Sunday, April 27, 2014

Kue Lumpur Kentang


Kemaren pengen kue lumpur kentang klasik..yang jadul gitu rasanya..dan bentuknya..jadilah bongkar2 gudang cari cetakan kue lumpur jadul yang dari alumunium..tapi ternyata..karena lama nggak di pake..jadi agak berjamur. Udah susah payah ku bersihin..eh pas di pake..hasilnya tetep lengket...yo wis..balik maning ke sncak maker double pan..yang lebih mudah, cepat dan praktis buat bikin kue lumpur ndak pake acar lengket2..hihi..cuma ya itu..bentuknya jadi nggak jadul..karena jadi tipis dan lebar2..hihi. Ndak pa2 dech..yang penting rasanya enak dan lembut...kentangnya terasa banget.

Aku bikin versi yang praktis saja..semua bahan di campur..kan banyak juga resep kue lumpur yang bikinnya kayak bikin sus di masak dulu adonannya..aku malah kurang suka itu. Yang ini praktis dan cepat saja bikinnya..adonan di blender biar halus kentangnya. Tinggal di cetak bentar di snack maker double pan..mateng dech..^^
Kue Lumpur Kentang

Bahan :
150 gram tepung terigu protein sedang.
100 gram gula pasir ( kalau mau lebih manis tambahin sendiri ya )
250 gram kentang, kukus, haluskan selagi panas dengan garpu.
1 sachet susu bubuk 
1 sachet vanili bubuk atau vanilla cair secukupnya ( optional )
100 gram margarin, cairkan
2 butir telur
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara membuat :
Blender semua bahan hingga jadi adonan kecuali margarin cair hingga halus, masukkan margarin, aduk rata.
Panaskan cetakan kue lumpur, olesi dengan sedikit margarin tipis, tuang adonan setinggi 3/4 cetakan, lalu panggang hingga matang. Taburi kismis ketika hampir matang. Sajikan.

19 comments :

  1. duh,enaknyaaa....kue lumpur itu emang enak banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp.. tul Mak Hanna..enak dan lembut ya..:)

      Delete
  2. Mbak Diah, bolehkah dishare bentuk cetakan untuk kue lumpurnya. Kalo bahan kue lumpurnya tidak pakai vanilla apakah akan mengurangi rasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat di sini ya Mba..cetakannya ..biar lebih wangi aja sich Mba..vanili atau vanila..:) http://www.diahdidi.com/2013/06/sanck-maker-double-panalat-efektif-buat.html?showComment=1398574966910#c7542504689677688439

      Delete
  3. Duuuh enaknya,,, aku kapan2 mau coba ini mbak, tapi harus cari cetakannya dulu ya,,, yang praktis2 saya pasti sukaa laaa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba,...musti pakai cetakan kue lumpur..atau coba di oven mba..pakai cetakan muffin..sap atau bisa..hihi

      Delete
  4. Replies
    1. Hihi..salah tulis Mba..udah ku benerin..ml aja..:)

      Delete
  5. Mbak Diah...adonannya ini emang d blender ya?? bukan d mixer ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..di blender biar lebih cepat dan kentangnya halus..tapi kalau mau di mixer ya ndak masalah..hasil akhir sama aja,,:)

      Delete
  6. Mba 1 sachet susu bubuk brp gram. Ditempatku ga ada yg sachet. ---lian---

    ReplyDelete
  7. Wah enak sekali kue ini mbak. Saya pengen coba bikin, lama memanggangnya berapa lama ya Mbak Diah? Pakai api sedang ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..pakai api sedang aja hingga matang ya..tergantung jenis cetakan yang di pakai sich mba..kalau lama waktunya..:)

      Delete
  8. Mba didi enak banget kuenya ak dah coba trims ya sharing resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba..syukurlah jika sesuai selera ya..:)

      Delete
  9. mba diah , kue lumpurnya, santannya di ganti susu cair bisa.thanks

    ReplyDelete
  10. Mbak diah, kalo pake tepung kentang bisakah?gmn takarannya?

    ReplyDelete
  11. Mbak Diah, bagaimana beda texture adonan yang di masak dulu ( spt buat kue sus), dengan yang tidak. Terima kasih untuk penjelasannya.

    ReplyDelete