Tuesday, October 8, 2013

Crepe Coklat


Crepe..sama aja kayak dadar gulung kayaknya ya..cuma kalau crepe ini..cairannya memakai susu..sedangkan kalau dadar gulung..selain pakai susu, kadang bisa juga pakai santan. Crepe..itu pada dasarnya pancake..tapi yang lebih tipis dan tidak mengembang. Kalau dadar gulung tradisional..kita biasanya di buat berlubang2 kulitnya..kalau crepe ini halus dan rata permukaan kulitnya.

Crepe bisa di isi macam2..bisa vla..coklat..pisang..dll..sesuai selera. atau di sajikan dengan saus jeruk..ada juga..yaitu crepe Suzette...yang terkenal dari Perancis. Crepe ini di sajikan dengan saus jeruk..kemudian di panaskan lagi..di siram sedikit alkohol..sehingga menimbulkan nyala api..dan itulah yang di sebut flambe. Cita rasa alkohol yang di bakar ini..katanya bisa menambah citarasa tersendiri pada crepenya..tapi ya katanya sich..aku belum pernah coba kalau pakai alkohol..kalau bikin crepenya sich sering..^^

Kali ini aku bikin crepe coklat..isi pisang aja..yang jelas2 di sukai suami..soalnya..kalau isi vla atau lain..malah kurang suka suami. Buat aku dan Yodha...di makan pakai es krim..enak juga..crepenya. Bisa juga di isi vla buah jika suka teman2..atau durian..mungkin..jika suka..pokoknya isi crepe ini sesuai selera aja..atau tanpa isian..terus di masak lagi dengan sasu jeruk..jadi dech crepe Suzette. Oke.ini dia resep basic crepe nya ya..jika nggak mau rasa coklat..tinggal di hilangkan coklat pastanya.Aku sertakan step by step dan cara menggulungnya juga ya..memenuhi janjiku pada mba Intan..aslinya sich crepe nggak di gulung ya..cuma di lipat 4 jadi  bentuk segitiga. Biar seru crepenya aku motif totol totol juga..^_^ 
Selamat mencoba.
Resep Dasar Crepe Coklat

Bahan :
125 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili
1 butir telur, kocok lepas
350 ml susu cair
2 sendok makan gula pasir
1 sendok makan margarin,cairkan
1 sendok teh coklat pasta ( jika tidak ada ganti coklat bubuk sesuai selera, tapi gula sedikit di tambah )

Cara Membuat :
Kocok lepas telur, masukkan campuran terigu. Aduk  rata dengan whisker dan tuangi susu cair sedikit demia sedikit demi sedikit, sambil di aduk hingga rata. Lalu masukkan margarin cair, aduk rata lagi. Ambil sedikit adonan putih dan masukkan ke dalam kantong segitiga untuk motif totolnya. Sisa adonan di tambah pasta coklat lalu aduk rata. Siap di dadar adonannya. Cara membuat dadar motif..liat foto di bawahnya ya. Sajikan crepe dengan saus atau isian sesuai selera.
  • Buat motif totol di pan anti lengket, tunggu hingga menempel set dulu di pan..baru di tuang adonan coklat ( foto kedua )










59 comments :

  1. wuaaaaa ngilerrr:):) makasih ya Mbak Di.. dah di fotoin step by step ngelipetnya:) jadi gemes nih, pengen cepet pulang kantor, biar bisa praktekin resep satu ini buat suami ku:)

    Thank you..

    -INtan-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Intan..met coba ya..mudah kok nge lipatnya..:)

      Delete
  2. Replies
    1. Habis Mba Esti..kmrn buatnya..hihi..yukk buat Mba..:D

      Delete
  3. Replies
    1. Hihi..mksh Mba Lina...enak...juga Mba..:D

      Delete
  4. huaa..cantik yaa, lucu juga ya bikin makanan gini, bookmarked aah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak Istiana..iya..biar anak2 tambah semangat Mak..maemnya..di buat lucu2..:)

      Delete
  5. Waaahhh kereennn mbak idenya, jadi bagus ya ada totolnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..iseng Mba..biar beda gt..hihi..mksh ya udah mampir..:)

      Delete
  6. i love dotty ^^ makasiy mak didi,, tar daku niru yah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Fitri..bisa juga di balik...dotnya coklat..kulit crepenya putih Mak..met coba ya..:)

      Delete
  7. Huaaaaa...cakep bener, langsung print resepnya deeeh* semoga ada waktu untuk nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Astin..met coba ya..cepat kok buatnya..:)

      Delete
  8. Cute deh Mak, kebetulan hari ini pengen bikin crepe buat anakku. Tapi kalau nggak pakai whisker gimana ya? Belum punya nih, cuma ada kocokan telur manual hi hi. Aku baca di buku resepnya Pak Wied Harry katanya kalau pakai whisker, hasilnya bakal mulus nggak kayak kue dadar gulung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak pa2 Mak Heni..yang penting halus ya ngaduknya dan jangan ada yang bergumpal..biar mulus crepenya..kalau merasa encer sekali..bisa di masukkan kulkas sebentar adonannya..nanti bisa agak kental..tapi klu aku langsung aja tak dadar...:)

      Delete
  9. cakepnya crepe mbak... >_< mbak bikin titik2 nya pake apa? saya bikin tapi gak cantik begitu. numpuk2 malah jadi kayak macan tutul. kayaknya sih adonan saya tempo hari keenceran jadi adonannya gampang netes ke teflon. tipsnya dong mbak... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai kantung segitiga Mba Ayu...memang agak encer kan kalau adonan crepe..tipsnya..aku pelan2 aja sich Mba..hihi..jadi satu titik..tahan ujungnya dengan segera di alihkan ke tempat lain..atau di hadapkan ke atas...supaya nggak netes..kalau terlanjur netes..nggak masalah..nanti pas di panaskan tinggal di ambil aja..kan cepat mengeras ya..klu cuma titik kecil yang menetes..:)...sebelum di tuang adonan coklatnya..

      Delete
  10. Keren mak... bintil2nya :) Liburan kemarin saya bikin hampir sama sprti itu, cuma kulitnya saya beli jadi, kulit lumpia, isinya pisang tapi ditambah keju, bukan meses. Dimakan hangat dicampur susu cokelat kental manis. Tapi buatan saya gak rapi, acak2an hehehe... mba Diah sih, udah piawai. keren deh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak Santi..pakai kulit lumpia..di goreng ya Mak..berarti..jadi pisang aroma..enak juga itu..:)

      Delete
  11. Cakep banget.. jadi pengen bikin juga tapi sepertinya akan aku modif sedikit :)
    Btw mak Diah Didi, waktu totolnya dilukis di pan, harus nunggu berapa lama dulu baru adonan coklatnya dimasukin? Soalnya kalo liat di gambar totol2nya gak kecampur sewaktu adonan coklatnya dimasukin ya, mak..? Tipsnya dong mak.. makasih sebelumnya ya, mak.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Nieke..silahkan di modif sesuai selera..:)
      Itu di diamkan dulu sampai nempel dan set di pannya Mak..sambil di panasin di atas api..tapi jangan sampai kelamaan juga..ntar jadi lepas2..hihi..klu udah mateng duluan..totolnya..:)

      Delete
    2. Oo begitu ya caranya.. sip.. thank you mak Diah Didi ;)

      Delete
  12. cakeo2 .... top deh makasih yah mak resepnya entar dicobain dirumahh

    ReplyDelete
  13. hebaaat maaa...tampilan cantik, rasa pasti asyiiik...mau cobaaa aaah...anak2 demennya yang keju nih mba...tapi aku belum pernah nyoba yang motif polkadot..kereen kereeen....makasih sharingnyaaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Indah...biar anak2 semangat makan..lucu kan motifnya..:)

      Delete
  14. bikin ngiler mak :P btw jd crepenya ga perlu di balik kan mak ?

    trima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perlu Mak Irma..kan tipis crepenya..jadi langsung mateng juga atasnya..:)

      Delete
  15. Iya ya, resep di buku pak Wied juga ada tulisan, diamkan 15 menit dulu tapi aku lupa hi hi hi hi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak..biar lebih kental..lebih bagus lagi masukin kulkas...:)

      Delete
  16. slurpppppp... pagi2 disuguhi ini.....

    ReplyDelete
  17. Wow, patut aku cobain deh ini Mba :) Klo di daerahku originalnya warna hijau, dalemnya kelapa sm gula merah :)
    Thanks Mbaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..sama2..klu yang kelapa sama gula isisnya..di sini juga ada Mba..namanya Dadar gulung.adonan pakai santan biasanya..tapi pakai susu juga bisa sich..:)

      Delete
  18. saya sering bikin ini juga
    tapi biasanya dibuat plain..
    disajikan saja di meja makan, ntar tinggal yg mau makan milih mau dikasih meises atau dimakan gitu aja..
    bikinnya capek karena harus tipis2...makannya sekejap =)) tau2 udah habis aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..Linda..praktis ya Mba..bisa sesuai selera..topingnya..:)..wah..kalau Sy malah seneng Mba..jika cepet habis gitu..hihi

      Delete
  19. kreatif banget mbak.... liatnya aja seneng, apalagi makannya :)~ sluruppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba..yukk di coba..biar tau rasanya..:)

      Delete
  20. aakkkkkkkk... dari tadi ngantor scroll web nya mbak didi ini... jadi ngiler pengen belajar masak. dan, jadi ngiler juga buat mutusin habis lahiran nanti asik kalo jadi ibu rumah tangga yg jago masak. ngiler, ngilerrrr.....

    masak itu.... bisa dipelajari kan ya mbak?? ndak ada kata terlambat kan ya?? :)

    makasih resepnya.. untuk resep pertama yg pengen saya coba ini.. semoga bisa... :) mau nanyak mbak bedanya mixer sama whisker?? *harap maklum ya mbak, saya seorang istri yang tak tau banyak dg hal masak memasak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba...sama2..Wah..semua tergantung hati kita kok Mba..mau jadi ibu rumah tagga sejati..kayak aku..asal di jalani dengan ihklas...ya enjoy aja..hihi. Mau jadi wanita karir pun..kalau mau belajar masak..masih bisa kan ya Mba..misal..tiap weekend..masak buat keluarga..:)..nggak pernah ada kata terlambat kok mba..asal mau belajar..lama2 jadi pinter juga..:)

      Beda meixer sama whisker..kalau mixer..pakai listrik....bisa ngocok telur sampai ngembang dgn cepat..kalau whisker..pakai tangan manual dech..biasanya di gunakan untuk bikin adonan..kayak pancake..muffin..crepe kayak gini dll..yang nggak perlu ngembang2 banget telurnya.

      Delete
  21. Yummy, mnarik nih, boleh copas kan?
    rese chicken crispy sudah saya praktekkan, dan ternyata uenakkk, anak-2 suka banget, nanti saya praktekkan yang singkong lapis, udah pernah nyoba tapi keras hehehe, kalau punya mba Diah pasti oke resepnya! trims mba yu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Siti..silahkan di coba ya..lembut kok lapis singkongnya Mba..:)

      Delete
  22. Ijin copas resepnya ya mba, kreatif bgt...mau coba ah bikin..

    ReplyDelete
  23. ♏ϐάκ Diah ga pernah absen lht blognya,step by step difoto ǰãϑϊ memudahkan saya,Šề♏% ƍå ǰãϑϊ amal baik ♏ϐάκ dunia akhirat ya,jgn bosan2 mba resep simple enaknya,hasilnya cantik pula <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin2...mksh Mba Ika...seneng kok bisa sdkt berbg sama ibu2 yang suka masak juga..:)

      Delete
  24. mba, kalo pisangnya di gimana in mba? di taro aja di teflon sampe ada warna coklatnya atau dipanggang dengan margarin? pisangnya pisang apa mba? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai margarin Mba Elsa..biat tambah harum..:)

      Delete
  25. baru nemu blog yang mantep gini. yg males masak jadi rajin deh, lah mau nyobain kayak gini kan g dijual di toko kue hehehehehe top banget deh..jempol jempol jempollll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Dwee..selamat mencoba ya..:)

      Delete
  26. Resepnya maknyus2 ya mbak...
    jadi pengin buat semua... :).... :D

    ReplyDelete
  27. mba Di.. yg dimaksut susu cair, itu bisa pake susu sachet atau susu murni??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susu putih kotak tuch Mba Tika..yang biasa di jual ..contoh ultra..frisian flag..dll

      Delete
  28. Kalo susunya diganti air putih bisa ga mba?

    ReplyDelete
  29. Mbak Diah, resep di blognya keren2 deh, dan akhirnya semalam saya coba resep crepes coklat ini, nah saya ada kendala sedikit dalam proses.. mungkin mb diah bisa bantu menjawab, makasih sebelumnya :)

    Setelah adonan warna coklatnya matang, saya agak sulit mengangkatnya dari teflon. Jadi gampang sobek begitu mb. Takaran resep saya ikuti seperti yg tertulis kecuali margarin, saya ganti dgn 1 sdm minyak :). Lalu proses masaknya saya pakai 2 cara :
    1. Teflonnya tidak saya olesi minyak lagi
    2. Teflon saya olesi margarin tipis2
    Nah 2 cara di atas adonannya yg coklat tetap susah untuk diangkat utuh, pasti sobek dan agak lengket di teflon. Kenapa yah mbak kira2? Untuk ketebalannya, saya sudah coba mulai dari yg tipis sampai tidak terllau tipis..

    Makasih Mbak Diah :)

    ReplyDelete