Saturday, October 19, 2013

Es Kolak Cendol Ubi Ungu


Udara bener2  panas akhir2 ini ya teman2..jadinya pengen yang seger2 terus dech. Iseng kemaren aku bikin es kolak..tapi isinya ubi ungu yang aku haluskan dan ku campur dengan sedikit tepung tapioka..jadi kayak bji salak gitu..tapi aku bentuk kayak cendol..^_^..jadinya di kasih nama kolak cendol ubi ungu aja dech.

Rasanya.enak..dan seger..soalnya di dinginkan dulu di kulkas sebentar..atau kasih es batu aja...jadi dech es kolak. Sebenernya bisa juga sich di bentuk bulat2 kayak candil ubi atau bulat gepeng kayak biji salak..cuma aku lagi iseng aja..jadi aku pelintir aja jadi bentuk cendol agak gede gitu. Liat warna ungunya asli dari ubi..cantik ya teman2..dan aroma ubi ungunya juga terasa banget..enak. Jika tidak suka kuah kolak..bisa di sajikan juga dengan bubur tapioka..jadi dech biji salak ubi ungu.
Kolak Cendol Ubi

Bahan :
400 gram ubi ungu, kupas, kukus, haluskan
60 gram tepung sagu / tapioka
1/4 sendok teh garam

Cara Membuat :
Campur ubi, tepung tapioka dan garam, aduk dan uleni rata. ambil sedikit adonan..lalau pelintir dengan dua tangan hingga berbentuk kayak cendok, lalau rebus di air mendidih sampai mengapung.
Sajikan dengan kuah santan dan gula merah, daun pandan , dan sedikit garam yang di rebus hingga mendidih ( seperti kuah kolak ). Sajikan dingin dengan es batu.

8 comments :

  1. sluuuuurrrrrpphh..... naksir berat.... hihihi...

    mba.... main dong, sekali-kali pengen dikunjungi mba diah nie... hihihi.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...ya Mba Lina..pengen ..keliling Indonesia..terus mengunjungi Mba Lina dan teman2 lain..hihi..semoga da kesempatan ya Mba..:)

      Delete
  2. Wah, kebetulan nih Mbak Diah saya kemarin pulang dari Batu beli ubi ungu. Iya Mbak, 3 hari terakhir memang panas banget bahkan malam hari pun sumuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Devy..seger mba..pakai es..pas banget panas2 gini..tapi klu nggak suka kolak..bisa di buat bubur candil ubi ungu juga enak..:)

      Delete
  3. Jd teringat bbrp bln yg lalu dpt oleh2 ubi ungu dr malang, bosen dikukus aku bkin kolak kyk mak didi gini, tp aku bentuk bola2 kyk klepon & tepungnya pkai tepung ketan, trus kuahnya pkai santan manis pkai gula putih & pandan....klo bentuknya panjang2 gni kpn2 aku coba jg ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya Mak Irowati..di sini ada juga..bulat2 gitu..bubur candil ubi namanya..:)

      Delete
  4. Mba Diah...lam kenal.. aku abis bikin ini ikutin resep plek2an, tp dipulung bulet2, pas jd lho kok agak berserabut ky bakso gak licin ky pnya Mba Diah #bingung garuk2 kepala# itu knp ya Mba? Mhn pencerahannya
    -Shinta-

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin tepungny akurang mba..kadang2 kadar air ubinya kan beda2 atau mba ngukusnya terllau lembek dll..coba jika kurang kalis tambah tepungnya ya..:)

      Delete