Wednesday, April 16, 2014

Serba Serbi Pai



Pie..atau kalau di Indonesia di kenal dengan nama pai...sudah tau kan ya teman2 pastinya..atau mungkin sudah jadi kudapan favorit di rumah. Lama aku nggak bikin pai..padahal dulu awal2 belajar baking suka banget mencoba berbagai macam resep pai dari luar..tapi..ya karena di rumah yang doyan pai cuma aku..akhirnya jarang bikin lagi dan tenggelam resepnya..berganti dengan berbagai uji coba resep kue2 lain..hihi. Nah kemaren aku bikin pai..sampai lupa..resep mana dulu yang enak dan sering aku bikin..akhirnya coba2 aja lagi beberapa kali..dan yang terakhir kemaren..sipp..udah bisa lagi bikin crust yang enak dan empuk kayak dulu. Cuma sayangnya kemaren pakai apel manis..jadi kurang nendang isiannya..karena aku suka isian pai apel yang asem2 seger gitu. Oke dah..jadi resepnya nanti saja ya tak postingnya..kalau udah buat lagi isiannya yang sipp.

Tapi..karena hasil pai nya cantik..hihi..sayang kalau ndak di pajang fotonya..jadi aku mau nulis tentang serba serbi pai aja ya..dari sejarah..jenis dan juga tips2 membuat pai. Semoga bermanfaat ya teman2..siapa tahu yang baru mau belajar baking..ada yang mau belajar bikin pai di rumah.

Pai menurut sejarahya..sudah di kenal sejak jaman Mesir kuno..dahulu merupakan adonan pembungkus daging atau atau bahan2 lain agar tetap lembab ketika di masak..jadi bisa terbungkus dan kedap udara, sehingga tidak mudah basi jika di bawa bepergian jauh. Bahan kulit pai dulu keras dan padat terbuat dari terigu, telur dan lemak.

Seiring perkembangan jaman..pie bertransformasi menjadi jenis pastry yang lebih modern..dengan komposisi bahan yang lebih ideal..sehingga menghasilkan kulit pai yang lebih enak rasanya dan bisa di konsumsi langsung dengan bahan isiannya. Pai akhirnya populer sebagai salah satu pastry yang di gemari di Amerika..Inggris..dan negara2 lain. Hingga semakin bayak ragam dan variasi pai yang terkenal. Tak terkecuali di Indonesia..pai juga salah satu kudapan favorit yang banyak di gemari. Salah satu pai yang paling di gemari di Indoneisa adalah pai apel. Namun selain pai apel..sebenernya masih banyak jenis2 pai lain.

Sekarang ini pai sudah berkembang jenis dan macam namanya. Berdasar bentuknya pai di bagi menajdi tiga macam :
Pai : Berbentuk besar dan bagian atas tertutup
Flan : Berukuran besar dengan bagian atas terbuka
Tartlet : Pai berukuran mini ( individual )

Pembuatan pai, memakai bahan utama tepung terigu yang berprotein sedang atau rendah jika mau lebih renyah. Lemak yang di pakai adalah margarin atau mentega atau campuran keduanya. Pemakaian margarin membuat pai renyah, sedang mentega membuat pai lebih ngeprul atau mawur. Selain itu di tambah pula telur..ada yang pakai semua bagian telur..atau kuningnya saja. Sedikit gula di tambahkan untuk menambah rasa dari pai. 

Proses pembuatan kulit pai, bisa di lakukan dengan dua cara :
Semua bahan di aduk jadi satu dengan bantuan pisau atau garpu..atau ujung jari tangan, sehingga menghasilkan adonan yang berbutir2 / masir / mawur dan aka menyatu ketika di giling.
Bisa juga adonan di kocok dengan mixer, pertama kocok margarin / mentega di kocok dengan gula, lalu tambahkan bahan lain, seperti membuat kue kering.
Setelah adonan jadi..adonan lalu di tipiskan dengan cara di giling, sehingga menghasilkan adonan dengan tebal yang sama..sehingga lebih mudah meletakkannya ke cetakan pai. 

Proses pengovenan pai, bisa di lakukan dengan mematangkan dahulu kulit pie hingga setengah matang, kemudian baru di isi bahan isi dan di matangkan kembali. Jangan lupa tusuk2 bagian bawah adonan yang akan di oven..dengan garpu..supaya tidak menggelembung. Pai crust yang sudah di oven setengah matang, bisa di simpan untuk persediaan..atau menghemat waktu jika mau membuatnya dalam jumlah banyak.

Isian pai bisa manis atau gurih. Yang paling kita kenal adalah isian pai manis, yaitu pai apel. Namun sebenernya kita bisa berkreasi dengan buah2 lain..misal nanas..strawberry..dll yang tak kalah enak dengan apel jika di buat isian pai.

Oke..selamat berkreasi dengan pai ya teman2..^^

25 comments :

  1. aku baru nunggu kiriman loyang pai dari olshop, mb Diah malah udah bikin ulasan tentang pai. Dari sekian banyak pai aku paling suka pai apel dan pie pisang. Dikasih kayumanis bubuk, wuih enak banget. Berasa legit dam wangi menurutku....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rina..kmrn kok tiba2 pgn bikin apel pai..iya Mba..aku juga suka pai apel..sama nanas..kayumanis wajib memang ya mba..dan aku suka pakai gula palem drpd gula pasir..cuma kmrn apelnya terlalu manis..huhu..jadi kurang sipp isinya..nggak ada tendangan rasa asem2nya gt lho mba..:)

      Delete
  2. mbak painya cantik tuh,gmn cara ngebentuk pinggiran pai tu mbak br cantik kyak gtu? Emma,ntb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Emma..cuma di tekan2 pakai garpu Mba..hihi

      Delete
  3. harumnya kok sampai sini ya mbak hehehe

    ReplyDelete
  4. Mbak kapan ya postingan puding busanya..?? Awal bulan nanti soalnya acara 4bulanan anakku, jd pengennya bikin dessert itu.. Suamiku dulu sering beli tp skrg jarang ada yg jual.. Help me.. Hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Johanna..iya Mba..ntar ya..tak buat dulu jika sempat..ini masih ada kerjaan yang harus selesai sebelum Mei..hihi

      Delete
  5. hi mbk diah,,, kalau aq sukanya pai susu mbk,,, atw di papua sini disebut kue lontar,,, khas daerah sini,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Dewi..wah..resep isiannya aslinya gimana itu Mba kue lontar..telur..susu sama gula aja ya..kpn2 pgn coba juga..^^

      Delete
    2. ya emang cuma susu, telur, aja mbak,,, soalnya kata yg bikin " hihihi ketahuan klu belum pernah bikin sndiri" satu resep kue ini pake susu kental manis 2 kaleng mbk,,, kebayang manis bgt kan rasanya,,, kalo maemny kebanyakan malah jadi eneg

      Delete
    3. Wua..dua kaleng..iya..kebayang bgt manisnya itu Mba..hihi

      Delete
    4. besok klu pulang ke jawa tak bawain sampelnya mbk.....hihi sok kenal yo,,, padal rumahe mb diah jg aq gk mudheng,,,, vm sama2 jateng ajah

      Delete
    5. Wah..asyik..mau di bawain sample...hihi..aku di Semarang Mba..:)..nar tukeran sama apple pie buatanku ya..hihi

      Delete
    6. hmmmm ya boleh boleh boleh,,,aq asli boyolala mbk,,,
      eh mbk tahu resep bolang baling/ gembukan yg biasa dijual di pinggir2 jalan itu gk?? kalo ada tlg dishare ya,,, hihihi maaf klu ngrepotin

      Delete
    7. Wah..enak itu bisa makan soto Mbok Giyem ya Mba..klu di Boyolali..:)
      Aku udah pernah sekali coba bikin bolang baling...tapi belum sipp mba..hasilnya..jd lum bisa share..kpn2..klu coba lagi ya..:)

      Delete
  6. Mbak..ditunggu banget resep pienya ya..��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Shyswy..ntar aku buat dulu lagi ya..isiannya biar sippp..:)

      Delete
  7. Sesama penggemar pai nih,Gimana ya mba supaya kulit pai Nya tetep renyah,seperti yg d pasarn,walau d suhu ruang lama? Apa mereka beli pengawetnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau awet renyah pakai telur utuh Mba Octa..bukan hanya kuningnya untuk crustnya..:)

      Delete
  8. Banyk ga mba perlu soalnya kan biaya d resep cuma 1 Atau 2 kutelnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak..cuma satu telur buat satu adonan biasanya Mba..:)

      Delete
  9. Sip.tq 4 share..di Tunggu resepnya tayang NIH mba

    ReplyDelete
  10. Mba bolh tanya lgi,cetakan painya cantik,,ukuran brp? Beda sama yg pasar an saya punya pinggirnya bermotif..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..itu aku pakai alumunium foil kok Mba..yang gepeng..terus pinggirannya di ukir sdr pakai garpu..:D

      Delete