Monday, April 28, 2014

Semlo, Dessert Khas Keraton Yogya


Masih..lanjut bikin menu2 khas dari Kraton / Keraton Yogya..soalnya aku lagi seneng banget mempelajari menu2 unik dan langka dari kraton ini. Setelah tadi mencoba membuat menu masakan khas Kraton Daging Lombok Kethok yang yummy rasanya..nah..kali ini pas kebetulan aku punya stock pisang di rumah..jadi aku buat dessertnya, yaitu Es Semlo..salah satu dessert favorit Sultan HB IX. Nah kali ini resepnya otentik..dari Buku Warisan Kuliner Keraton Yogyakarta..yang di tulis oleh BRAy Nuraida Joyokusumo..yang juga pemilik Restoran Gadri resto yang memang menyajikan menu2 khas Kraton Yogya.. dari yang aku baca sich.

Suka aja mencoba menu2 baru yang eksotis ini..apalagi belum banyak yang mencoba dan mengulas resepnya di internet..beberapa referensi yang aku baca..biasanya hanya mencoba menu2 unik ini di dua resto terkenal di Yogya tersebut, yaitu Bale Raos dan Gadri Resto. Dan karena belum kesampaian ke sana..ya sudah ..coba dulu di rumah..nanti pas pulang ke Yogya..baru nyobain aslinya di sana..dan mbandingin sama yang udah ku buat..hihi. Biasa..daripada penasaran..lebih baik coba buat dulu. Resep yang aku tulis ini asli dari buku yang aku sebut di atas ya..cuma aku sesuaikan selera ku jumlah gulanya..karena ku pikir terlalu manis kalau gulanya sesuai di resep. Dan ternyata benar dugaanku..aku cuma pakai 100 gram saja sudah cukup manis ..pas sesuai seleraku.

Menu khas Kraton es Semlo ini merupakan menu punutup favorit Sultan HB IX katanya. Ini merupakan es semacam setup pisang, tapi memakai gula pasir, bukan gula jawa..dan di beri warna merah..jadi lebih menarik warnanya. Minuman ini enak paling enak di sajikan dingin. Rasanya seger banget dech..apalagi ada tambahan jeruk nipis juga selain rempah2. Kalau di resep aslinya asem jawa..tapi aku pernah baca juga ulasannya di salah satu resto katanya pakai jeruk nipis..jadi aku pilih pakai jeruk nipis aja..dan memang lebih segar rasanya. Oke.mau coba teman2..menu eksotis dari Kraton Yogya ini..yukk simak resepnya ya..aku tuliskan dari Buku Warisan Kuliner Keraton Yogya yang di tulsi oleh BRAy Nuraida Joyokusumo...dengan sedikit modifikasi aku sendiri.

Semlo.

Bahan :
1 sisir pisang kepok matang
750 air
500 gram gula pasir ( Aku cuma pakai 100 gram..hihi..jauh banget ya..tapi udah manis lho..)
1 lembar daun pandan
5 butir cengkeh
Kayu manis secukupnya ( Aku 1 batang )
2 ruas jari asem ( Aku 1 1/2 sendok perasan air jeruk nipis )
Pewarna makanan merah tua secukupnya
Garam 1/4 sendok teh ( tambahanku sendiri )

Cara membuat :
Rebus air, gula, garam cengkih, kayu manis dan daun pandan hingga gula larut, masukkan pisang dan pewarna merah secukupnya. Terakhir masukkan air jeruk nipis. Koreksi rasa. Sajikan dingin lebih nikmat.


12 comments :

  1. Mbak Didi bikin aku kangen sama Yogya deh....hehe dulu aku sering banget ke Yogya karena eyangku tinggal di Yogya mbak di daerah baciro baru belakang pabrik cerutu tarumartani....tp karena eyang sdh gak ada jadi jarang ke Yogya lagi hiks hiks....nah sekarang aku baru tahu mbak kenapa dulu ibuku kalo bikin setup pisang pakenya gula pasir aku jg taunya bikin setup pake gula pasir setelah tinggal di semarang heran ya kok disini setup pisangnya pake gula merah...hehehe tapi dua-duanya enak kok.....sipp deh mbak aku cobain yaa soalnya aku blm pernah bikin kalo dikasih jeruk nipis jadi penasaran pasti rasanya seger banget yaa mbak..bisa buat stok resep menu buka puasa nih mbak...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk Mba Diah..jalan2 ke Yogya..:)
      Iya..di sini pakai gula merah ya Mba..kalau bikin setup.
      Bener..seger banegt Mba..di kasih jeruk nipis ternyata..dan tepat sekali..cocok buat menu pembuka buka puasa..hihi

      Delete
  2. aku pernah makan ini di semarang, kalau disini belum perna mbak

    ReplyDelete
  3. Benar2 kangen sama setup ini, ingat nenek soalnya. Dirumah beliau di kulkas selalu ada setup pisang ini, kadang2 ditambahin kolang kaling atau nata de coco.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..ide bagus itu tambah nata de coco..kpn2 tak coba nya Mba..mksh infonya..:)

      Delete
    2. Siip...ditunggu postingan-nya ya

      Delete
  4. Mbak Diah, saya izin nyontek resepnya dan tulis di blog saya ya. Maaf udah buat baru izin. Terima kasih inspirasinya ya mbak.
    Ini postingan semlo di blog saya http://www.catatan-nina.blogspot.com/2014/04/monthly-event-pi-33-semlo.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Nina..sama2 Mba..seneng bisa berbagi inspirasi..dan sudah ke TKP juga..sippp foto2nya bagus..:)..Sy sering ngintip blog Mba juga lho..:)

      Delete
  5. Mbak Di matursuwun lho resep desertnya dan sekarang waktunya bikin "Semlo"...mumpung dapet lagi pisang kepok sesisir dan kemaren "Wedang Gedang" pas sudah habis. Asli sueger lho mbak dua2anya. Yang namanya wedang gedang ternyata semakin lama di kulkas semakin sueger...rempah2 dan gulanya meresap di pisang tapi lucu suamiku gak suka pisangnya, kalau kuahnya katanya enak seger.... apalagi menjelang puasa nih mbak Di, aku mau nyetok setup di kulkas deh apalagi aku kurang suka yang bersantan seperti kolak dan dawet...cepet kenyang...hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..memang seger kok air setup gini ya..aku jug asuka..apalagi yang pakai jeruk nipis itu seger banget..:)

      Delete
  6. Mbak Diah, punya bukunya ya? Boleh saya minta tolong di copy dan dikirim ke saya? Tentu saya ganti biasanya. Terima kasih sebelumnya. Magda 0811 19 33 77

    ReplyDelete