Saturday, April 26, 2014

Healthy Coconut Oil ( HCO )


Kemaren suami membawa sample minyak kelapa yang bisa buat memasak..yaitu HCO...healthy coconut oil..turunannya dari VCO atau virgin coconut oil. Cara buatnya sich sama aja dengan VCO...cuma yang VCO ini kan yang paling murni dari minyak kelapa dan paling mahal harganya. Produk ini dari umkm binaan suami. Aku jadi teringat minyak kelapa tradisional buatan ibuku dulu. Dulu pas kecil..jaman belum banyak beredar minyak kelapa sawit seperti sekarang ini..ibuku suka bikin sendiri minyak kelapa..karena di rumah kelapa cukup banyak dulu pohon kelapanya. Nah..prosesnya sederhana saja..cukup kelapanya di buat santan kental..terus di panaskan dengan api kecil..sampai keluar blondonya..nah..setelah itu nanti akan keluar minyaknya. Tinggal di pisah minyak dan blondonya..udah jadi dech minyak goreng untuk kebutuhan memasak sehari2. Hasil sampingannya yang berupa blondo itu tadi pun juga enak..bisa di buat sambal blondo..atau cemilan yang bernama *kethak..bisa kethak manis atau gurih *..oh really...I miss those foods..hihi..lama banget ndak makan. Wuaa..jadi rindu rumah..rindu Yogya..rindu makan geplak..makan mie penthil..dll. Kira2 sekarang masih ada yang jual nggak ya kethak itu..hihi..*alah..mau bahas minyak kelapa kok malah ingat kethak dan makanan ndeso lain khas Yogya..lol..*

Saat ini sich produksi minyak kelapa ini bisa lebih mudah dan praktis...ndak perlu di panaskan lama kayak dulu..jadi hasilnya lebih sehat juga. Caranya dengan di endapkan dengan bantuan buah nanas, getah dari pohon pepaya atau dengan ragi yang biasa untuk membuat roti..jadi ya masih alamilah bahan2nya. Jadi harganya relatif lebih mahal dua kali lipat dari minyak kelapa yang proses pembuatannya di panaskan terlebih dahulu. So..bebas kolesterol kali ya..hihi..minyak yang tanpa di panaskan ini. Makanya ada dua macam produk minyak kelapa ini..yang berwarna kuning seperti miyak sawit di sebelah kiri..itu yang di panaskan. Sedang yang di sebelah kanan yang berwarna putih..itu yang versi tanpa pemanasan atau yang setingkat di bawah VCO. Kalau VCO..katanya lebih berkualitas lagi..jadi harganya super mahal. Wis tak cobanya dulu ya teman2..buat masak sebulan besok minyak yang warna putih..siapa tahu aku jadi lebih langsing...hihihi.

Minyak kelapa ini sich katanya menurut penelitian lebih sehat dan berguna buat pengobatan berbagai penyakit..walau belum ada uji klinis sich..tapi aku baca dari sini katanya sich udah teruji oleh salah seorang dokter yang menderita penyakit diabetes. Mau tau lebih lanjut tentang VCO atau HCO..kasiat dan cara membuatnya bisa di klik aja link di atas. Aku belum coba sich produk yang di bawa suami ini..untuk memasak..nanti tak review lagi ya teman2..setelah mencobanya. Oh ya..harganya nggak mahal kok ternyata minyak kelapa murni ini..dan katanya bisa di gunakan untuk menggoreng berkali2 tanpa berubah rasa dan kualitasnya..benarkah begitu ?..Nanti aku uji coba dulu ya teman2..^^

10 comments :

  1. ditunggu uji coba nya mak dyah didi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rahmi...siappp uji coba..hihi

      Delete
  2. jadi pingin beli juga nih. Apalagi pake embel-embel sehat, hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Rina..katanya sich lebih sehat..baru mau coba nich..:)

      Delete
  3. Baru tau kalau buah nanas ikut berpatisipasi di minyak ini, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak..aku baca di blognya Chef Budi Boga..:)

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. mbak ini belinya dimana? hehehe..jd pengen nyobain.. #fitri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum beredar di pasaran Mba..harus ke pengrajinnya langsung..nanti kalau udah masuk spm tak kabari ya..:)

      Delete
  6. Mbk Diah Didi.....aku suka bgt ubeg2 blog mbk nih...inspiratif bgt..hihi. mbk, aku tertarik sama minyak kelapa murni ini...kalau mau mendapatkannya langsung ke pengrajinnya di mana ya mbk? Di daerah semarang kah? Suwun.

    ReplyDelete