Friday, October 25, 2013

Nasi Ruwet



Nasi ruwet..udah pernah denger teman2..?..Lucu ya namanya..ruwet..dalam bahasa Jawa artinya ..kacau..di sebut nasi ruwet mungkin karena kacau penampilannya dan komposisi bahannya..hihi. Memang kacau sich..nasi..di campur mie..terus di masak jadi satu..bisa di goreng atau di rebus. Aku bikin nasi ruwet goreng buat sarapan Yodha pagi ini...dan   dia suka sekali..ya maklum..lha dia kan nasi goreng dan mie goreng suka semua..jadi di gabung jadi satu..oke2 aja buat dia. Jadi..intinya nasi ruwet goreng adalah mie goreng..di kombinasikan dengan nasi goreng..hihi..penjelasan ruwet juga nggak teman2..semoga jelas ya..^_^

Di Semarang di warung2 makan mie dan nasi goreng..pasti dech ada menu nasi ruwet ini..bahkan ada beberapa yang sudah terkenal..seperti nasi ruwet Pak Gareng di Wotgandul..dll...*kata suami sich..aku belum pernah coba tapi..* Kalau aku mencicipi nasi ruwet gini pertama di Magelang dan Yogya..kalau di sana di sebutnya nasi Magelangan. Rasanya enak juga lho teman2..nasi goreng campur mie gini. Aslinya biasanya pakai ayam atau ampela yang di rebus..tapi Yodha sukanya bakso..ya udah aku bikin nasi ruwetnya pakai bakso aja .Ini dia resepnya..tapi buat 1 porsi aja ya..papinya ndak mau soalnya makan nasi ruwet gini..^_^
Nasi Ruwet

Bahan :
1/2 piring nasi putih yang pero
1/2 piring mie telur yang sudah di rebus
1 butir telur
4 buah bakso, potong2 ( bisa juga pakai suwiran ayam atau ampela yang di potong2 )
Bawang goreng dan lalapan, bisa ketimun, tomat atau kol.
1/4 sendok teh kaldu bubuk dan garam, secukupnya
1 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )

Bumbu halus :
1 buah cabe merah
2 butir bawang merah
1 siung bawang putih
1 buah kemiri
5 butir merica butiran
1/2 sendok teh ebi sangrai

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan bakso, sisihkan di pinggir wajan.
Masukkan telur, dan buat orak arik, campur dengan bumbu tumis dan masukkan nasi dan mie goreng dan bumbu2 lain. Aduk rata dan masak hingga matang.
Sajikan dengan taburan bawang goreng dan lalapan.




12 comments :

  1. Wahh jadi ngiler mbak, kalau di daerahku terkenalnya nasi mawut mbak, hihihi..enak toos sama yodha tante juga suka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya..klu di Jatim juga ada ya Mba Elvira..namanya Nasi Mawut ya..siipp..mksh infonya.

      Kmrn Yodha abis sepiring Tan..hihi

      Delete
  2. kalo orang jawa timur biasanya nyebutnya "Mawut" kali ya mbak. Pernah makan kayak gini waktu tinggal di Tenggarong Kaltim dulu, yang jualnya orang lamongan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..ya..Mba Amel..sama ya..nasi campur mie..cuma beda nama..eh yang jual dari Jawa juga ya..biarpun makannya di Kaltim..hihi

      Delete
  3. awalnya aku bingung mbak dulu waktu di ajak makan nasi ruwet ternyata nasi campur mie :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lidya..klu di Semarang namanya nasi ruwet.kalau di Yogya..namanya Nasi goreng Magelangan gitu..:)

      Delete
  4. Kalau orang Sunda menyebutnya apa ya, karena aku pribadi kalau beli nasi goreng disini (Bandung) tetep bilangnya nasi goreng mawut, karena yang jualnya orang jawa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..oh orang Jawa juga ya Mak Dey yang jual nasi mawutnya...di Bandung..iya..nasi gini emang byk dari Jateng ya Mba..penjualnya.:)

      Delete
  5. Replies
    1. Iya Mba Devy..nasi mawut ya di Jatim..di Purwokerto kata Mba Esti..nasi sawut,,.hihi..mirip ya..:)

      Delete
  6. Di kaltim jg banyak pendatang mbak, orang Jawa dan bugis paling banyak. Sugih2 hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sugih..pada jualan makanan ya Mba Ara,..hihi..emang. ya..usaha makanan tuch kalau sukses juga bikin sugih..alias kaya..:D

      Delete