Tuesday, October 15, 2013

Bajigur


Baru bisa online lagi nich teman2..alhamdulillah...udah semangat lagi nulis..kemaren tuch kecapekan acara pernikahan ponakan..jadinya seharian cuma pengen leyeh leyeh sambil nonton dra kor..jadilah satu drama selesai sampai full episode..hihi..Alice in Cheongdamdong, karena ceritanya seru...udah dech..bablas nonton dari pagi ampe malem..hihi. Dari pagi jajan aja beli sup ayam...siang masak mie instan..sore baru sempat masak yang praktis dan bikin bajigur. Hari ini nggak sempat masak juga pagi..Yodha pengen renang ..ya udah ke luar jalan2..sore ini baru masak empal gepuk.Teman2 pada lagi masak apa nich daging kurbannya?

Jadi..aku posting resep bajigur dulu aja ya teman2..ini minuman khas Bandung ya..kayaknya..tapi aku suka sekali bikin ini..kalau lagi pengen yang anget2 dan seger. Eh tapi kemaren karena udara panas..aku kasih es juga enak lho..seger banget..jadi es bajigur..cobain dech teman..semoga suka ya..^^

Bajigur

Bahan :
1.500 ml santan dari 1 butir kelapa
1/2 sendok makan kopi bubuk
200 gram gula merah, disisir halus
150 gram jahe, dibakar, dikupas, dimemarkan
3 lembar daun pandan
2 cm kayumanis
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili bubuk
50 gram kolang kaling, direbus iris-iris


Cara membuat :
Rebus santan, kopi bubuk, gula merah,gula pasir, jahe, daun pandan, kayumanis, garam, dan vanili sambil diaduk sampai mendidih.
Angkat dan saring.
Sajikan hangat atau dingin dengan es batu, setelah ditambah kolang kaling.


8 comments :

  1. Replies
    1. Ya Mak Lidya..enak pas udara dingin..seger juga pas udara panas..di kasih es batu..:)

      Delete
  2. Ini minuman kesukaanku, terimakasih mbak diah telah sharing resepnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba Leonora..sama2..selamat mencoba yach..:)

      Delete
    2. Mbak Diah, saya sudah coba buat bajigurnya, rasanya enak sekali, apalagi diminum panas2 disaat cuaca sedang dingin begini disini. Terimakasih banyak ya atas resepnya :-)

      Delete
    3. Iya Mba Leonora...sama2 ya..jika musim panas..enak juga kok Mba..di minum kasih es..hihi..jadi bisa di buat musim apapun..dingin bisa..panas bisa..:)

      Delete
  3. mbak, lg pengin bikin juga ni bajigur. cerita dulu ni, kalau dimadiun ada yg jual (satu2nya lg) enaaak banget dan versi dingin alias es bajigur. langganan sama suami dr blm nikah, lama2 harganya mihil, dan minum segelas gak cukup, hehe maruk. Rasanya kayak ada coklatny gt mbak, jd sdah dimodif keknya dr resep aslinya. nah yg sy tanyakan bsa g kopinya diganti sama bubuk coklat, hehe. preambule nya panjang bgt yak, pertanyaanya gt doang :p
    kalau pake jahe ada citarasa pedes2nya dong mbak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Kiki..mungkin bajigur modifikasi tuch ya..hihi.setauku ya jahe ama kopi..enak juga lho Mba..atau coba tambahin coklat..jadi bajigur coklat..::)

      Delete