Friday, October 18, 2013

Nugget Ikan Tenggiri



Olahan ikan..sekarang ini sudah banyak yang di jual dalam bentuk frozen food ya teman2..seperti nugget..fish finger dll. Pada dasarnya bahannya adalah ikan..yang di olah seperti nugget ayam dll. Namun harganya cukup mahal ya..di pasaran...jika kita beli aneka olahan seafood kemasan tersebut. Udah gitu ..ikan yang di gunakan bukan ikan tenggiri, kebanyakan adalah ikan kakap atau surimi. Nah..akan lebih hemat dan enak..kalau kita buat sendiri kan di rumah..aneka seafood olahan tersebut. Tentu saja fresh..bebas bahan pengawet..dan tanpa penyedap ya..jika yang nggak suka penyedap. Yukk bikin sendiri di rumah..nugget ikan..mudah kok.

Bahan dan bumbu minimalis saja..cukup ikan tenggiri segar dan sedikit tepung terigu..jadilah nugget ikan yang empuk..tapi tetep terasa sedikit kenyal. Kalau beli nugget ikan kemasan itu suka terlalu kenyal ya..sampai susah di gigit kadang2..itu karena banyak tepungnya sich..dan yang di pakai tepung tapioka. Kalau nugget ikan yang aku buat ini..rasanya enak..sedikit kenyal..tapi tetep empuk dan lembut. Luarnya garing, karena tepung roti yang garing..dalemnya empuk lembut sedikit kenyal...gurih dan enak dech..pas banget di cocol saus sambal. Cobain dech teman2..pasti anak2 bakalan suka dech.

Tips menghaluskan ikan tenggiri, yaitu..simpan dahulu sebentar di freezer agar daging ikan agak mengeras...sehingga mudah di fillet dagingnya. Lalu pisahkan daging dan kulitnya, haluskan ikan dengan garpu atau mau lebih mudah ya dengan food processor. Sebaiknya tidak di blender ya daging ikan ini..karena kalau di blender akan berbeda rasanya..karena kalau di blender kan di tambahin air..jadi nanti tekture nuggetnya kan berbeda..nggak bisa kenyal..tapi..terlalu empuk..atau istilah Jawanya..mbleyek gitu..^_^
Selamat mencoba ya teman2..jika suka..jika ada yang belum jelas..silahkan tinggalkan komentar ya..
Nugget Ikan 

Bahan :
200 gram ikan tenggiri yang sudah bersih dan sudah di haluskan
1 putih telur
50 gram terigu
1 batang daun bawang, iris halus
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir
1 1/4 sendok teh garam ( secukupnya ), penyedap sedikit jika ingin rasanya sama seperti nugget ikan yang di jual2 gitu, tapi tanpa penyedap pun udah gurih sebenernya ikan tenggiri..

Bahan lapisan :
2 telur, kocok lepas
50 gram terigu
100 gram tepung roti kasar

Cara Membuat :
Campur ikan dan semua bahan lain, uleni hingga lembut dan semua bahan tercampur rata. Koreksi rasa dengan menggoreng sedikit adonan , lalu cicipi rasanya. Jika masih kurang gurih..tambahkan garam dll.
Tuang di loyang kecil kotak, lalau kukus selama 20 menit hingga matang. Potong2 bentuk jari atau bulat atau sesuai selera.
Gulingkan ke tepung terigu, celup ke telur, lalu gulingkan ke tepung panir kasar.
Goreng hingga matang dan keemasan. Atau masukkan ke tuppy, lalu simpan nugget di freezer untuk persediaan.
Tips: Jika susah mendapatkan ikan tenggiri..bisa juga di pakai ikan kakap segar..
 





13 comments :

  1. Replies
    1. Hihi..
      Yukk di coba mba Mutiara..:)

      Delete
    2. Wakaka minta dikirimin mbak aja deh :p

      Delete
    3. Haha es sari kacang ijo nya juga boleh mbak :p

      Delete
    4. Hihi..habis juga mba..:D..pokoknya klu minuman..cepat dech abisnya..:D

      Delete
  2. mbak kalo ikannya diganti ikan lele bisa gak ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sich bisa aja ya Mba..kan ikan lele juga dagingnya banyak dan durinya dikit..cobain dech Mba..ntar aku di kasih tau ya..enak tidak..hihi..soalnya aku belum pernah coba sich pakai ikan lele..tapi aku pernah baca di tabloid ada resep batagor pakai ikan lele..bisa juga..jadi nugget pun kayaknya bisa ya..:)

      Delete
  3. Kalo pk salmon bahannya sama ga mba?

    ReplyDelete
  4. Mbak diah, terimakasih buat resep nuget tenggirinya, tadi pagi saya praktek membuatnya dan hasilnya enak, teksturnya kenyil..kenyal hehehe kalo orang jawa bilang begitu :-)

    ReplyDelete
  5. Mbak klo menghaluskan dg garpu saat ikannya sudah tdk beku ya mbk?
    Krn sy tdk ada food processor, pakai garpu bs halus jg kan ya mbak..

    ReplyDelete
  6. Mba diah,,kira2 nuggetx di simpan di freezer bisa tahan brp lama ya mba?

    ReplyDelete