Tuesday, October 8, 2013

Ayam Pejantan


Sering dalam resep2 masakan ayam..aku lebih sering pakai ayam pejantan daripada ayam broiler biasa. Maunya sich ayam kampung tulen gitu..tapi kok mahal bener..hihi..jadi di ganti aja ke grade di bawahnya..yakni ayam pejantan ini. Nah..jadi dech pengen nulis tentang ayam pejantan ini.Cari info sana sini..intinya..ayam ini memang lebih baik daripada ayam pedaging biasa. Dulu aku taunya sich..biar enak aja..karena rasanya mirip2 ayam kampung. Jadi nambah ilmu dech..aku share di sini aja ya..semoga bermanfaat juga buat teman2.

Nah...apa itu ayam penjantan..?..Yaitu ayam jantan jodohnya ayam petelur..hihi. Ayam pejantan ini fisiknya mirip dengan ayam kampung... kakinya panjang, bentuk badan ramping, tapi berumur lebih lama dari ayam petelur.Ayam pejantan..ternyata rendah lemak dan kolesterol lho teman2..di banding dengan ayam broiler..dan rasanya pun lebih enak. Rasa dan tekture ayam pejantan ini memang mirip ayam kampung. Dagingnya tipis dan tidak berlemak..dan jika di masak juga ada tekture liat seperti ayam kampung, tapi nggak seliat dan sekeras ayam kampung sich..karena ayam kampung kan olahraga terus ya...di biarin jalan2 dan lari2 ke sana kemari..cari makan sendiri..jadi sehat..dan liat dagingnya..hihi..*abaikan yang ini..nggak akurat ya teman2..hihi..*  

Karena tekturenya mirip dengan ayam kampung, sehingga ayam pejantan ini juga banyak di gunakan di resto2 sebagai pengganti ayam kampung. Kelebihan ayam pejantan dengan ayam kampung ada tidak ?..ada juga lho ternyata..jika untuk usaha..ayam pejantan ini lebih mengguntungkan...karena harganya lebih miring daripada ayam kampung..tapi rasa sama enak.Ukuran ayam pejantan ini juga bisa seragam..jadi lebih enak untuk penghitungan harga jual dan tampilan suatu masakan.Selain itu ketersediaan ayam pejantan ini juga lebih banyak di banding ayam kampung..karena bisa di ternakkan secara massal..jadi mungkin itu yang mebuat harganya jadi lebih murah ya. jadi..jangan tertipu jug aya teman2..kadang2 ada juga ayam pejantan yang agak ndut dikit gitu di palsukan jadi ayam kampung. Apa sich beda ayam jantan dan kampung secara kasat mata?..Kalau menurut aku sich..ayam kampung lebih gagah..( what ?.. bahasanya..hihi )..maksudnya tuch..biarpun langsing tapi lebih besar dan kuat gitu di pegang dagingnya. Kalau ayam pejantan ini biasanya ramping2 dan kurus2. Warna daging juga kalau ayam pejantan ini lebih putih..kalau ayam kampung agak kekuningan..itu sich dari yang sering aku amati di tukang ayam langgananku di pasar. Kalau belinya masih hidup dan belum di kuliti sich..lebih mudah lagi..cirinya. Kalau ayam pejantan ini warnanya sama..krem putih gt semua..tapi kalau ayam kampung warna warni ya bulunya..ada coklat abu2..dll. Jadi jelas nampak sekali bedanya..kalau masih hidup.

Jadi..jika ingin makan ayam yang lebih sehat dan enak..tapi tidak terlalu mahal..memang..ayam pejantan inilah pilihan yang tepat teman2. Cuma..memag kalau beli ayam pejantan ini..harus satu ekor ya..nggak boleh sepotong2..kayak ayam broiler..hihi. Tapi nggak masalah..kalau keluarga kecil kayak aku..di ungkep aja sekalian..bisa buat dua kali makan. Atau ada yang mau usaha ayam goreng atau bakar..dengan memakai ayam pejantan..bisa lebih menarik lho..karena penampilannya setelah di goreng..memang mirip dengan ayam kampung. Selamat memasak ayam.



26 comments :

  1. Jadi pingin beli ayam pejantan. Rindu dengan tekstur ayam kampung yang agak liat dan gurih, tapi harganya selangit, duhh...kalo ke pasar mau cari info ah di mana yang jual ayam pejantan. Thanks ya mbak diah tuk infonya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rina..ini lebih sehta juga kok..rasa dan tekture nya mirip ayam kampung seekor cuma 30 ribu kalau di sini..:)

      Delete
  2. suami saya pencinta ayam kampung mak, tp sering2 beli ayam kampung juga mahal heuheu...kdg aku siasati dgn ayam pejantan *istripelit :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bener..harganya separo..lumayan kan ..drpd beli satu ayam kampung,,bisa dapet 2 kalau pejantan ya Mak..sama..daku juga Mak Irit kok..hihi..

      Delete
  3. mb, klo ayam pejantan bhs jawanya apa ya? pa ayam jago ya?
    Nindy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..bukan Mba Nindy..kalau ayam jago kan ayam kampung jantan...kalau ayam pejantan ini..ayam jodohnya ayam broiler Mba..biar bisa bertelur..:D

      Delete
  4. playboy cap ayam berarti ya mba... Hehehe... Betinanya banyak sich...

    Pancen beda kalo ayam jantan itu, dagingnya pun rada tebelan d banding ayam betina yg seumuran...
    Dulu alm. Bpk saya ternak ayam soalnya mba... Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya Mba Lina..ayam *pejantan tangguh..*...

      Wah..enak ya Mba..kalau mau ayam goreng tinggal ambil..klu ternak sdr..:)

      Delete
  5. Aku juga seneng beli ayam pejantan mbak...lebih cepat empuk..drpd ayam kampung....jadi anakku yg masih kecil lebih mudah mengunyah... :D ~fany~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Mba Fany..lebih cepat empuk..tapi tekturenya dapet rasa kayak ayam kampung ya..:)..lebih sehat juga..:)

      Delete
  6. mbak diah ada tips ga supaya masak ayam kampung cepet empuk.. ibu mertua kalo bikin opor suka di tambah nanas atau pepaya muda supaya empuk.. besok idul adha rencana mau buat opor ayam kampung.. mau ak pakein nanas tpi takut kuahnya jadi asem.. hehe...

    ReplyDelete
  7. Iya..memang bener Mba Laika..pakai nanas..bisa cepat empuk. Kalau nggak ada ya..aku suka pakai sistem slow cooking aja Mba..di masak pelan2..dan lama..nanti akan empuk dan bumbu2 semakin meresap..:)

    ReplyDelete
  8. Nanasnya di masak bareng bumbu atau rebus ayam dan nanas terpisah dari bumbu dulu mbak?

    Mbak diah ini hebat ya.. fast respond banget jwb pertanyaan.. thumbs up :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di masak bareng mba..jadi ada aroma seger juga rasanya opornya..tapi klu nggak suka di balurkan sj di ayamnya terus di diamkan beberapa saat..
      Eh udah masak ya Mba..maaf telat bls..hihi..baru sempat online :)

      Delete
  9. Ni juga sering 'nipu' konsumen yg gak ngerti...hehehe
    di carrefur sring di tagged 'ayam kampung pejantan, sdangkan klo yg beneran ayam kampung "ayam kampung asli'
    btw, temenku lg jd residen (skolah) spesialis gizi klinik penelitianny ttg ayam pejantan, ternyata kandungan lemak ayam pejantan yg diternak kandang spt yg dijual di kebanyakan SMP besar hampir sama aja dengan ayam broiler biasa(betina)...
    memang sedikit lebih rendah, tp tdk terlalu signifikan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begitukah..?..Mksh infonya ya..ya tapi paling tidak rasanya lebih enak ya..hihi..drpd ayam broiler..dan juga..klu secara kasat mata kan..lemaknya dikit..secara dagingnya tipis gt dan agak liat juga kayak ayam kampung..:)

      Delete
  10. Hai mbak diah,aku dong sempet bingung.masa ya di medan ayam pejantan disebutnya ayam kalasan.akhirnya nemu jwbn deh disini.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..beda2 ya sebutannya di daerah ain Mba Voni..kalau di Jawa..ayam kalasan itu..adalah salah satu nama olahan ayam goreng yang terkenal..:)

      Delete
  11. kalau dirmh g perlu pusing2 mau beli ayam kampung mba diah.. soale kami pelihara ayam kampung tp dilepas gt aja nanti pengen makan ayam baru deh ditangkap.. kalaupengen ayam kampungx lembut biasax sy pake presto mba biar cpt empuuuk jd gasx awet hahaha... ditunggu info2 selanjutnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..memang paling enak itu Mba Andriany..ayam kampung yang benar2 kampung..yang di lepas..cari makan sdr..dagingnya lebih gurih dan alami rasanya. Aku juga suka banget itu..^^

      Delete
  12. mbak didi..sudah pernah buat ayam kodok kah? kalo sudah pernah..tolong bagi resepnya donk..thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu pernah mba..tapi cuma pake bagian sayap..hihi..soale ndak ada yang makan kalau ayam utuh besar..nanti tak buat dulu dech..:)

      Delete
  13. Ditempat saya ada sebutan ayam herko, apa itu sama dengan ayam pejantan ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..belum pernah denger mba..herko..hihi..kalau ciri2nya sama kayak ayam pejantan ya sama mba..:)

      Delete
  14. Habis liat resep ayam rica-rica di blog mbak diah. Langsung googling "ayam pejantan adalah" jebule.... nemu jawabanya di blog mbak diah lagi hehe... komplit deh blog nya :D

    ReplyDelete