Thursday, October 3, 2013

Babat Iso Goreng


Babat iso goreng..di Jawa..sering kita temui di warung2 makan yang menyediakan masakan Jawa. Kalau di Semarang..di warung yang jual gudeg Semarangan atau warung pecel..pasti ada lauk babat iso goreng ini. Semarang emang banyak olahan babat iso, di antaranya babat gongso dan nasi goreng babat yang sudah terkenal sebagai icon kuliner Semarang. Rasa babat iso yang enak..unik dan khas..membuat babat iso ini banyak di sukai. Sebelum di goreng babat iso ini di ungkep terlebih dahulu dengan bumbu2 dan di masak sampai empuk..itulah mengapa..kadang aku lebih suka beli matang babat iso gini..praktis..karena merebusnya lama . tapi..kadang2 kalau beli..suka kurang sesuai rasanya..kadang ada yang tawar nggak berbumbu..ada juga yang asin..jadi..kalau mau lebih mantap rasanya..ya harus bikin sendiri.
Jadi..sesekali masak babat iso ini..sendiri biar lebih sesuai selera rasanya. Masaknya sekalian di campur aja..jadi hemat gas..jika masih sisa..bisa di buat campuran nasi goreng..babat iso gongso , campuran soto Betawi..soto Madura..dll..jadi udah empuk dan gurih rasanya. 
Tips memasak babat iso..harus di blansir dulu ya..biar nggak bau dan steril. Di blansir adalah tehnik merebus pertama daging atau jerohan yang berlemak gini untuk menghilangkan lemak pertama jika untuk daging    terlalu berlemak seperti daging iga, buntut, dll. Dan juga untuk menghilangkan bau seperti pada babat iso ini. Di blansir..sekalian di kasih bumbu rempah2..jadi amisnya hilang..dan babat iso..siap untuk di masak sesuai selera.
Selamat mencoba..! Resep babat iso goreng ala aku ...^_^
Bahan-bahan:
250 gram babat sapi, dicuci bersih
250  gram usus sapi
2 lembar daun salam
4 cm lengkuas, dimemarkan
1 sendok teh air asam
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh garam ( sesuai selera )
750 ml air kelapa
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah 

3 siung bawang putih 
4 butir kemiri
2 cm kunyit
1  sendok teh ketumbar
Cara membuat:
Rebus babat sapi, usus sapi, paru sapi, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 cm jahe, 2 cm lengkuas, dan 1 sendok teh garam dalam 1.000 ml air sampai matang. Buang airnya. Angkat. Potong-potong.
Aduk rata bumbu halus, daun salam, lengkuas, gula merah, garam, dan air kelapa. Masukkan jeroan. Masak sampai bumbu meresap dan empuk.
Goreng jeroan sebentar saja di minyak panas.
Sajikan dengan sambal sesuai selera


13 comments :

  1. favorit keluarga besarku, tapi sejak ibu ga ada ga pernah masak babat iso lagi, di tambah suami ga doyan jadi males masak kalo yang makan cuma aku aja, bawa rantang kosong aja ah ke rumah mbak didi biar di isi babat iso hehehhe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukk..ayukk sini Mba...masih banyak nich..aku dan suami juga suka Mba..cuma krn lagi diet ..hihih..jadi makannya sepotong potong aja..besok di buat masakan lain klu masih ada..:)
      Emang masak babat iso ini musti sekalian banyak ya mba..biar nggak rugi gas..hihi

      Delete
  2. pilih beli mateng aja deh daripada masak sendiri. Lama buanget ngrebusnya. Alm ibuku dulu favorit banget sama iso (usus) ini mbak. Dibuat iso goreng. Dulu kalo beli ke pasar aku suka nginthil (ngikuti). Ntar yang nawar harga lamaaaaa banget, hahahaa.....bete sebenarnya, tapi nggak kapok, soalnya boleh minta jajan juga hihi.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..kan serunya di pasar itu bisa nawar mba Rina..bukan...tapi aku wis..klu kelamaan ya jarang nawar..hihi..langsung byr aja..

      Beneran masaknya lama klu babat iso ini..makanya beli mateng juga mahal ya mba..kadang..hihi.

      Delete
  3. makan sekali bisa minta tambah terus nih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran Mak Lidya..makanya musti di batasi..sepotong aja sekali makan..hihi..biar nggak keterusan..:D

      Delete
  4. mbak diah aku mau nanya nihh...d bahan ada air asam itu d masukan waktu ngerebus babat atau waktu meresapkan bumbu halusnya ya?
    makasihh mbakk hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya mbak mau nanya lagi..hehehe
      kalau ngerebus jerohan itu katanya musti lama dan berulang kali ganti air.apa itu bener ya mbak?
      kalau iya, waktu buat babat goreng ini gimana cara nya ya, apa tiap ganti air itu d cemplungi sala,laos,dkk kaya cara mbak diah waktu merebus jerohan yg pertama (tanpa bumbu halus)
      hehehehe maklum mbak baru mau uji coba pertama kali nih hihi
      makasih yaaaaa

      Delete
    2. Hai Mba Mei..air asam di campur bumbu2 Mba, pas rebusan kedua.

      Sebenernya dua kali aja cukup sich mba..asal udah di cuci bersih babatnya..dan di rebusnya juga dengan api kecil..jadi matang dan empuk. Berulang kali itu mungkin jika pakai api besar..airnya udah habis..tapi babatnya belum empuk..yang harus di rebus kembali di tambah air lagi.

      Delete
  5. oh gitu yaaa.makasih banget ya mbak diah....besok rencana buat nih mbak ...doain berhasil yahhh hihihi
    oh ya,ikutan master chef aja mbak ^^ kayanya mbak diah cocok bangett...hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Mei..sama2..semoga sukses ya..:)

      Udah jadi master Chef kok...di rumah aja Mba..hihi

      Delete
  6. Suka banget sama yang namanya jeroan babat. Biasa kalau di bandung saya selalu rekomendasi kan ke resto Sate Tegal Marem, Jl. Dr. Setiabudhi 136 Bandung . Gule babat nya enak banget deh

    ReplyDelete
  7. Hi Mba Didi.. saya kepingin banget masak iso tapi saya tidak bisa membersihkan si iso ini.. kalau boleh saya tahu, gimana cara membersihkan iso ini ya Mba? Apa isi iso ini dibuang semua saat mencucinya atau gimana Mba? Terima kasih sebelumnya ya Mba Didi.. :)

    ReplyDelete