Friday, October 4, 2013

Pengen Berkebun...^_^..


Setelah mendengar cerita Mba Esti..bahwa di rumahnya di Purwokerto sana nanem berbagai macam sayuran..kok aku jadi pengen ya..punya rumah gitu..hihi. Rumah yang di sampingnya punya lahan gitu buat nanem2 sayur dll...jadi apa2 fresh tinggal metik..^_^. Apalagi kalau liat acara Martin Yan the Hidden China itu..liat banyak daerah2 tersembunyi di China yang indah..yang masyarakatnya cuma hidup mengandalkan alam...segala kebutuhan tinggal nanem..protein hewani memelihara sendiri..dan orang2nya sehat..awet muda..panjang umur..ada yang nenek2 umur hampir 100 tahu masih sehat dan lincah karena ya itu terbiasa hidup dari alam dan apa yang ada di sekitar aja. 

Memang..jika kita hidup kembali ke alam kayak gitu..kayaknya ya memang wajar ya..buktinya..ibuku juga..sampai sekarang alhamdulillah masih sehat dan aktif..padahal anak bungsunya..ya aku ini kan udah kepala tiga juga..hihi..karena ya itu..suka berkebun juga. Aku kalau telp ibuku..suka nanya..lagi nanem apa di lahan yang dekat rumah..terus beliau bilang..ini ada jagung..kacang panjang..bayam kangkung dll subur2 katanya..wah..jadi seneng aja dengernya..paling tidak kan udah ayem..beras nggak perlu beli..sayur mayur tinggal metik..malah bisa bagi2 ke tetangga..mau masak ayam tinggal  nangkap..hihi..pokoknya..beda sama di sini..hihi..apa2 musti beli. Atau..aku aja yang males kali yach..sebenernya..rumah kami adalah tipe rumah lama..yang pekarangannya cukup luas..hemm..kenapa itu tidak ku manfaatkan ya..*bertanya pada diri sendiri*..terus.di belakang juga masih ada space banyak..tanah kosong di sekitar kolam ikan..bisa nanem macam2 di tanah langsung ataupun di pot2..kenapa baru terpikir sekarang yach..hihi..*telat setelah hampir 10 tahun ku tinggali rumah ini ..hihi.

Rumah kami..rumah tua sich..hihi....tapi alhamdulillah ya, bersyukur aja....punya tempat berteduh,... ^_^




Kalau akunya kreatif..kayaknya lahan di samping rumahku ini masih bisa di tanami ya..hihi..ini kosong melompong teman2..cuma tinggal pohon rambutan aja dua..dulu ada rumput Jepang dan pohon mangganya juga..^_^


Beneran..aku pengen berkebun dech..cuma aku nggak ahli nanem2..seringnya mati..karena shioku ada unsur api..jadi nggak cocok nanem2 katanya..cocoknya pegang wajan..alias  masak..pas kan..hihi...*ngeles..*. Tapi..tetep..pengen berkebun..dan..sekarang nich lagi mulai dari taman belakang dulu..skrg udah ku tanami cabe..daun pandan..jeruk limau..kucai dll..*si embak ding yang nanem...hihi..* Semoga nanti menular ke depan dan samping rumah yang ada tanah nganggur..dulu sich ku tanemi rumput jepang..tapi pas kemarau panjang pada mati..hihi ketahuan ya teman2..males nyiram tanaman. Dulu sich pas ada mbak ART lama..ada yang ngurus..terus beberapa tahun pas Yodha udah gede aku break nggak pake ART..sekarang ada lagi..eh udah telat..mati semua tuch rumput jepangnya...hihi. Tapi ya alhamdulillah sekarang masih punya 3 pohon rambutan..^_^

Ya..semoga tercapai dech cita2ku punya kebun lagi ya teman2..apalagi tanah di Semarang atas nich termasuk masih subur sebenernya..karena tanah merah..jadi..sayang kan kalau nggak di manfaatkan..*baru niat..*..

Ini lumayan sich..masih punya pohon rambutan..pohon pepaya sama belimbing wuluh..hihi..peninggalan dari yang punya rumah dulu. Suamiku beli rumah ini udah lama sebelum nikah sama aku..dan dulu orang yang punya pertamanya suka nanem macam2..dulu aja ada 4 pohon mangga di samping dan depan rumah..kalau berbuah banyak juga lho..tapi yang nggak nguatin sampah daunnya..akhirnya..kami tebang semua..huhu..nyesel juga..sekarang nggak bisa panen mangga lagi..padahal..kalau beli kan mahal yach..ada mangga harum manis..mangga madu..mangga golek..enak semua padahal...huwa..beneran..nyesel..hihi.

Ya udah..dari pada nyesel berkepanjangan.sekarang di niatin aja yach..berkebun lagi..hemmm..nanti kalau udah selo mau ke Hortimart ahh..tempat penjualan bibit aneka tanaman di Ambarawa,..komplet..udah siap berbuah kalau beli tanaman di sana..nggak perlu nanem sendiri bibit dari kecil...* jalan pintas..hihi*...kayak dulu aku beli jeruk limau nich sekarang berbuah terus..alhamdulillah..nggak perlu beli jeruk limau lagi kalau mau nyambel..hihi. Atau mau bikin sayur asem..juga banyak belimbing wuluh di depan rumah..nich tadi Yodha sambil nunggu mobil jemputan..bantuin panen belimbing wuluh buat di bikin sirup ya Kak..^_^..



Eh..sebenernya..ada lahan kosong juga sich di depan rumah..punya orang tapi..hihi..dan mau di jual..teman..mimpi dulu yach..ada rejeki nomplok gitu..terus di beli..dan di jadiin lahan berkebun..lumayan kan..*kalau ini beneran ngayal..teman2 hihi*..Tapi beneran mau di jual lho teman2..tanah di depan rumahku..ada yang lagi cari tanah di daerah Semarang atas??..yukk..jadi tetanggaku..hihi..bagus kok lingkungan sini,..adem ayem..^_^




19 comments :

  1. did epan rumahku ada pohon belimbing itu mbak, pohon jambu air juga ada. tapi gak ada pohon lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah berbuah belum Mak Lidya jambunya..wah kesukaanku ini Mak..kmrn di belakang rumah juga ada pohon jambu air..udah gede..tapi jambunya asem..nggak enak..akhirnya di tebang aja..banyak ulatnya soalnya..:)
      Dulu di Yogya punya pohon jambu air macam2..eh terus di tebangi..skrg nggak ada lagi..padahal enak2..ada jambu apel..yang manis banget..dll..

      Delete
  2. itu mah rumahnya bagus banget mbk,lahannya juga lumayanlah kalo buat nanem2 hehe....depan rumahku sawo tinggi satu meter dah buah lebat mbk ^^.uwah jadi kangen rumah ibu,di samping rumah ada pohon belimbing wuluh,lebat bangettt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak Hanna..:)..iya ini masih nganggur tanah di samping dan di depan rumah..:)
      Dulu malah aku tebang juga belimbing wuluh itu Mak..untung numbuh lagi..skrg di sayang dech...hihi

      Delete
  3. mbak didi dulu aku pas masih ngontrak rumah lahan terbatas aku akalin nanem sayuran pake polibag, ato kresek ato botol air mineral yang ku potong jadi 2, di isi tanah gembur dan pupuk, aku beli bibit pok coy, selada dll, mesti rajin nyiram si, asik deh mbaa..kepuasan sendiri metik sayur di lahan sendiri dan menjadikannya lauk makan keluarga, hihihihi...selamat berkebun yaa, btw itu belimbing wuluhnya asli bikin ngences!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kreatifnya Mba Esti..aku jadi tambah semangat..memanfaatkan lahan nich..hihi..mumpung ada mbak yang bisa bantu nyiram..kalau aku mesti byk lupanya..aku udah punya kucai..kmrn pas bikin empal gentong..lumayan..bisa metik kucai dikit Mba..jadi otentik gitu..masakannya...dan masih di eman2..soalnya baru numbuh kucainya..beneran..walau di pasar byk..tapi kalau lupa beli..pohon cabe di rumah berguna dan jadi penyelamat juga ya Mba..hihi

      Delete
  4. ngayal juga ah...tanah depan rumah mbak diah aku beli,terus bikin rumah di situ...jadi tetangga mbak diah...asyeeeek....bisa kebagian incip2 masakan n kue hehehehehe...selamat berkebun mbak...di samping rumahku yang sempit juga tak tanami kangkung,bayam,timun,kacang panjang,singkong....sayangnya sledri,tomat,pada mati...-emma-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..asyik..boleh Mba..seneng kalau mau jadi tetanggaku..depan persis lho mba..ntar kalau bau harum dari dapurku..silahkan tinggal masuk aja ya Mba..*sama2 penghayal ya kita,...hihi..*

      Bagus itu mba...bener2 kok..lahan sebaiknya di manfaatkan untuk bertanam sayur2 gt..seru kayaknya,..jadi semangat nich mba Emma..daku berkebun..:D

      Delete
  5. whaa.... Yodha bisa terbang... hihihi....

    ayo mba, kudukung deh... semoga cepat muncul semangatnya, nanti kalo udah musim ujan, mulai nanem2an... aku pernah nanem kangkung, sawi di pot, eh kebanjiran.... padahal udah sekitar 20 hari, bentar lagi panen, hyaaa.... sampe sekarang belum sempet lagi, niatnya sih nunggu musim ujan trus berkebun kecil2an lagi deh.... hehehe... ^^

    ReplyDelete
    Replies

    1. Hihi...ya Tante Lina..itu gaya merontokkan belimbing wuluh kata Yodha..:D

      Lho..kebanjiran..pas musim ujan gt ya Mba berkebunnya..sippp...jadi tambah semangnya nich..ternyata banyak teman2 yang suka nanem2 sayur sdr ya di rumah..hebat dech..aku punya jeruk limau hasil nanem sdr aja seneng bgt mba..rasanya..nich lagi rajin bikin gado2..batagor..dll yang pakai jeruk limau sambelnya..hihi.

      Delete
  6. Aku suka rumahnya.. masih byk pohon dan udara segar bisa masuk ke dalam rumah... pokoke suka deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh Mba..:)
      Iya Mba Andryany..dulu malah ada 4 pohon mangga Mba..di halaman..tapi skrg udah di tebang..:)

      Delete
  7. Mbak Diahh, apa kabar..? Artikel nya pas bangeett... Mbak Diah, kira2 tanaman apa sj yaa mbak yg perlu aku tanam atau aku butuhkan untuk mendukung kegiatan masak memasak aku dirumah? hehee.. Makasiihh mbak Diah yg baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Finah..baik mba..udah pindahan rumah baru yach..ayukk berkebun..hihi. Aku nanem cabe..mba..mudah..kalau ada cabe yang udah kering itu..tinggal di sebar aja bijinya..ntar numbuh sdr..nich aku udah panen cabe hijau..haha..walau cuma sedikit..cabe rawit juga ada. Kalau bisa nanem yang berguna setiap bikin masakan..seperti jeruk sambal..daun pandan..dll Mba..jadi klu butuh tggl petik..bisa di tanam di pot juga lho..:)

      Delete
    2. Alhamdulillah mbak.. Wahh,, Asiikkknyaa.. Walau sedikit, pasti seneengg... hihiii... Nanti tak coba sebar biji cabe nya ahh.. Skalian pandan dan jeruk sambal *joget2* heheee... Bagusan ditanam didepan atau dibelakang yaa mbak.. Katanya jenis tanaman untuk depan dan belakang rumah beda yaa mbak..?

      Delete
    3. Iya LhoMba Finah..kalau pas kepepet..kehabisan cabe.sangat berguna lho..kayak kmrn..masak oseng tahu dan taoge.tgglpetik dech cabe hijau keritingnya..seru..hihi..
      DI belakang aja Mba..lebih enak kalau aku..jadi kalau mau masak deket metiknya..hihi..beli benih pohon jeruk samabl yang udah gede aja mba..cepet bgt berbuah..aku nich lagi panen terus kalau jeruk sambal..ampe pada gede2 bgt..hihi

      Delete
    4. waahh... dengernya aja aku ikut seneeng mbak ^^ hihihiii....okee2 nanti tak coba belajar berkebun dibelakang rumah.. Maaciih infonya mbak Diaahh :* heheee...

      Delete
  8. Aku jg nanem cabe rawit hijau, cabe rawit merah,cabe merah besar, paprika, pandan, daun jeruk dipot......(yang ditanem cabe semua... favorit pedas...) seneng mbak kalo udah mulai berbuah... tapi tiap anak2 lagi main suka usil maen panen-panenan dan akhirnya mati deh... sekarang tinggal daun pandan sm daun jeruk....hiksss...... menurutku lebih awet ditanam langsung ditanah mbak, soale dulu aku sering nanem langsung ditanah waktu masih ngontrak yang dibelakangnya masih ada lahan kosong dan tanamannya lebih tahan sm serangan hama (pendptku pribadi.. hehehe)... saling menyemangati mbak biar bisa menghasilkan banyak sayuran sendiri..... -ummu habiba-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Ummu..aku punya banyak pohon cabe sekarang di belakang rumah..memang sich..bukan aku sdr yang nanam..karena takut mati..kalau aku yang nanam..hihi..jadi aku suruh Pak tukang kebun yang datang kerja di rumah tiap minggu buat nanem macam2..cabe..daun pandan dll..alhamdulillah tumbuh subur nich. Enak..kalau makan gorengan..bsia ambil cabe rawit seger..langsung dari pohon Mba. Eh tapi anak2 ya memang suka iseng ya Mba..untung Yodha udah ngerti..malah suka bantu nyiram cabenya..pas belum musim hujan kmrn..:)

      Delete