Thursday, April 3, 2014

Roti Goreng Isi Ayam


Suatu kali pernah ngobrol sama tetangga..mereka bilang.."Kok bu Diah ini sempat2nya dan rajin bikin roti..kan beli di bakery aja..banyak..murah dan juga tinggal pilih..nggak perlu repot2. Tukang roti keliling juga banyak..kata mereka." Aku sich senyum2 aja..seandainya mereka merasakan enaknya roti hangat homemade yang baru keluar dari oven..atau baru saja di goreng..mungkin akan berpendapat beda ya..hihi. Roti homamade..yang masih hangat dan fresh..rasanya enak banget..nggak bisa di bandingin dengan produk bakery manapun..yang kadang2 bentuknya cantik2..di pajang di etalase mewah..di kemas bagus..namun..kadang udah lama di pajangnya ya..jadi keras..dll..nggak fresh lah pokoknya. Jadi..aku memang sangat selektif memang kalau makan roti2 an..kalau beli di bakery2 gitu kayak nggak ada *jiwa* rasanya..halah..lebay bahasanya..iya beneran lho teman2..menurutku roti2 di bakery itu di buat dengan penuh perhitungan usaha..dengan tambahan bahan2 pengembang yang berlebih..pengempuk berlebih..jadi..kadang keliatan bentuknya cantik2 dan gede2..tapi kalau di makan..kempes dan lengket..nggak bercitarasa roti jadul lagi..hihi. Beda kalau homamade..selain masih anget..terasa dech gigitannya..bener2 makan roti..hihi. 

Jadi..kalau lagi pengen makan roti..aku lebih suka bikin sendiri dech..dan favoritku adalah roti goreng. Entah mengapa memang aku kurang suka roti2 an yang di oven..cepet neg dan bosan aja makannya. Beda..dengan roti goreng..yang nggak mbosenin gitu..karena selain lebih gurih..isinya pun bisa di buat macam2 varian..bisa isi ayam..isi sosis..dll. Saat yang paling enak menikmati roti gorengan adalah ketika baru matang dan masih hangat..rasanya..benar2 yummy...! Kres2 roti goreng bagian luar..di padu dengan lembut dan empuk di bagian dalam..sungguh..suatu paduan rasa yang nggak bakal di dapet dech di bakery2..^^

Untuk membaut roti goreng yang enak..minyak buat menggoreng musti banyak ya teman2..dan api jangan terlalu besar..agar matang sampai ke bagian dalam2nya. Jika nggak mau cepat gosong bagian luarnya..cara terbaik adalah di lapisi tepung panir. Namun jika mau tanpa tepung panir..jangan terlalu banyak ya...pemakaian gulanya teman2..supaya nggak mudah gosong. Adonan roti juga benar2 kalis dan elastis..agar di hasilkan roti goreng yang berserat halus dan empuk serta lembut rasanya. Oke..setuju dengan pendapatku..bahwa roti homemade itu enak..yukk bikin teman2..^^
Roti Goreng Isi Ayam

Bahan isi:
Fillet dada ayam 250 gram
2 lembar daun salam
1 batang serai, ambil putihnya, memarkan
½  sendok teh garam, ½ sendok teh kaldu bubuk rasa ayam ( sesuai selera )
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan gula pasir
150 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus:
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
1/4 sendok teh ketumbar, sangrai 

Cara membuat :
Rebus daging ayam sampai matang. Angkat. Suwir suwir halus.
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam dan serai, ayam suwir, garam, kaldu bubuk, merica, gula dan santan. Masak hingga bumbu meresap dan kering.

Bahan roti :
Tepung terigu protein tinggi 200 gram
Gula pasir 25 gram
Air 100 - 125 ml ( secukupnya sampai adonan kalis )
Susu bubuk 1 sendok makan
Ragi instan 1/2 bungkus
Margarin 25 gram
Garam 1/4 sendok teh
Kuning telur 1 butir

Lapisan :
1 butir putih telur, kocok lepas dengan garpu
Tepung pangko 100 gram

Cara membuat :
Campur terigu, gula, susu bubuk, ragi instan, masukkan kuning telur, dan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis. Masukkan margarin dan garam , uleni kembali hingga elastis. Diamkan adonan selama 45 menit hingga mengembang dua kali lipat.
Kempiskan adonan untuk membuang gas, potong adonan 50 gram, bulatkan dan diamkan kembali 15 menit.
Pipihkan adonan, isi dengan bahan isian secukupnya, bentuk sesuai selera. Celup ke putih telur, gulingkan ke tepung panir. Diamkan 10 menit, lalu goreng di minyak banyak dan terendam hingga matang.

70 comments :

  1. Salam kenal mba diah, roti goreng nya mantab bgt..oh ya mau dong resep kue dadar gulung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba,,salam kenal juga..mksh..:)
      Resep dadar gulung banyak..liat di sini ya pilih sdr : http://www.diahdidi.com/search?q=dadar+gulung&x=17&y=27

      Delete
    2. Dah dapet mba dadargulungnya..makasihnya. Kemaren udah bikin sih tp brasa terigu bgt, jebule emang kebanyakan. Resep mbaDD cuma 100gr, kalo aku 250gr hehe..

      Delete
    3. Hehe2..kayak bakwan dong mba..terigunya bnyk..:)

      Delete
  2. Belajar bikin adonan kue dulu, hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Astin..ayukk semangat..biar bisa maem roti anget2..hihi

      Delete
  3. Mba kl isi sosis, ga diolah lg kan ya? Langsung di isiin aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..tapi biarin suhu ruang dulu ya..jgn langsung dr freezer..:)

      Delete
  4. Betul mbak...dan ada kepuasan sendiri lho kalo kita masak dan masakan kita disukai sama anak dan suami,,,rasanya gmana gitu...(bangga, seneng) jadi pengen masakin terus malah...hehe. Banyak lho resep mbak DD yg udah aku coba dan hampir semuanya berhasil dan enak dan anakku jg suka...kayak resep leker jadul itu mbak anakku sekarang sdh gak mau beli lg di abang2 dpn sekolahnya katanya kalo pengen leker nunggu mama aja enak buatan mama...hihi (muji sendiri gpp ya mbak)...makasih ya mbak untuk resep2nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yappp tul Mba Diah..capek2 semua hilang ya Mba..terbayar liat wajah anak2 dan suami happy pas masak masakan kita..:)
      Ayo di bikinin lagi tho Mba lekernya..:D

      Delete
  5. Mbak ku sayaaang, apa kabar..? Tolong smsin no mbak, soalnya hp aku rusak jd contact ilang semua.. Aku mau nanya2 tentang ayam goreng lengkuas ^^ hihii..

    ReplyDelete
  6. mbak diah apa kabar?? aku juga mau donk mbak nomor hpnya mbak diah...hehehe, boleh ndak mbak? kalo boleh di inbox di fb ya mbak...makasih mbak diah ^_^

    oiya mbak aku kemarin kirim komen di pia versi renyah...tapi belum mbak diah bales...lagi nunggu balesan mbak diah soalnya penasaran mbak...soalnya bikinnya setengah sukses :D...makasih mbak diah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Lupna...ok..ntar ku inbox ya mba..:)
      oh ya Mba.aduch maaf ya..keselip komennya,..hihi..kmrn tuch byk banget komen jadi mungkin aku nggak liat..oke tak carinya ya..di pia coklat ya..:)

      Delete
  7. Setuju banget mbak diah,,hasil karya sendiri lebih fresh n heginis..usaha menguleni adonan smp jadi terhidang sangat dinanti2 sm anak2,,dah heboh deh klo mereka tahu mamanya mau bikin roti,,dah jarang tuh beli2 roti kemasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp Mba Rima..apalagi kalau anaknya suka ngemil ya Mba..tambah semangat lagi..aku yang Yodha angin2 an ngemilnya aja..tetep semangat bikin cemilan di rumah..:)

      Delete
  8. Mbak, resep ini jadinya berapa banyak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gede2 kayak di foto itu ya jadi 10 lebih kmrn Mba..:)

      Delete
  9. ini calon praktek di dapur selanjutnya..makasih mak ..izinkan saya nyontek terus resepnya ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Ana...sippp met coba ya..:)

      Delete
  10. Betul banget mba Diah buat sendiri selain rasanya lebih enak,higienis,bahan pilihan,tanpa tambahan aneh2 ya mba,sejak bisa buat apa aja sendiri klo beli jadi aneh rasanya enakn homemade ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba Ika..kalau udah biasa bikin cemilan sendiri di rumah..kalau beli tuch jadi biasa aj ya Mba..rasanya..karena lebih enak jelas bikin sendiri di rumah..bahan2 juga berkualitas..ndak di eman2..kayak kalau mau yang di jual orang2..:)

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. setujuuuu banggetzzz mbak diah, roti homemade lebih aman dikonsumsi karena gak pake bahan pengawet, pewangi, dan pengempuk yang seperti dijual di bakery2..karena bahan2 tambahan seperti itu memperberat kerja ginjal terutama buat anak2..kan kasian anak2 kita kasih makanan yg nanti ngefeknya waktu dia dewasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik...ada teman lagi yang sependapat..dan yang jelas..seru ya Mba Luvi..bikin roti...bisa sambil main sama nak2 juga..dan hasilnya kalau berhasil dan di sukai keluarga..wah hilang capek2nya dech ya..:)

      Delete
  13. bentul banget mbk...,sejak aq suka buat kue sama roti2an sekarang jarang banget beli di luaran. bapak aq malah suka request minta dibikinin roti, entah roti tawar lah roti manis lah ato apa aja. walau secara tampilan mungkin kalah jauh sama keluaran bakery tapi untuk rasa berani diadu lho mbk. hehehe pede abis yak.... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasa yang enak..lebih mengena di lidah dan hati ya Mba..daripada cuma penampilan yang bagus..tapi habis di gigit..kuciwa rasanya..hihi.
      Justru keunikan homemade food kan gitu Mba..aku sering liat chef2 di AFC tuch kalau menbentuk kue dll..ya seenaknya aja..itulah homamade..kata mereka..nggak harus selalu rapi dan seragam..:)

      Delete
  14. Ya mba zat aditive tambahan memperberat kerja ginjal kita kasihan,pernah dulu ada bakery lumayan enak,begitu lihat pembuatannya pakai telur retak jadi worry,karena telur cepat sekali perkembangbiakan bakterinya apabila udah terbuka,terus ada ibu temen anakku di warung ada nitip roti sebulan gak jamuran itu dikasih bahan apa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya..telur retak..apalagi ndak di cuci dulu..hiiii..jadi il feel ya Mba..:)..
      Itu pake pengawet kali mba..hihi..masak ya sebulan masih tahan ya..hebat dech..:)

      Delete
  15. Salam kenal mb diah ,namaku fifi .new comer nih .mau tny itu mrgarine x pake dicairkan dulu apa ndak ya mba ?.suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Fifi...salam kenal juga ya..:)
      Nggak perlu Mba..langsung di ampur di adonan aja..kayak bikin donat..:)

      Delete
    2. Iya mba..td malem habis magrib aku lgsg nyoba bikin.penuh perjuangan pas menguleni adonan yang rotiny mba,kykny aku kebanyakan air,jadiny aku tambah2 tepungny gitu ampe kalis,trus margarin ny gak aku timbang mba,cm kira 2 aja,aku pake 2 sdm .nah sambil nunggu adonan mengembang aku bikin isiannya mba,setelah matang ,adonan juga udah ngembang ,trus aku tinggal tidur mba berhubung udah malam Dan semangat juga udah mengendur krn udh ngntk he.he.akhirny pagi2 aku lanjutkan mbk prosesny menipiskan adonan trus diisi Dan digoreng( emang niatny sih bua t kudapan temen minum teh anget pagi hari mba he.he ). Stlh matang adonan hasilny kok kurang sip mba,rasanya agak kecut dan pahit mb :-(.apa karena tll lama Di rest kan ya mba mb adonanx?oh ya aku juga ga pake susu bubuk mb karna pas ga punya dirumah. Mohon pencerahanny mb diah he.he

      Delete
    3. Mba..lain kali kalau baru pertama bikin roti2 an gini..ikuti resep dengan seksama ya..baik takaran atau prosesnya..^^

      Lha..jelas pahit dan kecut tho Mba..adonan roti itu nggak boleh over waktu fermentasinya...kan di resep cuma 45 menit dan 15 menit fermentasi keduanya....telat satu jam dari waktu yang tertulis di resep aja..udah nggak enak..apalagi semalam..wuaaa..udah dech ..kalau aku jadi adonan roti tuch..udah nangis guling2..di cuekin semalaman...:D

      Delete
    4. He.he.ya mba..practice make perfect ,he.he next aku coba lagi mb.thx ya.oia aku suka bgt blog ini mb ...jadi referensi aku buat belajar memasak....

      Delete
    5. Iya Mba..tapi harus di perhatikan bener ya...aturan dasar bikin roti2 an..:)..supaya nggak kecewa hasilnya..dan waktu pun juga di manage..soalnya prosesnya kan perlu waktu lama..jadi lebih baik ya di buat di siang hari..:)

      Delete
  16. MBA,,,,klo ragi nya diganti fermipan apa nda pengaruhi hasilnya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba..aku biasa pake itu juga..:)

      Delete
  17. Mba DD ... Salam kenal, mau tanya klo adonan roti nya tdk digoreng langsung bisa gak? sbaiknya dmasukkan kulkas ya? misal nya selesai buat adonan siang trus baru digoreng nya mlm. Maaf ya mba byk tanya, maklum msh belajar niy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau adonan yang pakai ragi agak banyak begini lebih baik langsung di goreng Mba..kalau yang masuk kulkas boleh itu adonan yang raginya dikit..jadi proses fermentasinya perlu lama..:)

      Delete
  18. Mba diah..aq suka bgt ama adonannya roti Goreng ini. Aq udh buat 4 kali adonan dalam waktu kurleb seminggu hihi saking seneng nya. Terakhir aq buat juga versi kukus.jadi kaya pau gitu. Isinya abon tuna empuk dan enak. Makasih resepnya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..manteb Mba..hihi..iya..bisa di buat isinya sesuai selera..biar ndak bosan..eh..di kukus juga enak ya..malah belum pernah coba aku. Aku kalau bikin bakpao..ndak pake margarin mba..pakai mentega putih..jadi warnanya bisa cantik putih..:)

      Delete
  19. Hihi iya mba,jd pau krem kemaren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai mentega putih Mba..jadi cantik ntar paonya..:)

      Delete
  20. Mbak, isiannya bisa tahan berapa lama? Pgn nyoba bikin buat dijual....hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Yunita..wah paling cuma dua hari Mba..kalau isian gurih gini..:)

      Delete
  21. Klo adonannya bisa tahan empuk brp hari? Oia mbak, klo tepung premix donat itu udah campur2 ya mbak, ada pengempuk nya jg ya? Sharing dong mbak, kali aja mbak diah tau....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung merknya mba Yunita..aku pernah beli sich di tbk t4 ku..biasa aja rasanya..hihi

      Delete
  22. Klo santan nya di skip bisa lbh awet kali ya mbak?

    ReplyDelete
  23. Mbak, barusan praktekin resep ini.... hasilnya roti mlethak ketika digoreng, isinya mawut mawut...bhs indo nya apa ya? Hehe.... gagal deh. Gmn si biar adonan nggak mlethak.... #nangis guling guling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kurang ngunci kulit adonannya pas di isi mba..jadi habis di isi, di tutup rapat2 ya adonannya..cubit2 jika perlu hingga menyatu sambungannya..:)

      Delete
  24. Udah tak cubit mbak,....kurang keras kali nyubitnya ya...? Hahaha......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mungkin..hihi. Harusnya..kalau udah di cubit2..jika adonannya ngembang nanti kan jadi menyatu Mba sambungannya...:)

      Delete
  25. Keliatannya sdh menyatu mbak.....tp ttp mlethak.... resep soto semarang ada mbak? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya nggorengnya berarti Mba..apinya jangan terlalu besar..Kalau aku bikin ya kayak di foto itu hasilnya..:D

      Di search aja mba di pojok kanan atas..macam2 soto ada..:)

      Delete
  26. Mb Diah ni weni. Tepung pangko itu apa yah? Apa bisa diganti dengan yang lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat di sini ya Mba..ada fotonya : http://www.diahdidi.com/2013/11/tepung-panir.html

      Delete
  27. Waduh tulisan link-nya pucet g bs dibuka mb. Tp mungkin itu tpung panir y. Makasih mb Diah :)

    ReplyDelete
  28. Mba Diah, air yg digunakan air es atau air hangat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air es boleh..hangat boleh Mba..:)

      Delete
  29. Laporan mb...Dah nyoba bikin roti dg resep di atas hanya q oven bukan digoreng. Dah jadi, mateng dlm nya tapi kok ndak seperti roti pada umumnya. Penampilannya pucet ndak coklat, jadi bkn seperti roti...hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya memang ada resepnya sendiri2 mba..donat oven sama yang di goreng..jadi jika di tuker2 ya beda hasil ya. Kalau di goreng itu kan pemanasan maksimal karena bersentuhan dengan panas minyak langsung jadi hasilnya pasti beda jk di oven..:)

      Delete
  30. I love all your recipe mba.. dimata suami ky jago masak...

    ReplyDelete
  31. slm knal mb diah..q putrii...br bljr bkin rotii dll...mau tanya nii mbak..supaya adonannya elastis tu gmn y mb??kok tiap q bkin jdnya robek trz y kl ditarik...g bs melar gt...mhn bantuannyaa...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di uleni sampai lama mba..sambil di banting2...:)

      Delete
  32. Mba,kalo mau dibikin frozen baiknya di goreng dulu atau setelag isi langsunf masuk kulkas?

    ReplyDelete
  33. mbak diah didi.. roti goreng nya ak ud cb.. and wktu t ak ga ada susu bubuk jd ak ganti susu low fat aja sebagai pengganti air jg gt.. tp kok adonan nya lengket ya? jd susah d bentuk n di isi.. pas d goreng hasilnya oke mbak.. rasa nya jg pas.. ud kek yg d jual.. knp y adonan nya bs lengket? thanks

    ReplyDelete
  34. mbak diah.....thanks banget resep rotinya. jadi makin kliatan syuper aku kl di dapur . beberapa resep mbk diah udh berhasil menambah poin buat makin disayang suami n anak2 hihihi...yg ini pas banget buat bekal si kecil yg suka ngemil dan dia paling bangga kalo bawa bekal handmade emaknya.

    ReplyDelete