Sunday, April 6, 2014

Gembus Bacem


Tempe gembus..atau kalau di Jawa ya cukup sebut saja gembus..adalah sejenis tempe yang di buat dari ampas tahu. Kemudian di beri ragi dan di fermentasi seperti proses pembuatan tempe kedelai biasa. Karena  terbuat dari limbah tahu..tempe gembus nich di anggap kelas rendah dalam kasta makanan..* halah..bahasanya..hihi *. Iya lho..liat saja harganya yang super duper murah..sebiji cuma 200 perak..hihi. Padahal..aku pernah baca ulasan tentang tempe gembus ini di majalah..kata ahli gizi..karena terbuat dari ampas tahu..gembus ini tetep ada gizinya lho teman2..kan ada sari2 kacang kedelai yang nggak ikut kesaring di proses pembuatan tahunya. Wah..kalau pembuat tempe gembus baca..pasti langsung naik kali ya harganya..hihi. Kandungan seratnya juga tinggi lho teman2..tempe gembus ini..serta tak ada lemak sama sekali. Jadi..jangan ragu ya..masak tempe gembus..^^

Tempe gembus ini enak sekali di olah jadi aneka masakan lho teman2..bisa di oseng..di sayur santan...di goreng tepung..dan enak juga buat di bacem. Wah..kalau di bacem ini..asal manis gurihnya pas..enak sekali..nggak kalah enak dech sama bacem tahu. Di makan hangat2 dengan nyeplus cabe rawit...wih..enaknya..hihi.. Oke..buat yang suka tempe gembus..ini aku kasih resep bacem gembusnya ya..walau udah pada pinter sich ya pasti teman2..kalau cuma masak bacem..yach..sapa tahu berguna juga..buat yang baru belajar masak..^^
Gembus Bacem

Bahan :
10 buah tempe gembus, potong serong
800 ml air kelapa ( Secukupnya sampai semua gembus terendam air kelapa )
100 gram gula merah yang warnanya coklat ( sesuai selera )
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, geprek atau iris tipis juga
½ sendok teh ketumbar, haluskan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh garam ( secukupnya )
1/4 sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat :
Siapkan panci, masukkan tempe gembus dan semua bumbu
Tuangkan air kelapa, lalu tutup hingga rapat, rebus dengan api kecil  sampai air menyusut. 
Jangan menggunakan api besar, karena air akan cepat habis..sementara bumbu belum meresap ke  tempe gembusnya.
Ketika merebus, sesekali balikkan gembus agar bumbu merata, sambil di cicipin misal kurang garam atau gulanya, bisa di tambahkan lagi.
Tips : agar bacem makin enak..dan bumbu meresap, sebaiknya bacem di inapkan dulu sehari semalam, dengan di rendam sisa air berbumbu rebusannya, lalu masukkan kulkas. Jadi ketika di goreng keesokan harinya hasil bacem akan semakin enak, bumbu meresap dan warnanya coklat cantik, seperti kalau kita beli .
Selamat mencoba.
Oh ya..karena di rumahku yang doyan tempe gembus ya cuma aku..akhirnya keesokan harinya..gembus bacemnya aku buat oseng2..hihi...* Mak Irit *. Dan ternyata enak banget, karena tempe gembusnya sudah berbumbu..jadi lebih terasa gurih dan merasuk bumbu2nya..dan numisnya juga sebentar aja..nggak perlu lama2..kan gembusnya udah di bacem dan di goreng. Bumbu osengnya biasa aja ya teman2..kalau mau coba..bawang merah, putih, daun salam dan lengkuas, cabai merah dan hijau besar, biar cantik penampilannya..serta garam, dan kecap secukupnya.




21 comments :

  1. kalo di tempatku namanya tempe menjes. biasanya sih di goreng pakai tepung sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Mira..enak itu..aku juga suka di goreng pake tepung,...:)

      Delete
  2. di tempatku namanya dage, di bikin keripik enak banget mbaa, kalo gak ya di buat mendoan tapi agak kering trus makannya di ceplusi cabe rawit enaaaakkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..mksh infonya Mba Esti..eh Mba..di bikin keripik di iris tipis2 gt ya..kayak keripik tempe..aku ya sempat penasaran..kira2 klu di bikin keripik enak tidak ya..tak cobanya dech ntar..:)

      Delete
  3. Mba Diah,,, kangennn sama tempe gembus,,, di kampung saya Kaltim banyak nih yang jual ini (tukang2 sayur sering bawa) tapi selama tinggal disini ko g pernah ketemu ya,,, iiih jadi kangen lho mak, emang lho banyak yang bilang "ampas tahu ko dibuat makana, apa enaknya, emang ada gizinya" duuuh pokoknya bener deh jadi kasta terendah, padahal ya sudah bergizi enak lagi,saya dulu sering dibikin oseng2 campur kacang panjang mba Diah, kalau g dibikin gorengan kaya mendoan gitu,,, duuuhh enaakkknya,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..nggak ada ya Mba Tina..sayang ya..pdl di sini murah banget nich..200 rupiah aja dapet gede2..hihi. Mungkin kalau di Jabar soalnya di olah jadi oncom ya Mba..ampas tahunya..di tambah kedelai atau beda ya..hihi..?
      Iya..paling sipp itu di buat gorengan berbalut tepung ya Mba..:)

      Delete
  4. aku belum pernah lihat yang jual gembus kalau di bekasi mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya Mak Lydia..wah sayang sekali..pdhl enak lho..:)

      Delete
  5. bacem gembusnya dijadiin sate mbak, pake sambel kacang! dimakan sama pecel jg.. jd sate kere, kere karna satenya gapake daging.. tp tetep aja enak bingits..
    hahaha
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..khas Solo ya Mba..sering denger..tapi belum pernah coba..kpn2 coba ahh..:)

      Delete
  6. Kalo di tempatku namaya dage, paling terkenal dibikin botok dage tambah rawit, campur daun kemangi dikukus trus dibakar makannya cukup sama nasi yang kebul2..matabs.. Bahkan di salahsatu pasar tradisional, kanoman, dijual 1000 perak segede jempol anak2, yg belinya antri.. Saking enaknya. Boleh di coba tuh mba DD..:)
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..mksh infonya Mba Sri..jadi ada varian baru nich olahan tempe gembus atau dage ini..:)

      Delete
  7. Mba Lidya aku di Bekasi juga ada kok di pasar 500 rupiah satunya,wah mba Diah seleranya sama nih,belum lama goreng tempe gembus,pakai bumbu mendoan aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sipp mksh infonya Mba Ika..moga bergun aya buat teman2 lain..:)

      Delete
  8. Mb Di, gembus di tangan mb Di jd cakep, ayu dan nggemesin gt ya? Hehehe...jd ngebayangin makan gembus bacem pake ceplusan rawit. Tp kalo dibacem gini paling yg makan aku aja, beda kalo diglepung pasti laris manis.
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Ida..terinspirasi pernah makan di restoran masakan Jawa..cuma olahan gembus aja di buat menarik gt Mba..:)

      Delete
  9. Mba diah, aku hari ini buat bacem tahu tempe. Hasilnya enakk, sisa air bacem tuh masih mayan banyak bisa dipake buat ayam ga yah? Ato buat yg lain gt? Thanks, selvi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa Mba..tapi kalau buat ayam..kurang nanti bumbunya..buat bacem telur rebus atau telur puyuh aja..ebak..:)

      Delete
  10. Ertianna nugrahaniApril 16, 2014 at 2:32 PM

    Tempe gembus di daerahku Madiun lebih sering digoreng tepung, aku paling doyan kalau tempenya masih setengah jadi ( fermentasinya belum sempurna ) ..."tempe mindil" begitu ibuku dulu nyebutin tempe setengah jadi. Wuih paling enak tuh mbak Diah...anget2 dimakan sambil nyeplus rawit. Besok kalo pas nemu tempe gembus mau aku oseng seperti resepnya mbak Diah ah... pasti nglawuhi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempe mindil..ih lucu banget ya Mba..namanya..:)
      Iya..di oseng juga enak lho..tempe gembus ini..:)

      Delete
  11. Jakarta, Aktual.com – Setelah harga daging sapi melonjak tinggi dan hilang di pasaran, kini harga cabai rawit naik tinggi dalam beberapa hari ini.

    Direktur Komersial Perum Bulog, Fajri Santosa, harga cabai rawit saat ini terjadi kenaikan yang cukup tinggi mencapai Rp 70.000/kg, sehingga untuk menekan harga maka Bulog melakukan operasi pasar, salah satunya di Pasar Induk Kramat jati, Jakarta Timur, Sabtu (15/8).

    Setelah Daging Sapi, Kini Harga Cabai Rawit Naik Tinggi

    ReplyDelete