Monday, October 21, 2013

Udang Goreng Tepung Asam Manis



Kalau lagi malas ngolah udang jadi macam2 hidangan..cara termudah dan tetep enak adalah di goreng tepung saja. Aku suka segala macam udang tepung..dari yang di goreng tepung renyah..atau pakai panir..atau yang di balut adonan tepung kental seperti ini. Semua enak dan gurih. Kunci menggoreng udang adalah jangan terlalu lama supaya tidak jadi alot..jadi jika di goreng tepung dengan adonan basah seperti ini..aku suka ku campur sedikit tepung tapioka dan tepung beras..supaya cepat kering tepungnya..jadi udangnya tetep pas matengnya dan masih terasa manis.

Kunci lain membuat udang goreng yang enak adalah udangnya musti segar. Lebih baik jika membeli udang di pasar teman2..karena selalu bisa memilih yang paling segar, belum di bekukan..seperti halnya jika beli di supermarket. Memilih udang yang segar..pilihlah yang warnanya masih transparan..dan ketika kita pegang masih kera. Juga kepalanya belum terpisah dari badannya. Udang yang segar akan enak di masak apa saja. Kalau ada yang masih hidup dan masih lompat2 udangnya tuch bagus lagi..terasa manis dan gurih dagingnya. Kadang2 di pasar tempatku ada yang jual..walau lebih mahal dikit harganya. Jadi..kalau liat  udah seger2 dan masih hidup..pasti dech langsung aku beli..walau kadang belum kepikiran mau di buat apa..kaya tadi..akhirnya ya cuma di goreng tepung aja..di cocol saus asam manis..enakk. Saus asam manisnya sengaja ku buat cocolan aja..bukan di siram..tapi nggak pake sayuran kayak biasanya.
Udang Goreng Tepung Asam Manis

Bahan:
Udang kupas segar 250 gram
Air jeruk nipis 1/4 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh
Bawang putih 1 siung,haluskan
Minyak goreng

Bahan pencelup,aduk rata :
Tepung terigu protein sedang 100 gram, tepung beras 1 sendok makan, tepung tapioka 1 sendok makan
Air 125 -150 ml
Kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh / garam secukupnya
Merica bubuk 1/8 sendok teh

Cara Membuat :
Campur udang dengan garam , bawang putih dan air jeruk nipis, diamkan beberapa 15 menit
Celupkan udang ke dalam bahan pencelup.
Goreng hingga matang dan kecoklatan
Sajikan dengan saus asam manis. Resep saus asam manis komplit bisa di lihat di sini






11 comments :

  1. Replies
    1. Ya Mak Ldyia..silahkan di coba ya..:)

      Delete
  2. udang goreng tepung adalah masakan alm ibu yang digandrungi anak-anaknya. Kalo ibuku bikin ginian, anak-anaknya lomba nyomotin di dapur. Akhirnya belum sampe di meja makan udah ludes, padahal rencana mau dibikin lauk, hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..enak kok emang di gado..kalau udang di tepungi tebal gini ya Mba Rina..aku juga suka..wah..pengen dech masak langsung habis gt..sebelum sampe meja makan...*berhayal..punya byk anak..:D *

      Delete
  3. mbak diahh ak td siang udah cobaa...bnr bener enak bangett hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Mei..sipppp...syukurlah jika sesuai selera..:)

      Delete
  4. PAgi mbak diah..:) berhubung new bie.. bolehkah aku diajarin cara membersihkan udang dgn baik dan benar? hehehe dulu pas masih gadis, tahunya tinggal makan aja, sekarang mesti bisa buat sendiri buat suami hihihi:) please share tips and triknya ya ngolah udang:) makasih mbak Diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Intan..tipsnya : Beli udang jangan yang terlalu kecil..kalau mau di kupas..ntar pegel lho..ngupasnya..hihi. Buka bagian kepalanya, bersihkan kotorannya . Lalu kupas kulitnya..sisakan bagian ekor. Terus di belah punggungnya..lalu keluarkan kotoran hitam yang kecil panjang..itu bikin amis kalau nggak di buang...mudah2 an jelas ya..:)

      Delete
    2. kepalanya di buang semua ya mbak? di rebus atau direndem air panas dulu gak buat ngilangin amisnya? btw thanks before:)

      Delete
    3. Iya Mba...di buang aja..jangan di kasih air panas..nanti jadi matang..udah kan mudah matang..klu udang matang duluan..di goreng jadi keras..:)

      Delete
  5. Makasih resepnya mba Diah...https://cookpad.com/id/resep/696097-udang-goreng-tepung

    ReplyDelete