Thursday, October 3, 2013

Peterseli..Daun Cantik Yang Kaya Manfaat




Teman2..udah  tahu daun cantik ini kan?..Yapp..daun peterseli..secantik namanya ya..hihi. Daun ini memang fungsinya biasanya cuma untuk mempercantik hidangan..hihi..kalau buatku sich..buat hiasan penyajian makanan aja..jadi sering ada di kulkasku. Karena harganya tidak terlalu mahal..dan jika di gunakan untuk hiasan makanan..udah beda gitu presentasinya..jadi lebih menarik aja gitu. 

Aku sering beli sejak di Superindo deket rumah..selalu menjual peterseli segar..jadi..enak..deket belinya. Nah..karena sering beli ini aku jadi penasaran..buat apa ya peterseli ini selain di buat garnish..hihi. Setelah aku browsing ternyata banyak lho manfaat peterseli ini teman2. Makanya kalau di luar negeri..sering di campur aneka masakan ya. Selain untuk campuran masakan..peterseli ini kalau di konsumsi secara teratur ternyata banyak manfaatnya lho teman2..untuk kesehatan. Hemm..cuma lidahku kok belum terbiasa ya..dengan rasa peterseli ini..hihi..jadi ujung2nya di buat hiasan aja..terus di buang..oke dech besok2..coba tak bikin jus aja gitu kali ya..biar langsung glek..minum sari peterseli..hihi. Soalnya sayang juga sich..kalau buat hiasan kan cuma dikit..sementara kalau beli satu ikat itu banyak banget..dan cuma bisa bertahan segar beberapa hari di kulkas..jadi seringnya lebih banyak kebuang sisanya. Jadi..next mau coba ah...di konsumsi juga. Rasanya memang sedikit aneh sich menurutku..sepet2 gimana..gitu..lebih enak sledri dech..hihi...tapi mengingat manfaatnya yang banyak..dan harganya juga nggak terlalu mahal..nggak ada salahnya juga sich..kalau di konsumsi..^_^. Oke..sekarang..aku kutib ulang aja beberapa manfaat peterseli ini ya teman2..semoga bisa menambah wawasan kita tentang sayuran dari luar.

Dilansir dari situs stylecraze.com, oleh vemale.com berikut ini adalah beberapa manfaat daun tersebut bagi tubuh kita :
  • Melawan kanker, Kandungan di dalam daun peterseli yang bernama miristisin merupakan suatu zat yang mampu mencegah terbentuknya tumor, terutama pada paru-paru. Selain itu, peterseli juga dapat mencegah kanker-kanker yang lain.
  • Meringankan peradangan, Kandungan luteolin dan Vitamin C dalam peterseli berperan dalam mengurangi peradangan. Jika dikonsumsi rutin, kita akan terhindar dari neurematik, encok serta peradangan lain.
  • Menambah kekebalan tubuh, Vitamin A dan C di dalam daun ini berguna untuk menambah kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga dapat membuat tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.
  • Kesehatan jantung, asam amino yang bernama homosistein di dalam tubuh merupakan zat yang berbahaya bagi pembuluh darah. Namun jangan khawatir, Vitamin B9 atau folat dalam peterseli dapat menanggulanginya.
  • Kesehatan tulang, Peterseli mengandung Vitamin K, yang membantu untuk menguatkan tulang.
  • Antioksidan, Peterseli mengandung luteolin yang dapat mencegah kerusakan sel penyebab terjadinya radikal bebas.
  • Anemia, Peterseli mengandung zat besi dan Vitamin C. Zat besi digunakan untuk membentuk sel darah merah sedangkan Vitamin C bertugas menyerap zat besi tersebut.
  • Anti bakteri, Peterseli juga mampu mencegah berkembangnya bakteri yang dapat menyebabkan infeksi
  • Membantu kerja kelenjar dalam tubuh, Peterseli juga dapat membantu kelenjar-kelenjar dalam tubuh dalam mengeluarkan enzim yang dibutuhkan.
  • Membantu peremajaan pembuluh darah, daun peterseli ternyata memiliki kemampuan untuk memperbaiki dan menjaga elastisitas dari pembuluh darah
Selain manfaat di atas masih ada lagi manfaat dari daun peterseli ini..secara ringkasnya antara lain  :
  • Mengatasi diare
  • Sistem pencernaan
  • Kolesterol
  • Kesehatan telinga
  • Batu empedu
  • Kesehatan ginjal
  • Menjaga hati
  • Mengatasi masalah saat menstruasi
  • Mengatasi rabun ayam
  • Membersihkan darah
  • Menguatkan limfa
  • Membantu kinerja hormon
Keren kan teman2 manfaat peterseli yang cantik ini..hemmm..jika kita bisa mengkonsumsinya tiap hari gitu..pasti bisa lebih sehat ya badan kita. Jangan kayak aku ya..beli peterseli cuma di buat garnish sambel kayak gini..hihi.



6 comments :

  1. sy senang menyajikan daun ni untuk memikat orng yang mencicipi masakanku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Akbar..sangat cantik ya..daun peterseli ini buat garnish masakan..Sy juga suka..jadi bagus di foto..:)

      Delete
  2. banyak khasiat daun ni ya.. di malaysia dipanggil parsli....tapi di tempat saya jarang didapati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Sis...oh..di sini byk di supermarket ..selalu segar Sis..mknya Sy suka beli aja buat garnish.:)

      Delete
  3. Dimna klo mau beli daun peterseli ?

    ReplyDelete
  4. Dimna klo mau beli daun peterseli ?

    ReplyDelete