Saturday, October 26, 2013

Tips Membuat Nasi Goreng yang Enak



Happy weekend teman2..hari ini libur masak yach..soalnya mau nganterin Yodha lomba bahasa Inggris..di Bina Bangsa School..ntar jam 10 an..abis itu sekalian jalan dech ke Semarang bawah..karena yodha nagih minta mainan baru..soalnya kemaren mid tesnya nilainya bagus2..banyak nilai 100 nya..hihi. Alhamdulillah..Kakak nich semakin besar semakin bertanggung jawab..kemaren aku test aja..pas mid nich belajar sendiri...nggak perlu di paksa2 belajar pun..dia dengan semangat belajar dan kadang walaupun belajar cuma sekali..nilainya alhamdulillah dapetnya 100 atau paling sedikit cuma salah satu..dapet 97...atau 95 gitu.. tapi emang beneran sich..sekolah Yodha tuch sistem pengajarannya bagus..jadi anak2 tuch belajar dengan enjoy dan seneng aja..nggak perlu di paksa2 belajar. Nggak ada stress sama sekali lho Yodha tuch mau mid tes..final tes dll..tetep belajar juga cuma baca sekali..terus nonton kartun kayak biasa..tapi alhamdulillah yang bagus terus nilainya.Kalau Sabtu gini nich..gaya banget dia..wah..libur lagi..padahal..aku seneng masuk sekolah Mi..katanya..hah..??..Kalau anak2 lain kan suka libur tho Kak?..terus dia bilang..sekolah itu menyenangkan kok Mi..hihi..o alah..gitu ya Kak..ya udah dech..sana masuk....aku bilang gitu..dia ngekek aja.. Emang nggak nyesel dech masukin dia ke SD Semesta..^_^..

Walah.mau nulis soal nasi goreng..malah cerita soal Yodha ya teman2..tapi nggak pa2..kan nasi goreng ini makanan favorit Yodha..hihi..tiada hari tanpa nasi goreng buatnya..kadang buat sarapan..atau jika tidak suka menu rumah yang aku masak..pasti mintanya ya..nasi goreng..jadi..hampir tiap hari nich aku masak paling tidak satu kali..nasi goreng..hihi..sampai aku sendiri sudah tidak kuat lagi buat makan nasi goreng..hihi..karena tiap hari masak..jadi udah mblenger. Tapi herannya Yodha kok nggak ya...selalu aja bilang..enak..nasi goreng Mami is the best katanya..hihi.

Nah..jadi aku mau share aja ya tips2 membuat nasi goreng yang enak ya teman2..semoga bermanfaat ya buat teman2 yang baru belajar masak..:
  • Gunakan nasi yang pero ya..atau nasi yang mawur..paling bagus sich nasinya di kukus..jadi butiran2 nasinya terpisah gitu..jadi nanti hasil nasi gorengnya kayak nasi goreng abang2 tuch lho teman2. Nasi mawur..lebih mudah menyerap bumbu2..dan juga sedikit aja udah kerasa..beda dengan nasi yang lembek atau pulen..jika di buat nasi goreng..malah semakin menggumpal.
  • Gunakan wajan dari besi atau wajan lain yang tebal..sehingga panas api bisa maksimal dan nasi goreng cepat matang. Karena nasi goreng akan lebih enak jika di masak di pai besar dan di masak dengan cepat..jadi bumbu2 cepat merata.
  • Jika suka nasi goreng yang memakai telur, telur harus di orak arik matang dulu, baru masukkan nasi..jika telur  belum matang dan nasi udah masuk..nasi gorengnya bisa amis.
  • Bumbu nasi goreng biasanya di ulek ya teman..tapi untuk rasa bumbu yang lebih soft ..cobalah sekali2 di iris bumbu2nya..pasti akan beda rasanya..jika mau variasi nasi goreng kita.
  • Jika memakai bumbu halus..tumislah bumbu hingga benar2 matang.supaya nasi gorengnya tidak bau langu bumbu mentah.
  • Sisa ayam goreng..jangan di buang teman2..tambahkan saja ke dalam nasi goreng setelah di suwir2..rasa nasi goreng akan semakin istimewa.
  • Tambahkan 1 atau 2 ekor udang segar yang digeprek dan di masak bersama bumbu nasi goreng..maka citarasa nasi goreng akan semakin gurih dan enak.
  • Tambahkan kekian goreng di nasi goreng..makan rasa nasi goreng akan semakin istimewa.
  • Buat anak2..akan lebih bergizi dan menarik warna warni jika kita tambahkan sayuran di nasi gorengnya..kayak kacang polong..wortel yang di potong dadu..jagung manis..dll.
  • Untuk nasi goreng seafood..tambahkan sedikit saus tiram..maka nasi goreng akan semakin enak.


20 comments :

  1. hmmm favorit si kembar nih, nasi goreng mau di variasi pake apa aja tetep lahap banget makannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wo alah..sama Mba Esti..Yodha tuch hampir tiap hari makan nas gor..hihi..menu fav anak2 ya kayaknya..:D

      Delete
  2. hmmm...suami hobi banget mbak sama nasgor
    nasgor andalanku biasanya pake trasi dan ebi dikit plus daun bawang
    tidak lupa telur diorak-arik
    yummy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku..kadang pake terasi juga Mba Esti..kalau buat aku sendiri..enak ya..cuma sayangnya Yodha dan suami nggak suka kalau pake terasi..:)

      Delete
  3. mau cobaaaa. suamiku ga doyan nasigoreng mana pun. cuma doya nansgor abang2 keliling. hih! kadang aku jd bete kalo lg ga masak pgn yg simpel2 bikin nasgor, dia ga mau. nah pernah sekali2nya enak, mirip abang2, tp aku udah ga tau lg waktu itu diapain. perasaan sama aja kyk biasanya kok. oh ya aku ga pernah ngulek bumbunya, cm iris2 doang. ga bawa cobek mak ke mari. wkwkkwkwk

    aku bookmark ya postingannya ini, pgn ta' coba tips-nya. makasih mak udah share. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Isti..sama2..ya..met coba..kuncinya nas gor abang2 itu ya itu..nasinya harus pero..dan api besar..gt Mak..jadi sepat matang dan merata bumbunya. Kalau wok..punya ndak Mak..hihi..itu juga yang bikin nasgor abang2 khas rasanya..masaknya pakai wok..( wajan besi..)

      Delete
  4. Hai Hai Mbak Di... pa kabar? dah seminggu nda mmapir ke blog mu mbak, aku abis dari pelosok sukabumi nih di desa cisaat , ngajak filed trip murid2ku:) oleh2nya beras merah enakk bgt ternyata beras merah ya.. mbak :) biasanya aku gak suka krn aneh rasanya pas nyobain ini jadi suka, nah aku kepikiran mau kubuat nasi goreng kaya tips2 mbak Di itu, enak gak ya nasgor pakai beras merah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..habis jalan2 ya Mba Intan..:)..asik ya...:)
      Iya..enak kok beras merah..aku sering bikin nasi goreng buat Yodha Mba..klu pas lagi males bikin nasi putih..tetep suka juga Yodhanya..hihi..emang pemakan nasi goreng dia..:)

      Delete
    2. Waduh.. jagoan nasgor nih yodha:)jadi rahasia cerdas nya yodha karena asupan nasgor nyummy mami nya yang lezat itu ya nak? hihihi jadi ngiler nih liat gambar nasgormu mbak di:) alhamdulillah sudah kucoba nasgor beras merahnya uenakk :) salam sayang buta yodha moga makin pinter ya nak:)

      Delete
    3. Sipp Mba..asal bumbunya enak..pakai beras merah tetep enak kan mba..nasi goreng..:)

      Hihi..makanan Wajib Yodha Tante..salam baik dari Yodha..buat Tante Intan..:)

      Delete
  5. Mba Diah Didi bener2 Inspirasi saya deh... ilmu bagus banget mba. Terimakasih banyak ya mba sudah mau berbagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Tina..seneng bisa sedikit berbagi..^^

      Delete
  6. nasi dikukus itu maksudnya dimasak pake dandang biasa mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..betul sekali Mak..jadi nasinya mawur..misah2 gitu lho..enak kalau di buat nasi goreng..nggak ngumpal..:)

      Delete
  7. Tipsnya sangat bermanfaat.... nasgor favorit suamiku, boleh dibilang kalaupun tiap hari dikasih menu nasgor gak protes malah seneng... saingan tuh sama Yoda doyannya...heheh. Suka tak buatin sendiri tapi beda dg nasgor yg dijual abang2.. mungkin karena pake nasi dr rice cooker ya mbak...? Wis tak ikuti deh nanti tipsnya mbak Di. Tengkyu yo mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..memang kalau di abang2 suka pakai angciu jug amba..jadi tetep sedikit beda..aromanya kan udah bikin lapar duluan ya waktu baru di masak..jika di nas gor abang2..hihi

      Delete