Thursday, October 24, 2013

Kurma Coklat


Kemaren suami lembur..sampai malam..ternyata ada tamu dari negara Aljazair, salah satu negara yang kaya minyak..^_^.  Selain di kantor suami memang aktif membantu  di Kadin ( kamar dagang ) Jateng. Kemaren ada tamu dari Kadin dan pejabat pemerintahan Aljazair yang mengadakan kunjungan dan kerjasama dengan Kadin Jateng. Eh..pulangnya alhamdulillah dapat oleh2 kurma. Katanya sich ini the best kurma dari negara Aljahair dan sudah biasa di ekpor ke Eropa. Aku sebenernya nggak terlalu suka kurma sich..doyan dikit2..tapi nggak sampe suka banget gitu...tapi pas nyicip memang enak rasanya..empuk..lembut...nggak terlalu manis..rasa manisnya alami dari buahnya..beda banget sama kurma yang di jual di sini.

Yodha juga nurunin aku kayaknya..nggak suka kurma..jadi biar mau makan kurma aku akalin aja..jadi kurma coklat..hihi..itu lho kayak oleh2 haji itu lho teman2...yang biasa di bungkus satuan. Buah kurma di hilangkan bijinya..terus di isi kacang mede..lalu di celup coklat leleh. Aku lagi nggak punya kacang mede tadi..jadi aku isi selai nanas aja..yang aku pulung terus kumasukin ke dalam buah kurmanya. Enak juga .


Kurma ini sebenernya bagus banget ya gizinya teman2..asal kurma yang asli kayak gini ya..hihi..bukan  yang kurma super manis yang udah di kasih gula gitu. Cuma harganya lumayan mahal katanya sich kalau yang kurma kualitas terbaik gini..jadi siapa mau impor kurma premium..hihi..banyak lho..stocknya dari Aljazair. Walau yang suka kurma di rumah cuma suami..paling tidak pernah nyicipin kurma terbaik..dan semoga saja Yodha mau makan kurma setelah di lapisi coklat..^_^

Karena penasaran aku browsing tentang kurma , dan ternyata kurma yang di bawa suami ini termasuk jenis kurma Barhi atau Kholas..karena ciri2nya sesuai sich dengan keterangan aneka jenis kurma sebagai berikut :

Kurma Barhi
Kurma ini bentuknya hampir silinder, berwarna kuning sawo terang, dan ketika matang akan berwarna coklat ketuaan. Kurma Barhi memiliki tekstur yang lembut dengan daging yang tebal dan rasanya sedikit seperti caramel.
Kurma Kholas
Kurma ini berwarna cokelat terang. Bentuk kurma ini mirip dengan kurma barhi. Kurma Kholas ini terkenal di Arab Saudi karena memiliki tekstur yang empuk dan rasanya tidak terlalu manis. Kurma ini terkenal dari daerah 'Huffuf' (Al-Ahsa) dan 'Qatif' di Timur Provinsi Arab Saudi (Al-Sharqheyah).



Resep Kurma Coklat

Bahan :
Kurma 500 gram
Coklat masak pekat 250 gram
Kacang mede panggang atau selai nanas untuk isian

Cara Membuat :
Keluarkan isi kurma, lalu isi dengan kacang mede atau selai nanas yang di pulung kecil.
Potong coklat masak kecil2 , lalu di tim di dua panci. Panci pertama berisi air, panci kedua di letakkan di atas panci pertama, lalu letakkan coklat yang sudah di potong2. Lalu panaskan di atas kompor dengan api kecil hingga meleleh. Celup kurma ke coklat leleh. Biarkan mengeras..sajikan.





23 comments :

  1. pernah makanin kurma yg jenis itu mba, enaaaak banget, aku dapet dari tanteku yg jadi TKW di Arab. tapi sekarang mah gak pernah makanin lagi... hiks...
    pas lihat postingan mba, aku jadi pingin nih... hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lina..emang enak ya..legit..lembut dan nggak terllau manis..beda sama kurma yanga da di sini..
      Wah..seandainya deket tak bagi ini..hihi..soalnya suami ku aja yang suka kurma..aku dan Yodha kurang begitu suka..paling makan satu dua kalau aku mba..walau enak..:)

      Delete
  2. hmmmm enak ya mbak, biasanya makan aja belum pernah buat sendiri kurma coklat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lidya..mudah bgt kok bikinnya..cobain yukk..:)

      Delete
  3. cokelat kurmanya kayaknya enak banget mbak Di, box kemasannya juga cantik banget, naksiiiiiirrrrr :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ara..enak..kurmanya udah legit..tambah coklat..tambah yummy dech..:)..Box gini byk Mba..di toko suvenir..mur mer lho..cuma 6500..hihi

      Delete
  4. Kurma yang dijual di sini seperti pakai pemanis buatan gitu ya Mbak Diah. Jadi pengen nyicip kurma Aljazair.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sich banyak yang di tambahin gula mba Devy..klu kurma sini..makanya kadang malah neg dan terlalu manis..yang dari Aljazair ini enak..manisnya dikit..alami dari buahnya..jadi nggak mbosenin jika suka kurma buat di cemal cemil..suamiku habis byk dech sekali makan..hihi

      Delete
  5. Aaaakkk itu kurma coklat nya bikin ileran banget liatnya mbak *lapiler*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..telat nich Mba Mutiara baru dateng.udah di habisin teman2 Yodha yang main ke rumah tadi..:D

      Delete
    2. Besok2 SMS Yodha ah kalo maminya masak makanan enak suruh bilangin jangan diabisin :p

      Delete
  6. isinya pake pot0ngan keju juga enak mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya Mba Sefri..mksh infonya..aku biasanya pakai kacang mete Mba..ini baru nyoba pakai selai..:)

      Delete
  7. Makkkkk, aku ngiler nihh, doyan banget makan kurma, apalagi lapis coklat humm yummy banget!
    btw, mau kirim ke Cianjur engga?, lihat postingan ini langusng ingat artikelku tentang kurma yang sudah kukirim ke media cetak, do'akan mudah2an dimuat ya!
    salam kenal dari Cianjur Jabar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Siti..salam kenal juga ya..wah..klu deket nich udah ku bagi dech kurmanya..:D
      Amin2..mudah2 an di muat ya artikelnya..semangatt..:)

      Delete
  8. dsini kurma macam2 mba, ada yg dilapis white chocolate,kacang mcm2 mulai dr mede,almond smp pistachio tp biasanya tmn2 klo sy mudik mnt dibawain kurma muda yg warnanya kuning,rasanya khas n ga tll manis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..rasanya beda ya Mba Ninuk..lebih empuk dan lembut dan nggak kering..:)..kurma yang kuning.
      Aku suka yang isi kacang mede Mba..terus di lapis coklat...:)

      Delete
  9. biar coklatnya tebel gmn ya mbak? apa harus berkali2 nyelupinnya?

    ReplyDelete
  10. Menarik banget artikel nya, cucok buat aku yg lagi ngidamnya kurma setiap hari di 2 bulan kandungan ku. hihihi
    Mba Diah punya referensi merk kurma yg dijual dipasaran yang gak begitu manis, ky yg disebut itu? susah ya nyari yg gak bgitu manis (ya nyari nya di carefour doang sih ujungnya) hihihi...

    ReplyDelete
  11. Hai mbak Diah... salam kenal... saya punya kurma kemaren sisa jualan tp tidak habis karena ada kutunya. Rencana mau saya olah jadi kurma coklat, tapi bagaimana cara menghilangkan kutunya ya mbak? Terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  12. mbak diah, kalau milih kurma yang bagus gimana ya?

    ReplyDelete