnya
Haluskan semua bumbu saus, tambahkan kacang, air matang dan asam , lalu tambahkan kecap sesuai selera.

Penyajian :
Atur lontong, tahu goreng, kol, taoge di piring, beri irisan gimbal udang dan telur ceplok, taburi bawang merah goreng dan seledri, terakhir siram saos kacangnya..sajikan utk 2 piring tahu gimbal. Yummy..selamat menikmati sepiring tahu gimbal khas Semarang..! ^^


Mau nambah gimbal udangnya..boleh lho..yukk ambil sepuasnya..itu *ngawe2 minta di comot kan itu gimbal udangnya teman2..soalnya aku pakai udang yang seger..jadi wara gimbal udangnya cantik dech..^^



21 comments :

  1. Mba Didi.

    kalau pagi-pagi gini mampir ke blog mba Didi terus lihat makanan yang seperti ini ya bawaannya mesti ngiler..ha ha ha...
    Nah tadi baca judulnya agak mikir tahu gimbal itu yang bagaimana ya..secara belum pernah dengar gimbal..ealah ternyata gimbal itu kayak peyek gitu ya mba..dan peyek udang ya...baru tau deh..
    hmmm sepertinya mudah ya mba membuat gimbal udang..wah kapan-kapan pengen nyoba juga mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Monica..ayukk bikin..gimbal udangnya ini enak juga kok buat cemilan atau lauk sayur lain..:)
      Bukan persis peyek ya mba..soalnaya ini luarnya tekturenya garing tapi dalemnya chewy masih basah..jadi perpaduan peyek dan bakwan udang kali ya..hihi

      Delete
    2. oh gitu ya mba..perpaduan peyek dan bakwan udang..hmmm supaya ga penasaran harus dicoba sendiri kali ya mba...he he he betul kan mba...

      Delete
    3. Iya Mba..cobain dech..unik rasanya..paling cocok buat teman sop atau sayur lodeh..mak yuss..:)

      Delete
  2. Mba diah,aku sering lho ngintip dan praktek resep mba simpel sih,mirip juga sama yg aku dirumah,cuma baru ninggalin jejak,mau Bikin blog lum jadi,maaf mau namya pa mba..pernah naik PR dr smg ke metro(lampung) trus naik lor*n* dr lpg ke smg sekitar akhir 2010 & pertengahan 2011,maaf lho klo salah,aku aslinya demak,skrang aku tinggal dilamppung(bandarjaya)maaf ya mba.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..salam kenal..mba siapa ini Ya..:)

      Wah..sayangnya bukan Mba..daku seumur2 malah belum pernah naik kapal besar ke luar Pulau..hihi..apalagi ke Lampung Mba..( kasian yach daku..:D )..lha ke mana2 ya paling naik mobil sdr atau naik pesawat ..:)

      Delete
  3. Itu udang gimbal mantabs bgt, dah d goreng pun matanya tetep mlotot, menggoda :)
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..itu udangnya ngawe2..minta di maem..:D

      Delete
  4. halaah.. ya ngawe.. ngawe beneran iku mba, Diah ... :)))) kemarin aku bikin tempe di saat masih dingin.. eh perjuangan bener mau makan tempe klo di LN hahahha.. trus sering mampir sini ya makin menderita... :p Happy Weekend mba Diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...iya Mba...:)
      Wah..rajin sekali..pasti enak sekali ya Mba..makan tempe yang di buat sendiri..tapi tetep jadi kan Mba ya walau musim dingin..:)

      Delete
    2. jadi koq mba tempe nya, cuma pemakaian ragi nya di tambah .. kalo di Indo yang humidity nya tinggi kan cuma pakai 1 sdt buat 1 kg tempe, aku pakai 1 sdm buat 1/4 kg trus di taro dekat heater.. 3 hari sudah jadi mba... :)

      Delete
    3. Sippp Mba..semangat ya..demi tempe idaman..hihi. Salut dech Mba..sukses bikin tempe sdr..aku malah belum pernah lho bikin tempe...:)

      Delete
  5. Mbak Di sejak aku tinggal di semarang ini makanan yg paling aku suka selain tahu pong semarang......cuma belum sempet praktekin...hehe. Kapan2 aku coba deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba Diah..daku juga pendatang di Semarang..dulu langsung suka dech sama si gimbal ini..hihi

      Delete
  6. aku maniak Tahu Gimbal Mak dari es-em a...hehehehe,, pasalnya pujasera (area Ronggolawe) deket sama lokasi SMAN6 :) smoga bakul yang jualannya masih ada. pengin nyoba juga masak sendiri (kalo ini di Kudus namanya Nasi Tahu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Tanty yukk masak sdr aja..:)
      Eh berarti sama aja ya Mak..nasi tahu itu di Kudus..sempat peasaran aku soalnya..pgn coba..:)

      Delete
  7. Mba diah..boleh dong refrensinya tahu gimbal yang enak di semarang yang mana ya?minta alamatnya dong..dulu aq pnh makan enak banget terus tahun lalu cobain beli lgi kita lupa tempatnya.akhirnya asal pilih tapi qadarallah nggak enak :(. Mana ya mba yg enak..dl belinya di alun2 deket sma mana gtu..lupa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di taman kali ya Mba..taman KB..banyak yang jual tahu gimbal..akrena di sana pusatnya..:) Ada juga Pak Edi..dll..

      Delete
    2. Mba kalo ga pake cabai untuk bumbunya ga apa apa kan

      Delete
  8. mba saya adanya petis ikan,enak ga ya kl dibuat bumbu tahu gimbal

    ReplyDelete