Wednesday, October 2, 2013

Resep Doclang Khas Bogor


Doclang..mungkin buat sebagian orang masih asing ya dengan nama masakan khas Bogor ini..termasuk aku..hihi. Aku tau doclang...ya gara2 pengen masak sesuatu yang menggunakan jeruk limau..iseng browsing nemu doclang ini. Hemm..karena tertarik gimana rasanya..maka aku bikin doclang ini..soalnya bahan2nya ada semua di dapur..dan yang jelas..pakai jeruk limau ..hihi..soalnya  jeruk limau udah pada tua2 nich..sayang aja..kalau berjatuhan nggak kepake..buah jeruk limau di pohon belakang rumah. Akhirnya menunya ya seputar salad Indonesia..kayak doclang ini ..hihi.

Doclang ini..dari yang aku baca dari berbagai sumber di internet..adalah menu sarapan khas Bogor awalnya..walaupun sekarang katanya sampai malam hari pun tetep ada yang jual..salah satunya yang terkenal..katanya nich..Doclang Pak Amir di Bogor sana..hihi..tapi aku belum pernah nyicip..jadi daripada jauh2 ke Bogor..lebih baik bikin sendiri di rumah..dan bisa nyicip dech sepiring doclang yang enak. Beneran kok..enak..kuah kacangnya seger..karena di kucuri jeruk limau..rasanya mirip2 gado2 sich kuahnya..cuma ini lebih seger karena di buat dadak..nggak di masak dulu kayak gado2. Bahan2 isinya juga minimalis saja. Katanya yang terkenal khas Bogor adalah kupat / lontong khasnya yang di sebut pesor..katanya juga di bungkus dengan daun patat..sehingga citarasa dan aroma kupatnya jadi beda..Daun patat itu apa..aku juga belum tau..hihi..soalnya di tempatku belum pernah denger daun patat. Mungkin ada yang dari Bogor teman2?..Bisa menjelaskan apa itu daun patat..jika ada aku sangat berterimakasih. Jadi..karena tidak ada pesor..ya aku pakai lontong biasa aja..rasanya tetep enak kok..hihi.

Nah..jika penasaran sama doclang..yukk buat sendiri di rumah teman2..ini resepnya ..dengan berpegang dari berbagai resep doclang yang beredar di internet..bumbu2 yang ku gunakan sama seperti aslinya..cuma jumlahnya aku sesuaikan dengan seleraku sendiri..selamat mencoba. Buat yang udah pernah nyicip doclang..silahkan di koreksi ya teman2 jika ada yang kurang resepnya..^_^....
Doclang Khas Bogor

Bahan :
2 buah kupat / lontong, potong2 ( kalau di Bogor: pesor )
2 buah telur rebus, potong masing2 jadi 4 bagian ( Ada juga yang pakai taoge..tapi di Pak Amir yang terkenal..katanya taoge di ganti telur rebus..jadi..aku ngikut yang Pak Amir aja...biar lebih enak dan bergizi juga..hihi )
1 buah tahu kuning goreng, potong kecil2
Daun selada 5 lembar
Kecap secukupnya
Kerupuk secukupnya

Bumbu kuah kacang, haluskan dan campur dengan air panas secukupnya  :
Kacang tanah sangrai / goreng 100 gram, haluskan

4 buah cabai merah keriting dan 3 buah cabai rawit, goreng
2 bawang putih, goreng
1/2 sendok teh garam ( sesuai selera )
Gula merah 1 sendok makan ( sesuai selera )
Jeruk limau 1 buah, peras airnya

Cara Membuat :
Haluskan cabai dan bawang putih dengan garam, masukkan kacang halus, gula dan air panas.
Aduk rata, beri kecap sesuai selera dan terakhir kucuri dengan jeruk limau
Tata daun selada, kentang , telur dan tahu di piring, tuangi kuah kacang. Sajikan dengan kerupuk.
Sepiring doclang yang yummy..siap di nikmati.




29 comments :

  1. Sepertinya seger banget nih doclangnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..seger..karena kuahnya rada encer dan pakai jeruk limau..wangi harum jeruk sambal..:)

      Delete
  2. look so tempting....fotonya bikin air liur meleleh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..Makasih Sis Ummi..silahkan di cob aya..enakkk..:)

      Delete
  3. wiiihh pas banget dapet resep ini mbak, secara aku lagi nanem selada kriting dan bentar lagi panen, duuhh kalo deket aja ma mbak diah, tak kirimin deh tuh selada kriting. besok-besok jelas tak coba, makasih ya mbaaakkk.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Esti..wah keren..nanemnya gimana Mba Ssti..di pot atau di tanah biasa..hihi..jadi pengen nanem selada juga..:)
      Kalau di rumah aku cuma punya pohon jeruk limau ini..cabe beberapa..dan ini lagi nanem kucai..alhamdulillah numbuh..* eh si embak ding yang nanem..hihi..kalau aku ya seringnya mati tanaman..nggak bisa nanem2..:D

      Delete
    2. aku nanem di lahan sebelah rumah mbak, di buat bedengan buat nanam sayur, ada selada keriting, pok coy, cai sim, terong ungu, tomat, cabe, singkong, bayam, pepaya, kemangi ma kangkung, enak mba ngirit ke pasar cuma beli bumbu, coba rumah kita deket ya mbak, aku setor sayur ke mbak didi, mbak didi ngasih aku yang udah mateng hahahhaaa...

      Delete
    3. Wuaaaa...enakk banget itu..kayak di rumahku di Yogya dulu..mau nyayur apa2 tggl metik..rumah impianku gt Mba..ada kebonnya..hahahah..coba deket...tak petiki tiap hari kemnaginya Mba Esti buat lalap..:D

      Delete
  4. Baru dengar mbak ada makanan namanya doclang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak Lydia...aku ya baru pertama nyoba ini tadi..enak Mak..:)

      Delete
  5. Replies
    1. Mudah banget kok Mba Nonik..:)..dan hasilnya enak..:)..selamat mencoba..ya..:)

      Delete
  6. Jadi semakin ngiler ini aku Mbk.

    Hehehee... bisa di coba, saya bookmark dalam buku catatan.

    Salam kuliner dari Jember.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..silahkan di coba Mas Imam..mudah kok..salam kenal juga ya..:)
      Jember..wah ..suwar suwir nya enak ya.:)

      Delete
  7. doclang itu kukira cemilan he..he.., belum pernah nyicip juga
    tapi dari resepnya ini sama dengan yg kami sebut selada Padang
    sajian ini juga biasanya selalu hadir di hajatan di Bengkulu sana mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak Monda..masakan ini..:)
      Wah.mskh infonya ya.iya ini masuk kategori salad Indonesia ya..ternyata di Padang juga sama ya bumbunya..sipp2..dpt ilmu lagi..:)

      Delete
  8. Mba, dicirebon kota asalku juga ada loh tp docang :D
    Masuk ke blog ini betah deh, banyak makanan hehe..
    Mba bikin tips donk tetang belanja dapur minguan ( sayuran dll) yg wajib ada di dpr atau kulkas misalnya. atau bikin menu satu minggu gitu membantu para emak sprti saya yg kdg kehabisan ide memasak di dapur *dikeplak D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda tipis ya Mba..Doclang..sama Docang..

      Makasih Mba Irma...sippp..nanti ya di coba di buatin daftar belanjaan..aku belanja sayuran sich harian..di tukang sayur..tapi kayak lauk aku..nyetok per minggu...hihi..

      Delete
  9. bikin lontong atau pesor biasa orang bogor bilang di bungkus daun patat hasilny lontong ada harum khas dari daun patatny.untuk bentuk daun patat bisa d intip di s mbah google:-) .oh ya mba didi...betah deh saya ngintip blog nya.kayakny bakal sering di intip nih hehehe.oh ya saya ati dri bgor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Ati..mskh infonya..salam kenal juga ya..:)

      Delete
  10. Salam kenal mba diah.. Klo daun patat itu bentuknya ky daun kunyit tp lebih lebar.. Selain jd pesor, daun patat jg d pake bwt bungkus toge goreng.. Malah klo d bogor sini, daun patat jg d pk bwt bungkus daging atau ikan d tkng sayur..
    Btw, trims resepnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba WInda..mksh ya infonya..wah sayangnya di sini ndak ada kayaknya Mba..coba tak tengoknya di google image nanti..:)

      Delete
  11. Resep Doclangnya mantep euyyyyyy..hari ini dah dicoba...untung ada resep dari Mbak Di....sbb selama ini penasaran ma yg namanya Doclang hehehehe....mo ke Bogor langsung, males macetnya....intip blog Mbak Di.....eh ada resepnya.... :-) langsung praktek dehhhh....lebih higienis hehehehe....Mamaci ya,Mbak Di cuma ;-)

    ReplyDelete
  12. Sipp Mba..iya drpd jauh2 ke Bogor..bikin di rumah beres mba..hihi..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuuuppp betul,mbak :-) ini malah 2 hari sarapan doclang mulu hehehe

      Delete
    2. Wua..mantep mba..enak seger pagi2 sarapan doclang..aku jadi pgn lg juga....tapi blm ke pasar lagi ini....hihi

      Delete
  13. Td saya liat ditv mbk....
    Sbnrnya pake lontong ato kentang ya

    ReplyDelete
  14. Selama ini jadi silent reader di blognya mba diah.. kebetulan bgt aq orang bogor.. lg ngari resep doclang ketemu di blognya mba diah.. jadi kebayang rasa doclang.. oia yg mba bilang di atas doclang di buat dari pesor mah pesor itu di bikin dari daun patat.. daunnya mirip2 sama daun pisang cuma lebih keras dan ga mudah sobek.. khas bgt klo pesor ini.. biasanya daun patat jg dipake buat bungkus toge goreng khas bogor.. btw makasih mba resepnya.. nanti mw aq praktekin..

    ReplyDelete