Sunday, April 20, 2014

Ikan Pindang Keranjang Masak Santan


Kalau kelamaan libur nggak ke mana2..tiap pagi jajan sarapan ya bosan juga ya teman2..cuma itu2 saja masakan di sekitar tempat tinggal kita. Nah..cara terbaik biar tidak bosan jajan adalah masak sendiri..dan paling enak..pagi2 ke pasar..beli bahan2 yang masih fresh dan seger. Pamernya kok ke pasar terus ya teman2..hihi. Ya memang..walaupun pasar modern atau supermarket juga deket dari rumah..tapi kalau beli bahan2 lauk dan sayuran aku sich lebih suka ke pasar..karena masih segar dan selalu baru..juga lebih murah. Dan jangan salah lho teman2..para chef2 nge top dari luar pun..kalau aku liat acara2 mereka di tivi..sering banget menceritakan kegiatan mereka berburu bahan segar di pasar sebelum acara masak2nya. Tapi tentu saja pasar tradisional di luar keren2 ya..hihi..bersih2 dan lebih teratur. Pernah liat acara Great Dinner of the world..yang 4 chef muda..kayak Chef Nakamura..dll..masak buat para petinggi terhormat di suatu negarapun..tetep..cari bahan2 utamanya ya ke pasar..hihi. Jadi intinya..para chef2 tersebut juga lebih suka beli bahan makanan segar di pasar..ketimbang beli bahan yang udah frozen di supermarket.

Dan kegiatan minggu pagi ku ya selalu ke pasar pagi2..pertama tujuan pasti cari ke bagian ikan atau udang..negok apa ada tenggiri atau tidak..atau udang yang masih segar dan hidup ada tidak..kalau ada..pasti ku beli. Sampai2..kalau aku baru masuk ujung pasar yang jual ikan2 dan udang tuch..ibu2 penjualnya langsung heboh memanggilku dan melambai2 kan tangan semua ke aku..hihi..*seleb pasar..lol.*..karena mereka nawari udang yang seger2 ke aku..dan hafal bener..karena aku beli dalam jumlah banyak dan nggak pernah nawar..hihi. Aku mikir..kalau udangnya seger2..dan masih hidup..ya..selisih harga seribu dua ribu dari biasanya ya nggak masalah..makanya daku pembeli yang di idolakan dech sama bakul2 udang..hihihi. Aku milih beli udang segar yang masih hidup..karena rasanya lebih gurih dan manis..nggak amis..dan daya simpan di freezer lebih lama..jadi kalau butuh udang segar hampir selalu sudah ada di freezerku.

Dan udang segar tuch kalau di masak..warnanya jadi cantik dan menggoda..kayak gini lho teman2..di buat bakwan jagung aja..udah menggugah selera kan..^^


Ini hasil buruan udang segarku kalau ke pasar..cirinya udangnya masih bening2, aromanya segar nggak amis..kepala dan badan masih utuh nyambung dan kenyal kalau di sentuh..dan masih suka lompat2 di baskomnya kalau di pasar...hihi.


Tapi..kali ini aku nggak posting masakan dari udang ya teman..cuma cerita aja hasil tangkapan udangku di pasar tadi..hihi. Nah tadi juga di pasar laper mata sich..selain beli udang dan bahan lauk lain..cuma liat ikan pindang keranjang bagus2..eh kok ya..di angkut juga ke kantong belanja..ya udah..harus di masak dulu nich..akhirnya pagi2..langsung tak masak pakai santan dan cabe hijau. Enak lho ikan pindang keranjang ini teman2..ndak cuma di sambal atau di oseng..tapi di masak santan juga enak. Cabe boleh cabe hijau atau merah biasa. Bumbunya bumbu iris saja..jadi seger dan ringan. Mau coba..yukk..ke pasar dulu ya..hihi..beli ikan keranjangnya..^^
Ikan Keranjang Masak Santan

Bahan :
6 ekor ikan keranjang
1/2 papan pete, belah dua
600 ml santan
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
5 buah cabai hijau, iris tipis
1 cm kencur, haluskan
1 sendok teh gula merah
1/2 sendok teh kaldu bubuk
Garam secukupnya
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan

Cara membuat :
Goreng ikan keranjang hingga agak kering, supaya tidak hancur ketika di masak santan
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum, masukkan cabai hijau dan kencur, daun salam dan legkuas, aduk rata. Masukkan santan dan bumbu2 lain. Tunggu hingga mendidih, masukkan ikan keranjang goreng dan masak dengan api sedang hingga bumbu meresap. Sajikan hangat dengan nasi putih..Yummy..!

26 comments :

  1. Wenak itu mba, dimakan pakai nasi anget plus sambel

    - Ari -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambah kerupuk jangan lupa Mba Ari,...hihi

      Delete
  2. Hmmmm.....petenya menggoda banget tu, ditambah tahu enak juga kali yo, mb Di? Dijamin ngabisin nasi sak cething. Hah, sarapan koq ngamuk, hehehehe....
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tull Mba Ida...lha tadi suamiku gayanya mau diet..pas aku tawari makan nasi..ntar2 katanya..eh setelah makan sepiring..malah minta nambah nasi dan habis 4 pindangnya..hihi.

      Delete
    2. Wkkkk, kayaknya kalo istrinya pinter masak kayak mb Diah gini, berat bgt tu godaan bertahan dietnya. Masakan dan snacknya uenak2 dan cantik2 tampilannya. Trus menunya jg bervariasi bgt. Aku yg cuman liat gambarnya aja sll kemecer, hehehe... Seneng bgt ketemu blognya piyayi Yk yg tinggal di Smg ini.
      -ida-

      Delete
    3. Hihi...Mba Ida bisa aja..iya Mba..termasuk yang masak nich..jadi susah diet juga..kalau enak..nyicipnya bablas..:)

      Delete
  3. sekarang agak susah mbak ditempatku ikan pindang keranjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gt ya Mak..di sini masih melimpah di pasar..:)

      Delete
  4. Sama mba diah, aq jg paling seneng pergi kepasar dan dulu pernah jd seleb pasar hehehe.....Duh ikan keranjang ini kesukaan saya bangeeet diapain jg enaaaak,duh duh ngiler abis deh jd pengen mudik nih hehehe......btw mba diah punya resep bandeng presto semarang ngga ya, aq mo nyontek nih hehehehe.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sama dong Mba.:)
      Resep bandeng presto Semarang..ada resepnya..tapi belum aku cobain Mba..maklum..udah mblenger duluan tiap hari liat bandeng presto di mana2 di sini..hihi. Mau coba sdr pa?..Ntar ku kasih resepnya..

      Delete
    2. Pastinya blenger lah mba Di ,secara liat tiap hari hehehe.....iya saya penggemar ikan dan pindang2 an gitu. dl suka dikasih sm saudara yg tgl disemarang jg.Sekarang mesti bikin sendiri, karena disni tdk ada.Kalo berkenan ,bolehlah kasih bocoran resepnya mba Di .terimakasih sebelumnya :)

      Delete
    3. Oke mba..ntar ku cariin dulu filenya ya..intinya sich..bandeng di presto..di beri bumbu kunyit, bawang putih, ketumbar dan garam..:)

      Delete
  5. Hai mba Diah~ salam kenal aq Rima, & ini prtama kalinya aq mampir d blog mba.. :)
    Aq asli jogja jg loh mba~ tp jogja paling barat (Kulon Progo) :D
    Critanya aq br lulus kuliah ni, jd smbil daftar2 + nggu panggilan krja, aq ngisi wktu luang dg 'menjajah' dapur. haha
    sok sok belajar gitu deh critanya.. :D
    *malah curhat*
    & sneng bgt nemu blog mba ini, sprtinya smua resepnya praktis & mudah d ikutin,, jd tmbh smagat lg bwt belajar. :D
    Aq br tw mba kalok ikn kranjangan bs dmasak santen, byasanya aq cm d goreng trus dmakan pakek sambal. :D
    bsk kpn2 nyobain yg resep ini ahh~ kyknya enak+gurih gitu..
    eh, udh kpanjangan ni komennya.. :D
    Izin intip resep2nya yaa mba~
    Trm kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Rima..salam kenal juga ya..wah bagus itu,..mengisi waktu luang dgn belajar masak..siapa tau nanti malah kepikiran buka usaha..kan malah menciptakan lapangan kerja..:)..Semangat ya..:)

      Iya..ikan pindang enak di buat masakan macam2 kok..di pepes..di oseng..atau di masak santan juga..met coba ya..:)

      Delete
  6. Mbak aku naksir tempat ikannya itu....hihi mangkuk jadul ya mbak jd inget punya ibu dulu mangkuk blirik2 gitu....sekarang nyari yg seprti itu susah ya mbka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga hasil ngambil punya ibuku di Yogya Mba Diah..hihi..di Johar nggak ada tho Mba ?

      Delete
  7. Ih enak bgt...sejak aku kena darting takut makan ikan pindang lagi.hikshiks...padahal enak bgt....tp boleh ga ya klo darting 140 makan ikan pindang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..masak nggak boleh tho Mba..kan ikan pindang malah sehat ya..di rebus kan prosesnya..hihi..tapi ya kurang tau juga..daku bukan dokter mba..tapi aku berpirnsip..selama nggak berlebihan sich nggak pa2..drpd kepengen tapi di tahan..hihi

      Delete
  8. pakai kencur, berarti mirip-mirip dengan sayur bobor ya, mbak? cuma ini pakai laos juga.. kapan-kapan coba ah.. makasih resepnya, mbak DD.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip mangut juga mba Puji..enak dech..met coba ya..:)

      Delete
  9. Mba Diah, belum pernah aku menemukan udang sesegar itu disini mbak,,,, Cantiiik banget ya udangnya, keliatan banget segeeernya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak di Yogya Mba Tina..juga jarang aku nemu udang seger kayak gini..beda sama di Semarang ini..byk bgt..krn memang di sini byk tambak Mba...:)

      Delete
  10. Kalo di daerahku Cianjur, jawa barat ga ada ikan pindang keranjang mba, itu jenis ikannya apa mba? Kalo disini paling ikan pindang tongkol dan salem dibungkus pake koran yelow pages :D bisa ga mba diganti pake itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..bisa banget..salem atau tongkol juga biasa di buat pindang..:)

      Delete
  11. Kak ikan pindang keranjang itu ikan cue bukan ya?

    ReplyDelete