Sunday, October 13, 2013

Sambel Tomat Ikan Pindang & Lodeh Terong





Pa kabar teman2..wah kangen dech..hihi..lebay padahal baru dua tiga hari nggak nengok blog..serasa lama banget ..akhirnya selesai juga urusan pernikahan ponakan di sini..jadi bisa back..nulis ..dan masak lagi..^_^. Acara pernikahan memang melelahkan ya teman2..apalagi kalau di adakan di rumah..bisa 3 hari 3 malam...tapi sudah menjadi suatu tradisi..apalagi di Jawa nich....dan puncak capeknya udah kemaren..berdiri seharian dengan berkebaya...hihi..baru seharian ya..apalagi kayak putri2 kerajaan jaman dulu ..pegel pasti ya.tiap hari kebayaan..makanya langsing2..karena sesek kan..badan....berkebaya, dan nggak bisa makan banyak2..hihi...*alah..malah bahas kebaya ya..*
Nah..karena udah jenuh dengan hidangan pesta selama 3 harian nich..jadi menu pagi ini back to basic..menu yang seger dan ndeso aja dech..sayur lodeh..dan sambel ikan pindang..hihi..masih capek mau ke pasar.jadi apa yang ada di tukang sayur aja dech di masak.

Sambel Tomat Ikan Pindang

Ini adalah jenis sambel matang yang semua bumbu di goreng dulu..baru di ulek..tipe sambel ala warung kucingan juga kayak gini teman2. Selain ikan pindang bisa juga pakai bandeng presto. Ibuku suka masak sambel begini dari kecil..jadi aku suka banget. Memang sich..ikan pindang itu enak di masak apa aja kok..beneran


Bahan :
Ikan pindang 2 keranjang
Cabe merah dan rawit sesuai selera
Bawang merah 6 butir
Bawang putih 1 siung 
Tomat 2 buah
Terasi 1/2 sendok makan
Garam dan gula merah secukupnya

Cara membuat :
Goreng ikan pindang hingga agak garing.
Gorengs semua bumbu, tomat dan terasi hingga matang, lalu ulek kasar semuanya...lalu tumis lagi dengan sedikit minyak. Jangan  lupa tambahkan gula dan garam. Masukkan ikan pindang, aduk rata. Sajikan dengan sayur lodeh.
Kalau di nasi kucingan / angkringan di Jawa disajikan begini nich dengan sedikit nasi..jadi kayak makanan kucing..hihi..makanya di sebut nasi kucing..^_^..


Bahan-bahan Sayur Lodeh Terong :
Terong hijau 2 buah, potong kotak kecil
5 buah tahu goreng kulit,potong kotak serasi dengan terongnya
6 butir bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, dimemarkan
1 sendok makan ebi, diseduh, dimemarkan, disangrai
2 butir cabai merah besar, dipotong serong
2 buah cabai hijau besar, dipotong serong
1 bungkus kecil bumbu kaldu sapi dan garam secukupnya
½  sendok makan gula merah ( atau sesuai selera )
1000 ml santan encer atau sedang dari 1/2 butir kelapa
Cara Membuat:
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
Masukkan ebi, cabai merah besar, cabai hijau besar, daun salam dan lengkuas
Tuang santan. Masukan serta bumbu2 lain. Tunggu sampai mendidih, baru masukkan tahu dan terong. Masak sampai lunak dan bumbu meresap
 

9 comments :

  1. masakanku tadi pagi tuh mbak didi cuma temennya aku bikin terik tahu, sekeranjang isi 2 ikan cuma 1000 perak, enak murah meriah bikin lahap makan hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah.kompakan ya Mba Esti..masak pindang...wis..pakai apa2 mesti cocok kok..pindang itu ya..:)

      Delete
  2. Oalaa kirain kemana Mbak Diah gak muncul2 dua hari ini hihihi kirain lagi kurang sehat, jadi nda masak2..hehehe..:) menu sedep pas buat makan siang nih..besok lebaran haji mau masak apa nih Mbak Di?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Intan...hihi..ya Mba..kmrn online sehari..terus capek bener..ndak masak..sampai hari ini..hihi..kmrn seharian cuma ntn dra kor..sambil leyeh2..:D
      Muali besok ya Mba..baru masak lagi..hihi..

      Delete
  3. wahhh...kayaknya seger nich mbak lodeh gak terlalu kental pindang pake sambel hhhmmmmm...bikin ngiler....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Luis...pas banget dech...mba..seger dan enak...abis mblenger menu pesta soalnya..:)

      Delete
  4. Wah sambal tomatnya kelihatan menggoda :D

    ReplyDelete