Wednesday, October 2, 2013

Manfaat Jeruk Nipis Di Dapur


Jeruk nipis..jeruk yang pasti ada ya di dapur kita teman2. Jeruk nipis ini manfaat secara umum banyak ya..untuk kesehatan..dan sudah banyak di ulas di internet..ya. Nah..kali ini aku akan ulas saja manfaat jeruk nipis di dapur aja..hihi. Jeruk nipis ini ..identik memang dengan aneka resep masakan dan minuman Indonesia ya..kalau di luar sono kan jeruk lemon lah yang banyak di pakai di dapur..kalau di Indonesia..ya si jeruk nipis ini. Jadi..ya mau aku ulas..manfaat jeruk nipis..yang berhubungan dengan makanan dan minuman serta fungsinya khusus di dapur aja ya..^_^

Jeruk nipis ini mudah di jumpai di pasar2 tradisional..dan harganya juga terjangkau di banding jeruk lemon..jadi...tidak ada salahnya jika kita selalu sedia jeruk nipis ini di dapur teman2..banyak kok manfaatnya buat antara lain:
  • Jadi minuman..Jeniper..apa itu jeniper..yaitu jeruk nipis peres..hihi..minuman paling praktis dan mudah yang bisa kita minum setiap saat. Tinggal di tambah gula sesuai selera..jeniper yang segar dan kaya vitamin mudah tersaji di dapur. Jeniper ini bisa di sajikan hangat atau dingin dengan es batu. Jika tidak mau pakai gula..minuma jeniper ini juga bagus lho..di minum tiap pagi untuk meluruhkan toksin dalam tubuh. Di minum sesudah bangun tidur ya..sebelum kita makan..tapi ingat ini buat yang nggak punya sakit mag ya..dan juga airnya jangan terlalu panas..karena bisa merusak kandungan vitamin dalam jeruk. Memang, kebiasaan mengonsumsi air jeruk nipis memiliki benefit untuk menaikkan pH dalam tubuh, terutama urine, yang membuat ginjal dapat bekerja dengan lebih baik untuk mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Vitamin C dan bioflavonoid memiliki manfaat untuk memperbaiki daya tahan tubuh, antioksidan, dan mencegah munculnya kanker
  • Buat campuran minum teh. Teh panas atau teh dingin di tambahin kucuran jeruk nipis..jadinya benar2 seger.
  • Untuk makan pepaya. Pepaya akan semakin segar dan enak..jika di kucuri sedikit perasan jeruk nipis di atasnya.
  • Sebagai campuran jus sayur atau buah yang tawar..misal..buah melon..semangka dll. tambahkan sedikit jeruk nipis..agar citarasa jusnya semakin segar.
  • Sebagai campuran untuk es blewah atau coktail buah..wah..jadi tambah seger dech jika di kasih air jeruk nipis.
  • Sebagai penghilang bau amis pada ikan..ayam..udang..cumi dan aneka seafood lain, cara pakainya ya tinggal di balurkan ke bahan2 tersebut sebelum di olah.Jeruk nipis ini juga bagus untuk  membersihkan jerohan..seperti usus, babat dll. Di jamin..tidak akan bau amis lagi dech jika di lumuri dengan jeruk nipis ini.
  • Sebagai pelengkap masakan..kalau ini udah tidak asing lagi ya teman2..setiap kita makan soto..sup buntut sop iga dll..pasti akan tambah segar jika di kucuri jeruk nipis.
  • Sebagai pengganti cuka untuk acar. Aku lebih suka bikin acar pakai jeruk nipis..daripada pakai cuka..rasanya sama asem dan seger..tapi lebih aman buat tubuh.
  • Sebagai campuran bumbu masakan..misal untuk kuah sup tom yam..pindang serani..dll..biasanya menggunakan air jeruk nipis ini untuk rasa asam segarnya.
  • Sebagai pembersih alami lemak..jika kita mencuci peralatan dapur dan masih ada lemak2 yang membandel yang tersisa..makan..senjata yang paling ampuh..adalah jeruk nipis..tinggal di oles saja  dan di gosokkan ke alat dapur kita yang banyak lemak..lalu cuci dengan sabun cuci piring biasa..maka akan terbebas dari minyak dan lemak. Makanya banyak sabun cuci piring ya pakai jeruk nipis ini di formulanya ya teman2.Jeruk nipsi ini juga berguna untuk menghilangkan noda2 teh atau kopi yang melekat di cangkir..caranya ya sama..cukup di gosok2 kan saja ke bagian yang terkena noda,.maka akan segera hilang dan jadi kinclong kembali dech cangkir teh kita.
  • Sebagai ganti cream of tar tar. Dalam pembuatan kue..kita sering menggunakan cream of tar tar untuk mengcocok putih telur ya teman2..fungsinya adalah agar putih telur ini tidak cepat turun dan berair ..nah jika di dapur tidak ada cream of tar tar..ganti saja dengan perasaan air jeruk nipis. Fungsinya sama..untuk menstabilkan hasil kocokan putih telur.
  • Sebagai bahan pembuatan buttermilk. Buttermilk buatan ini di hasilkan dengan cara menambahkan air jeruk nipis ke dalam susu cair biasa..dan diamkan sampai mengumpal. Buttermilk siap di gunakan untuk membuat pancake..cake..dll.
Hemm, terus..apalagi ya..segitu dulu dech kayaknya teman2..ulasanku tentang manfaat jeruk nipis di dapur..nanti jika ketemu lagi aku tulis lagi yach..maklum..nulisnya cuma berdasar pengalamanku di dapur..hihi. Atau ada yang mau nambahin..silahkan ayukk..tinggalkan pesan di kolom komentar ya...biar bermanfaat buat teman2 lain yang membaca...makasih sebelumnya. Semoga sedikit bermanfaat ya buat teman2 yang suka nguplek di dapur kayak aku..hihi.



4 comments :

  1. kalau ibuku pake jeruk nipis buat perasan masak nasi, jadi waktu beras mau dimasak tambahin sdikit perasan jeruk nipis sdkit aja, alhasil nasi ga gampang bau basi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..makasih tipsnya ya Mba Tika..tapi dikit aja ya Mba..berarti..:)
      Aku pernah baca juga buat bikin nasi kuning warnanya jadi kinclong..terus aku coba..jadi rada asem nasi kuningnya..hihi..next time tak cobanya lagi..tapi sedikit aja..mungkin dulu aku kebanyakan ngasih air jeruknya..:D

      Delete
  2. Dear Mba Diah,
    Salam kenal ya..sy Bunda Fariq.
    Ga sengaja saya menemukan blog ini ketika sdg googling cake labu kuning.
    Alhamdulillah, content blognya bermanfaat.

    Sy baca postingan mbak Diah ttg manfaat jeniper, sy jd tergelitik ingin share jg pengalaman sy ttg jeniper ini.

    Sy dan suami setiap bangun tidur pagi hari, sebelum mengisi perut dg sarapan, rutin mengonsumsi segelas jeniper tanpa gula. Dan sy adalah pengidap maag kronis ! Alhamdulillah, atas izin Allah, maag sy ga kambuh lg, mbak. Sy lakukan ini jg sbg terapi detox liver sy.

    Berikut artikel.dari pak Wied Harry ttg manfaat rutin mengonsumsi Jeniper setiap bangun tidur :

    JENIPER ; BANTU TINGKATKAN METABOLISME

    Hal pertama yg perlu Anda lakukan di pagi hari adalah meraih satu gelas atau
    satu botol H2O (WH: air) dg semangat. Penelitian di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menjelaskan bahwa jika Anda minum air saat bangun tidur,
    Anda akan membakar lemak ketika mereguknya. Minum 500ml air akan meningkatkan metabolisme sebanyak 24%
    dalam 90 menit. Penelitian di University of Texas mengungkapkan bahwa Anda akan minum lebih banyak jika air minum tersebut Anda bubuhi perasan sepotong jeruk lemon atau jeruk nipis.
    Sumber: Majalah MEN’S
    HEALTH INDONESIA Juli 2011

    ULASAN WIED HARRY:
    Pola makan sehat alami Food Combining (FC) juga mengajarkan hal sama: menikmati air putih siap minum dg suhu ruangan yg dibubuhi air jeruk lemon/air jeruk nipis
    segera setelah bangun tidur. Tujuannya, membantu menggiatkan fungsi liver membuang zat-zat racun
    (detoksifikasi) yang secara alami terjadi paling pesat di pagi hari.
    Diminum perlahan seteguk demi seteguk, ditelan setelah ditahan sesaat dan bercampur dengan air ludah.
    Kebiasaan ini sekaligus jg menjadi terapi bagi pengidap gangguan maag.

    Semoga bermanfaat ya, mbak :)

    Bunda Fariq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ya Bunda Farig..wah..mksh banyak sharingnya..ternyata malah bisa ngobatin sakit Maag ya jeruk nipis..benar2 kaya manfaat dech. Mksh juga tambahan artikelnya Bun..semoga bisa bermanfaat buat teman2 lain yang membacanya ya..:)

      Delete