Tuesday, October 1, 2013

Mie Kopyok Semarang



Semangkuk Mie Kopyok ..seger di nikmati siang2 yang panas..^_^. Mie Kopyok ini adalah salah satu olahan mie khas Semarang..mungkin di Bandung juga ada ya yang sejenis mie kopyok ini..tapi pasti berbeda dengan mie kopyok ala Semarangan ini. Mie Kopyok Semarang ini ada yang nyebut juga mie kere..hihi. Mungkin karena mie ini sangat sederhana..tanpa tambahan daging ataupun kaldu di kuahnya..jadi benar2 minimalis..cuma air..garam..penyedap dan kecap aja kuahnya. 

Di Semarang..ada salah satu warung mie kopyok yang terkenal..yaitu warung mie kopyok Pah Duwur..di Jl Tanjung Semarang. Sudah lama sich suami ku cerita soal mie kocok yang konon katanya enak iini. Cuma..mau coba kok nggak pernah kesampaian..soalnya..kalau turun gunung..ya pilih ke resto2 atau makan makanan lain yang lebih enak..hihi. Nah..tadi ceritanya..pas belanja ke tukang sayur..nggak dapat apa2..cuma ada tahu pong./.tauge..dan lontong. Masak mau di bikin lontong tahu..kan kurang cocok ya tahu pong ini. Sampai akhirnya Budhe tukang sayur langgananku nyaranin untuk di buat mie kopyok aja..seger katanya. Dan kebteulan bahan2nya ada semua. Akhirnya aku coba juga tadi..berdasar resep yang di kasih Budhe sayur..yang katanya sering bikin mie kopyok ini di rumah. Bumbu2nya minimalis banget dan cara buatnya sangat gampang sekali ternyata......dan..rasanya..seger lho..memang..serasa makan bakso kampung ala Yogya..tapi minus bakso..hihi..karena di Yogya..bakso kampung gitu ya pakai tahu pong goreng gini.

Ini dia resep mie kopyok ala aku ya teman2..berdasarkan resep arahan dari Budhe tukang sayur langgananku. Katanya..pokoknya..bawang putihnya yang banyak Bu..terus di kasih kecap..jadi rasanya..gurih..sedikit manis..seger..oke..oke..makasih ya Budhe..masukannya..memang kok..dapat ide resep itu bisa dari mana aja..seruu...dari abang2 jualan..dari Budhe sayur..dll...^_^..dan ini dia mi kopyok buatanku..lumayan menggiurkan nggak teman2 ?..hihi..ini resep yang super murah meriah lho..selamat mencoba ya jika penasaran dengan mie kopyok ala Semarang..^_^

Mie Kopyok 
( untuk 2 porsi )

Bahan :
100 gram mie kering,  rebus sampai matang
Lontong 1 - 2 buah, potong2
Tahu pong 2 buah , iris tipis
Segenggam taoge panjang, rendam air panas sebentar, tiriskan
2  siung bawang putih, geprek, lalu cincang halus
1 batang sledri, cincang halus
Bawang goreng secukupnya
1 sendok teh garam ( secukupnya )
1/2 sendok teh gula pasir
2 sendok makan kecap manis
Sedikit penyedap rasa ( ex miwon..ini optional..boleh pake..boleh tidak..ini cuma aku sebutin karena kata budhe tukang sayur..emang pada pakai penyedap kalau yang di jual2 gitu..^^ )
Air 500 ml
Sambal cabai rebus secukupnya
Kerupuk nasi / gendar secukupnya

Cara Membuat :
Masak air,  bawang putih cincang sampai mendidih, masukkan garam dan bumbu2 lain.Aduk rata dan masak sebentar hingga bumbu meresap.
Tata di mangkuk : mie, lontong, tahu pong, taoge, sledri, bawang goreng, tuangi kuah panas. Sajikan dengan kerupuk gendar yang di remuk dan sambal cabe rebus.





17 comments :

  1. Ya ampun mbak aku belum pernah diajak makan miw kopyok sama suamiku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..pernah tinggal di Semarang ya Mak Lidya..:)

      Delete
  2. Waaaaa mb Didi....ini menu favorit suamiku kalo pas pulang ke Ksatrian. Enak memang, syedap....
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..enak dan seger ya di balik kesederhanaannya ya Mba..aku baru pertama buat tadi..dan kayaknya bisa sering buat nanti..hihi..

      Delete
  3. Kalau di Bandung kuliner mie yang khas namanya Mie Kocok Bandung, Mbak Diah. Bahan-bahan berbeda dengan mie kopyok ini. Waaah..., jadi pengen pulang nih Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..mie kocok ya Mba...hihi..kirain mie kopyok juga..salah denger aku :D
      Mksh infonya ya Mba..yang pake kikil itu kan Mba Devy..kpn2 pgn coba buat juga ahh..:)

      Delete
  4. segala yang berbau kampung biasanya minus protein hewan ya mbak, karena mahal. Tapi aku kok seneng ya. Meskipun sederhana tapi malah nikmat tuh. Mungkin karena royal bumbu, jadi tetap enak.
    Mie kopyoknya kok unik pake lontong dan tahu gini. Kapan-kapan nyobain ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba Rina..ini rasanya kayak bakso kampung di Yogya..tapi minus bakso bulatnya..mungkin mahal dulu ya bakso.daging dll..jadi cukup makan mienya dan kuahnya aja..dengan aneka tambahan kayak tahu pong dll..ternyata enak juga lho..salut buat pencipta resepnya...hihi. Di tambahin lontong..enak juga lho mba..kmrn aku coba..mungkin biar awet kenyang kali yach..:D

      Delete
  5. kalo dulu di depan rumah ada mie kopyok keliling, tapi pelengkapnya selain sambal rebus, ada bumbu kacang kering ( ga pakai air )...agak beda sich..tapi jadi enak ada manis gurih dari kacang juga..hehe..tapi sekarang bapake penjual mie kopyok ga jualan lagi...:")...makasih resepnya ya mba..ntar aku coba pake bumbu kacangnya...hehehe...modif dikit ya mba...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Siti..mksh infonya..lha aku malah belum pernah beli Mie Kopyok Mba..:D..itu resep juga dari arahan Budhe tukang sayur langgananku..hihi..yang katanya sering bikin di rumah..wah jadi tau nich pelengkap sambalnya..kpn2 tak cobanya juga yang Mie Kopyok Pak Duwur di bawah mba..:)

      Delete
  6. Mbak Diah, terimakasih banyak atas resepnya, saya sudah coba dan enak sekali, segar.. Hanya saja saya modif sedikit dengan penambahan sedikit kaldu ayam bubuk karena saya ngga suka masak dengan penyedap rasa... Enak sekali. Terimakasih banyak ya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sama2..iya..di ganti kaldu bubuk boleh Mba..cuma buat info aja..kalau di penjual mie kopyok itu pakenya penyedap..hihi..aku juga sukanya kaldu bubuk kok Mba..:)

      Delete
    2. Iya mbak Diah, enak banget nih masakan.. Tadinya suami saya ragu2 makannya pas saya bilang ini makanan vegetarian alias ngga ada dagingnya, hehehe, tapi pas dia nyobain, makannya lahap dan semangkok habis tuh jadinya... Dia bilang enak. Terimakasih ya, mbak.. Wah, saya ini bener2 penggemar mbak loh, masakan mbak keren2 semua :-)

      Delete
    3. Wah..senengnya Mba..mendengarnya..tapi BTW suami Mba tuch keren..mau coba berbagai masakan kita ya.salut..jadi semangat ya Mba..masak buat suami..sipp..padahal masakan perancis terkenal minim bumbu ya Mba..Sy kira nggak suka masakan berbumbu kayak kita..hihi.

      Delete
  7. Wahhhhh akhirnya nemu juga resep mie kopyok....jadi kangen mie kopyok....makanan masa kecil...dulu di depan SD ku ada yg jual mie kopyok model hini,mbak Di....eh setelah sukses, mie kopyoknya malah diilangin ganti jualan soto ayam....pdhl awal suksenya dari mie kopyok....
    Makasih resepnya ya,mbak...besok dipraktekin :D buat ngilangin kangen

    ReplyDelete
  8. mie kopyok itu yg begimana ???

    www.facebook.com/mienaripan/

    ReplyDelete
  9. Hari ini aku bikin, Mbak Didi. Tapi karena aku blm pernah makan versi aslinya, jadi semacam mereka-reka. Resepnya dikira-kira, dari berbagai sumber. Penyedapnya aku skip, ganti kaldu jamur yg untuk vegetarian. Menurutku wis enak, kata suamiku yg orang semarang, ini kurang nendang. Mbuh wis... Ha..ha..

    ReplyDelete