Wednesday, October 30, 2013

Rujakan Yukk..^_^



Tadi ke pasar liat buah2 an seger bertebaran di mana2..jadi pengen rujak..apalagi cuaca masih lumayan panas nich..walau kadang udah turun hujan juga. Jadi dech aku ngemil rujak siang ini. Beli bahan rujak lumayan komplet...aneka buah campur2..nggak sampe 10 ribu, karena di tukang buah tempatku memang tersedia aneka buah yang sudah di kupas khusus untuk rujak..dan kita bisa beli misal sepotong pepaya, nanas..dll..wah..lha kok jadinya banyak ternyata..ya sudah..sebagian di simpan di kulkas saja..siapa tahu nanti sore suami mau..kalau nggak mau ya di buat rujak serut aja..hihi..kan bisa jadi rujak baru buat besok. Kalau rujak serut kan tahan beberapa hari di kulkas. 

Rujak buah ini..ada yang nyebut juga rujak ulek..rujak manis..rujak iris..dll..sama aja sich kayaknya ya..yang penting ada aneka macam buah2 an iris sesuai selera, terus di sajikan dengan sambal rujak pakai kacang. Jadi..pas kita colek irisan buah ke sambal..ketika kita makan, ada tuch tekture kres2 dari kacang tanah goreng yang di ulek kasar aja..jadi nambah kaya rasa dech sambel rujaknya. Sambal rujak ini juga pakai sedikit terasi..jadi rasanya tambah enak..kalau di pedagang rujak buah kadang2 pakai pisang kluthuk juga..biar sambalnya tambah sedep..cuma..seumur2 tinggal di Semarang sini..aku belum pernah liat pisang kluthuk di pasar..jadi nggak pernah pakai. padahal enak banget lho..pisang kluthuk ini di buat sambal rujak cingur..dll. Musti impor dari Yogya nich..hihi..kapan2 kalau mudik.

Ya sudah..tanpa pisang kluthuk..juga tetep seger dan enak kok rujaknya. Yukk..mari rujakan teman2..^_^




Rujak Buah

Bahan :
Aneka buah sesuai selera, iris2 tipis dan serasi ya

Bahan Sambal:
25 gram kacang tanah goreng
2 buah cabe rawit
2 buah cabe merah
1 cm kencur, 4 biji asam Jawa
1/2 sendok teh terasi bakar
100 gram gula merah
Garam sesuai selera
Air matang secukupnya

Cara Membuat :
Haluskan cabe, terasi, asam jawa, kencur dan sedikit garam, tambahkan kacang tanah, ulek kasar, tambahkan gula merah. Aduk rata. Beri sedikit air, agar sambalnya bisa kental. Jika ingin citaras lebih segar sambal rujaknya..air bisa di ganti air buah2 an..seperti air nanas..belimbing dll..yang ad arasa asamnya..dengan cara di bejek2 di cobek samai keluar airnya..maka sambal rujak kita akan semakin segar.
Siramkan sambal di atas buah segar..atau sajikan terpisah..dengan cara irisan buah di colek ke sambalnya.




10 comments :

  1. yaaaaa....aku udah beli paket rujak di tukang sayur. Besok mau dibuat. Liat lotis/rujak di atas jadi ngeces, hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..lha kok sehati ya Mba Rina kita..sama ya..ada paketan rujak juga di t4 Mba...jadi ngirit ya Mba..nggak perlu beli byk2 buah..buat rujakan..:)

      Delete
  2. kesukaanku rujak nanas dan pepaya aja mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mak Lidya.Sy juga paling suka nanas..klu buat rujak..:)..seger ya..ada asem2 nya..:)

      Delete
  3. rujak pakai kerupuk aja, udah enak mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mba Sari..kerupuk enak juga ya di kasih bumbu rujak..jadi ingat kerupuk sermier..enak juga di makan pakai sambel rujak gini..:)

      Delete
  4. waaaa.... suegeerrr banget ni di makan sepulang ngajar,.....
    belum pernah bikin sambel rujak pake kencur nih mba, pasti tambah mantap ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kalau di jateng pakai kencur Mba Lina..enak...seger..asal dikit aja yach..:)

      Delete
  5. mmpppp mbak,,, mau tanya,,, ada g jualan kacang yg udah digoreng, jadi g usah repot2 goreng lagi,,,, trus kalo g pake kencur g apa2 kan??

    ReplyDelete
  6. Mba Didi.. Kalimat terakhir "Siramakna smabaldi" itu maksudnya Siramkan sambal di.. Kan yahh? Hihihi ngantuk apa mabok nih Mba hehe bercandaa

    ReplyDelete