Thursday, April 10, 2014

Onde Onde Pandan Kumbu Kacang Tolo


Lagi pengen onde2 kemaren..tapi pengen onde2 yang beda..jadilah bikin onde2 pandan..plus isinya juga beda..pakai kumbu kacang tolo. Enak sekali rasanya kumbu kacang tolo ini teman2..nggak kalah lho rasanya dengan kumbu kacang hijau. Daku lagi suka sama kumbu kacang tolo ini..gara2 pernah beli onde2 di pasar..isinya kumbu kacang tolo ini..kok enak banget..legit dan lebih enak dari kumbu kacang merah yang besar2 itu..jadinya ketagihan dech..sering bikin sendiri di rumah...rasa kumbu kacang tolo ini memang sangat legit dan terasa ndeso gitu..hihi. Suami yang biasanya kurang suka kacang merah..ketika aku ganti kumbu kacang tolo ini..jadi suka lho.

Kacang tolo..memang tidak sepopuler kacang kedelai atau kacang merah ya teman2..karena biasanya yang banyak olahan kacang tholo itu ya di Jawa..misal di masak sayur sambel goreng atau di bumbu brongkos..atau di olah jadi kayak bothok dengan kelapa muda..di buat lentho singkong...itu juga enak banget. Memang aku dari kecil terbiasa makan kacang tolo sich..karena ibuku serig masak di rumah..jadi aneka masakan...jadi sampai sekarangopun sangat suka kacang tolo ini.

Buat teman2 yang jarang ngolah kacang tolo..atau belum tau apa itu kacang tolo..ini aku kasih info sedikit ya tentang kacang tolo ini. Kacang  tolo di sebut juga kacang tunggak adalah sejenis tanaman polong muda dan bijinya biasa di sayur sambel goreng atau di brongkos. Tumbuhan ini relatif tahan kering dan biasa ditanam di pekarangan. Daun mudanya biasa di buat sayur juga. Kacang tolo..ini jenis tumbuhannya mirip sama kacang panjang, tapi beda spesies.
Kacang tunggak banyak variasi bentuknya. Di Jawa kacang ini dikenal dengan beberapa nama seperti kacang dadap, kacang landes, kacang tunggak, dan juga kacang otok serta kacang tolo.
Onde Onde Kacang Merah

Bahan isi:
100 gram kacang tolo, di rebus sampai empuk
100 ml santan sedang kentalnya
50 gram gula pasir , disisir halus
1/4 sendok teh garam
1 lembar daun pandan 
Cara membuat isi :
Blender kasar kacang tolo dan santan. Masukkan gula, garam, dan daun pandan. Masak sampai kalis. Angkat. Bentuk bola-bola. Sisihkan.
Bahan kulit :
250 gram tepung ketan
50 gram kentang kukus,haluskan
50 gram gula pasir halus
½ sdk teh garam
175 ml air hangat ( secukupnya )
100 gram wijen
Pasta pandan secukupnya ( aku asal nuang kemaren..rada kebanyakan..hihi..jadi ijonya genjreng )

Cara membuat :
Campur tepung ketan, kentang, gula pasir, dan garam, aduk rata.
Tuang air hangat sedikit demi sedikit, sambil di uleni sampai kalis dan licin
Ambil adonan kulit, kurang lebih 20 gram, bulatkan, pipihkan lalu isi dengan adonan isi. Gulingkan di wijen.
Goreng hingga matang dan kecoklatan.

15 comments :

  1. mbak diah,,bentuk onde2nya bulet mulus iih..gmn cara ngbentuknya mbk?
    minyaknya harus banyak ya mbk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Rima..di bulat2 biasa Mba..pakai tangan. Sebelumnya adonan di bentuk bulat dulu..terus di pipihkan, lalu di beri isian yang sudah di bulat2 juga..jadi lebih mudah, pas goreng..iya..pakai minyak banyak dan api kecil..tapi minyak udah di panasin dulu, di goreng sambil sesekali di putar2 biar bentuknya tetep bulat cantik dan rata matengnya. Udah..gt aja Mba..di goreg hingga mengapung..:)

      Delete
  2. Saya juga suka kc tolo mba kadang dikirimin dr kampung klo lagi kangen berat, jadi aku nyicip pny mba didi aja ya onde-ondenya

    Ari - Batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba Ari...di sini murah banget kacang tolo..mungkin karena orang make sebatas di buat sayur Mba..:)

      Delete
  3. mba didi, mau nanya nih... gimana sih cara menggoreng onde2 supaya minyaknya gak nempel kebanyakan di onde2nya?? pas habis ngegoreng, onde2na aku tiriskan dulu di tirisan besi kaya kawat, gak tau namanya apa, hihihi.. habis itu ditiriskan di tissue, yaa ampunnnn minyaknya bikin ngeri mbak... pernah dikasi ma tetangga jg gitu... kecuali waktu beli, mgkin krn pake minyak padat ato alat untuk mengurangi minyak pada hasil gorengan.. -ita-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ita..aku di goreng biasa aja Mba..dan hasilnya kayak di atas itu tuch..jarang berminyak banget..:)..mungkin belum matang benar sudah di angkat ya Mba nggorengnya ?.
      Aku gorengnya pakai minyak banyak dan api kecil..tapi minyak udah di panasin dulu, di goreng sambil sesekali di putar2 biar bentuknya tetep bulat cantik dan rata matengnya. Udah..gt aja Mba..di goreng hingga mengapung..:)

      Delete
    2. jadi musti digoreng sampe luarnya keras dan kres kres yaa Mba Didi? aku gorengnya cuma smpe terapung dan asal tepungnya matang aja, soalnya mau onde2 yang kulitnya kenyal2, hehe.. tapi mungkin itu yaa makanya onde2nya mandi minyak, hahah... minyaknya juga gak aku panasin sebelumnya.. haduuhhh... ^^

      Delete
    3. Iya Mba..gorengan..kalau belum kerig kan cenderung nyerap minyak..kalau mau masih basah dan kenyal..di buat onde2 rebus saja mba..lebih sehat kan..:)

      Delete
  4. mbak daku hbis coba resep ini,,, isinya kuganti kacang ijo tapi,,, stengah resep aja udah jadi 10 biji,,,, uji coba beberapa resep kuenya mbak diah buat acara ultah anakku bulan depan,,,,, hihihi,,, resepnya bagus bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Dewi..wah iya..lebih enak bikin sdr buat ultah anak..ekonomis dan tentunya lebih sesuai selera ya Mba..:)

      Delete
  5. salam kenal mb :-D
    sya annisa dari palembang..
    mau minta izin copy resep nya mb boleh gk ? bt saya post di instagram Resepdapur tar sya sertain sumber nya ke link blog ny mb :-D boleh gk mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resepnya aja tho Mba Annisa..silahkan di coba ya..dan di posting di blog atau di sos med lain..:)

      Delete
  6. Sist itu gula pasir di sisir / gula jawa di sisir ???

    ReplyDelete