Tuesday, April 15, 2014

Membuat Garnish Mawar Dari Tomat


Garnish buat penampilan masakan di penyajian sehari2 di rumah..memang nggak terlalu kita perhatikan ya teman2. Kadang2 yang penting makanannya enak..pasti habis di makan keluarga. Tapi..sesekali dech coba menghias presentasi makanan di meja makan..walau nggak ada acara khusus. Sekedar dengan garnish sederhana dari sayur dan buah2 yang bisa di makan..tentu akan menambah minat dan selera warga di rumah ketika makan ya teman2. Apalagi buat presentasi foto..makanan tanpa garnish kadang garing..hihi. Tapi aku sendiri ya kalau pas ada aja..bikin garnish..misal yang simple2 dari tomat..cabe..dll. kadang2 malah suka asal comot aja..pakai daun2 an yang ada di taman belakang..lumayan bisa buat ijo2 di masakan..karena ya nggak selalu sedia sayuran buat garnish. Dulu sich kadang rajin beli daun peterseli buat hiasan..tapi lama2 kok sayang juga..beli mahal2..tapi cuma buat garnish, karena memang ndak doyan..soalnya aneh rasanya..hihi..dan paling2 tahan berapa hari aja..ya udah..seadanya saja garnishnya..yang penting makanannya nggak kesepian..hihi.


Garnish makanan simple yang sering aku buat adalah mawar dari tomat atau bunga dari cabe. Udah bisa belum teman2..cara bikinnya..? Kalau belum..baiklah..aku kasih tips cara bikin mawar dari tomat ya. Pertama pilih tomat yang dagingnya tebal..tomat buah yang buat jus itu lho biasanya..tapi pilih yang ukuran kecil2 aja ya dan warnanya merah menyala..supaya mawarnya cantik cantik juga. Selanjutnya siapkan pisau kecil..kalau nggak ada cutter nggak apa2. Buat sayatan melingkar pada kulit buah tomat dari arah atas, memutar ke arah bawah denga jarak mau sebesar apa kelopak mawarnya..sesuai selera aja, tapi jangan sampai tembus ke bagian isinya ya..di sayat aja. Selanjutnya, buka sayatan itu dengan pisau kecil..agar tidak rusak pola sayatannya. Buka hati2 dengan pisau sampai terbentuk lembaran kulit tomat tipis panjang. Selanjutnya tinggal di balik dech..dan di susun melingkar mengikuti arah sayatan kulit tomat tadi..dan jadilah bunga mawar tomat yang cantik..siap buat menghias..nasi goreng dan masakan lain. Terutama masakan yang berwarna gelap..jadi lebih hidup..kalau di beri sedikit garnih dari tomat seperti ini ya teman2.

Oke..semoga jelas ya..kalau belum jelas..ya ntar aku fotoin ya step by stepnya..^^

10 comments :

  1. Mba Di, maaf .... Message saya di FB kok ga dijwb ya. :(. Saya nanya soal Cenil. (Lina)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Lina..maaf..aku udah 2 mingguan ini nggak sempat buka fb..ntar ya klu aku udah sempat buka..aku jawab ya..atau kalau tanya2 di sini aja Mba..lebih cepet jawabnya..krn tiap hari update blog..:)

      Delete
  2. Saya ga punya gmail soale. Kan Mba bilank sbisa mungkin kirimnya pake gmail. :d. Ok gpp Mba, kalo blum sempat. Nanti klo dah sempat, tlg dibalas ya. :). Makasih seblumnya , Lina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..aku udah buka fb..kok nggak ada ya inboxnya.coba komen di resep cenil aja ya Mba..biar jelas..:)

      Delete
  3. Ihhh mba Diah aku masih g bisa2 tuh bikin tomat kaya gitu, malah kadang kalau dah buru2 mau foto sebelum diserbu g sempat garnish2an, langsung jepret aja walaupun kadang terlihat kurang ceria jadinya hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Tina..memang harus cepat2 motret makanan..klu nggak keburu dingin pas kita makan. Aku biasa siap2 in garnish sebelum masak Mba..jadi pas mateng tggl tempel sana sini..:)

      Delete
  4. cantik ya mbak, dari tomat bis jadi mawar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak..hiasan mur mer tapi cantik..:)

      Delete
  5. Saya jadi ingat pas agustusan, pasi buat tomat mawar buat lomba tumpeng. . .Hiihhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul Mba Idah..seru ya buat tumpeng rame2..klu 17 an..:)

      Delete