Thursday, October 10, 2013

Pepes Ikan Pindang & Kelapa


Pepes..menu sehat ..karena di kukus..dan nggak pake minyak..cucok buat diet..^_^ Macam2 bahan makanan bisa di pepes sebenernya..tapi sering yang kita jumpai adalah pepes ikan ya teman2. Aku suka pepes2 an gini...karena rasanya yang enak..jadi bisa makan sehat dan enak..wah benar2..salut dech buat pecipta makanan ini dulu..^_^. Makan pepes ini menurutku tetep makan enak..soalnya..berbumbu kuat juga dan pedas..seperti masakan khas Indonesia lain..dan karena lebih sehat..bisa makan sering2 dech tanpa khawatir kolesterol dll. Dari berbagai jenis ikan..aku paling suka pepes ikan pindang..karena ikannya sendiri udah gurih ya..jadi jika di buat pepes tambah enak rasanya.

Pepes ikan pindang ada berbagai versi juga..ada yang langsung di balur bumbu halus..ada juga yang di bungkus dengan kelapa  berbumbu..kayak yang ku buat kali ini. rasanya sama2 enak. Bumbu inti pepes sebenernya bumbu dasar pedas biasa ya..cuma biar lebih gurih..bisa di tambah kemiri..dan biar aromanya sedep..jangan lupa daun kemangi. Untuk pepes pindang dan kelapa ini pakai kelapa muda..tapi juga nggak terlalu muda banget..jadi rasanya enak ..gurih.
Pepes Ikan Pindang & Kelapa

Bahan :
150 gram kelapa sedang ( parut panjang )
6 buah ikan pindang keranjang
Daun kemangi secukupnya
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu Halus :
6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
5 buah cabai merah
3 buah cabai rawit
4 butir kemiri
Garam dan gula merah sesuai selera

Cara Membuat :
Aduk rata bumbu hlaus dna kelapa, serta kemangi. 
balukan ke dua ikan pindang, lalau bungkus dengan daun isang. Semat kedua ujungnya.
Kukus 30 menit hingga matang
Angkat dan bakar sebentar di atas api.
Sajikan



16 comments :

  1. aku lagi kepikiran bikin pepes gini mba diah malah udah bikin duluan, hihi....enak banget ya pepes pindang. Kalo di ciledug nyebutnya ikan cuwe. Daripada ikan segar aku kok pilih ikan ini ya. Ilat ndeso, hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sehati ya Mba Rina..kita...wis..kalau soal ilat ndeso sama dech..ikan pindang gini murah meriah tapi enak di masak apa aja..jadi aku juga suka Mba..:)

      Delete
  2. waaa.... lauk model beginian mah bikin diet gagal!!! hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak dong Mba Lina...kan pakai nasi merah makannya..ini menu diet yang bagus lho..hihihi..suamiku malah suka di gado je gini..enak..:)

      Delete
  3. agak mirip botok ya mbak tapi ini pakai ikan pindang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lidya..cuma bentuk pepes..hihi

      Delete
  4. enaakk, pindang memang cocok dibuat apa aja..
    besok mau belajar resep ini ah.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Rahajeng..murah meriah..enak..:)..met coba ya :)

      Delete
  5. Klo bungkusnya ganti aluminium foil bisa ga mbak? Susah nyari daun pisang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba...Aulia...abis di kukus di panggang aja di teflon atau di oven bentar ya..:)

      Delete
  6. ikan pindang itu ikan kembung ya mba? mirip kayaknya...
    selain ikan pindang,cocoknya ikan apa lg ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan pindang itu..ikan olahan yang sudah gurih, karena di beri garam Mba Lisna..dengan cara di rebus..di keranjang2 kecil..macam2 ikan yang bisa di pindang..ya bener..bisa ikan kembung..ikan tongkol kecil..dll.

      Delete
  7. Terimakasih mbak diah atas resepnya...

    ReplyDelete
  8. Salam mbak diah... ini makanan favorit yg selalu di rindukan di negeri orang.. dulu pas msh ptaktek di rs.wonogiri saya selaku setia nunggu embok2 yg jualan ini.. hihi skrng trpaksa hrus bkin sndiri... btw mbak.. klo gak pake daun kemangi kira2 gimana ya mbak rasanya? Atau mngkin bs d ganti dgn daun yg lain.. d sini susah nyari daun kemangi mbak...

    Zeezee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba..gak pa2 mba..gak usah pakai..tetep enak kok..kurang aroma khas kemangi ajah..:)

      Delete
  9. Mkasii ya mbak Diah Didi, resepnya mantapp!!
    Lagi kangen resep pepes alm.ibu,, pengen nyobain masak pepes ini.

    ReplyDelete