Wednesday, October 30, 2013

Tahu Kukus Campur Campur



Sering banget aku masak tahu..di bolak balik..di campur macam2..dari ayam..udang..daging..sayuran..dll..di bentuk aneka rupa..jadi tahu sakura..tahu cup..jadi nugget tahu..dll...hihi..padahal aslinya ya cuma olahan tahu aja..tapi udah jadi menu yang beda gitu. Yapp..aku memang suka tahu..lauk mur mer ini bisa di olah jadi beragam menu, baik masakan atau cemilan. Mungkin di blog ku nich udah banyak banget resep olahan tahunya teman2..^^

Tahu juga ada macam2..dari tahu pasar biasa..tahu Cina..tahu Sumedang..tahu tegal..tahu Sutra dll..semua enak sich menurutku. Yag paling murah adalah tahu pasar ya..dengan 3 ribu rupiah saja..udah dapat 1 bungkus isi 5 kira2 250 - 300 gram. nah..dengan sedikit kreatifitas dan usaha..tahu mur mer ini bisa kita sulap..jadi cemilan atau lauk yang istimewa buat keluarga. Cuma kadang2 tahu pasar memang ada yang agak asem ya teman2..mungkin karena pas jualnya kadang di rendam..atau juga dalam  proses pembuatannya ada yang di kasih cuka. Rasa asam tahu ini tentu saja sedikit mengganggu ya jika sudah jadi menu masakan. Nah..ada tips nich untuk menghilangkan rasa atau aroma asam tahu pasar..yaitu dengan merebusnya dengan sedikit garam dan air, sampai air mendidih. Tiriskan..dan tahu pun siap di olah menjadi aneka jenis masakan.

Oke..kali ini aku mau share satu lagi alternatif olahan tahu. Karena resepnya ngarang aja sich..jadi bingung mau di kasih nama apa..ya udah..di namain tahu kukus campur campur aja ya..hihi. Soalnya bahannya memang campur campur sesuai selera. Mau pakai daging boleh..ayam cincang juga boleh..atau udang..dll..sesuai selera. nah...biar rada unik tekturenya..aku tambahin juga soun, jadi tambah unik dech rasanya. Kalau mau warna warni bisa di tambah wortel juga. Cuma kemaren lagi nggak punya wortel aku..jadi nggak pake. Setelah semua bahan di campur dan di beri bumbu..lalu di  kukus di loyang dan setelah matang di potong2..dan di celup kocokan telur..terus..goreng dech..praktis kan. Rasanya..enak..ya..kayak tahu sakura atau nugget tahu juga..cuma tekturenya semakin unik..karena ada tambahan sounnya. Selamat mencoba ya teman2..jika suka olahan tahu yang mur mer..dan enak..^_^
Tahu Kukus Campur Campur

Bahan :
5 buah tahu ukuran sedang ( sekitar 300 gram ), haluskan
100 gram daging sapi cincang
1 buah wortel , jika suka di potong2 dadu kecil2
2 batang daun bawang, iris kecil2
1 bungkus kecil, soun RRT, seduh dengan air panas hingga layu
Telur 2 untuk adonan, dan 1 untuk celupan
1 sendok teh kaldu sapi bubuk
Gula pasir 1/2 sendok teh
Garam secukupnya

Bumbu halus :
2 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan daging cincang, aduk rata .
Campur tumisan daging dengan tahu halus, telur, soun, daun bawang, wortel dan bumbu2 lain hingga rata.
Tuang di loyang kotak yang sudah di alas plastik tebal..atau di oles minyak. Kukus 20 menit hingga matang. Dinginkan di kulkas. Potong2 kotak, lalu celup ke kocokan telur, dan goreng hingga matang. Sajikan dengan cabe rawit.


9 comments :

  1. wah yummy kayaknyaaa.. thanks yaaa resepnya bener2 menginspirasi sekali #ngileeer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Tian..met coba ya..ini seperti nugget tahu rasanya..cuma lebih praktis..langsung goreng aja pakai kocokan telur..:)..nggak perlu repot melapis2 tepung panir..:)

      Delete
  2. Mbak di aku baru aja selesai bikin nih... tapi tak balut tepung panir krn buat stock di kulkas, biasa mbak buat sarapan... jadi kalo pagi tinggal nggoreng deh.. Aku bikin yg minimalis mbak, ga pake daging tapi aku tambahin buncis yg diiris halus...maaf jadi ngacak2 resepnya mbak Di deh...hehehe. Makasih ya mbak resep2 praktisnya...aku sekarang jadi rajin nyetok makanan yg praktis2 buat sarapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..maaf telat bales bingits..hihi

      Delete
  3. Aku udah bolak-balik bikin ginian, tapi ga pernah komen. hahhaha ini suksessss anak2 doyan, suami pun juga suka. Sekarang aku bisa bikin tahu sendiri, maaak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mak..syukurlah jk suka semua ya..:)

      Delete
  4. Woaa...resepnya sip banget n praktis....makasih ya mba Diah

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen cobain semuanya dehh...

    ReplyDelete