Wednesday, October 23, 2013

Lontong Tahu Gimbal Udang




Lontong tahu gimbal ala Kudus...ini beda versi ya sama tahu gimbal Semarang. Kalau tahu gimbal Semarang bumbunya pakai petis..kalau ini nggak, bumbunya mirip bumbu kupat tahu Magelang..yang pakai kacang dan berkuah encer segar. 

Pengennya sich bikin lontong tahu gimbal ala Kudus gitu..cuma cari2 resep kok nggak nemu ya..gara2 pas ke Kudus beberapa waktu lalau penasaran pengen nyicip lotong tahu gimbalnya..tapi waktu itu udah kenyang makan soto..jadi belum sempat terlaksana. Akhirnya ya di kira2 sendiri aja..kayaknya sich kayak tahu kupat biasa bumbunya..cuma di tambahin gimbal udang..dan pakainya lontong...jadi dech...lontong tahu gimbal. Buat teman2 yag dari Kudus..jika tau menu ini..tolong di koreksi ya..udah mirip belum ya resepnya..hihi. Tapi yang jelas..rasanya enak..seger...ya kayak tahu kupat Magelang gitu..cuma pakai lontong..jadi lebih lembut..dan lebih enak lagi..karena ada gimbal udang yang gurih...cocok banget dech di padu kuah kacang yang seger.
Lontong Tahu Gimbal Udang
( Untuk 2 porsi )

Gimbal Udang :
Terigu protein sedang 100 gr
Tepung beras / sagu 20 gram
Udang seger ukuran kecil 250 gram
Bawang putih 1 siung
Ketumbar sdkt saja
Bumbu kaldu ayam..1/2 sendok teh
Garam secukupnya
Air 100 - 150 ml ( secukupnya )
Aduk adonan gimbal dengan bumbu halus dan air, goreng dgn cara di tipiskan di wajan sampai kering. Sisihkan

Bahan Pelengkap :
2 buah lontong, potong2
4 buah tahu putih, goreng, potong kotak
3 lembar kol, iris halus
50 gram taoge panjang, rendam air panas
Seledri & bawang goreng untuk taburan

Bumbu Kacang :
3 buah cabai rawit  merah
50 gram kacang tanah goreng, ulek kasar
2 buah bawang putih
2 lembar daun jeruk purut
Garam secukupnya
Gula merah 1 sendok makan
Kecap manis 4 sendok makan ( secukupnya )
Air matang panas secukupnya

Cara Membuat :
Ulek cabai rawit, bawang putih, daun jeruk dan garam
Beri kacang tanah dan gula merah, serta kecap , dan air panas. 
Aduk rata.
Tata lontong, kol, taoge, tahu putih, daun sledri dan bawang goreng serta gimbal udang yang sudah di iris2 di piring saji. Tuangi kuah kacang.





8 comments :

  1. oh ternyat agak pakai petis juga bisa ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang ala Kudus nggak pake petis Mak Lidya..klu tahu gimbal semarang..baru pakai..:)

      Delete
  2. kalo ibu ku nyebutnya tahu kecap, dan yang biasanya aku beli minimalis mba ga pake gimbal udang, tapi dah enak...hehehe doyan bgt...tahu nya kalo ngerasa beda ya mba ma tahu semarang, lebih padet ...mba diah udah pernah nyoba tahu kudus??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum Mba Siti..iya.di Srondol tuch kmrn ada yang jual lontong tahu gimbal kudus gini..katanya emang tahunya di datangkan dari Kudus langsung gt..eh mau coba..ruko srondolnya lagi di bongkar..jadi nggak tau Bpknya pindah ke mana..:)..jadi belum pernah aku nyobain tahu Kudus Mba..iya..klu tahu Semarang cenderung lembek..dan mudah hancur ya Mba..:)

      Delete
  3. Iya mba..aku kan penyuka tahu banget jadi wkt pertama x ke semarang, kok beda ya ma tahu kudus...teksturnya emang ga selembut tahu semarang sich..pernah yang jual sayur dkt rumahku jual tahu kudus...ga tau kulakan dmn? tapi skrg kyke ga jual lg...:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..aku jadi penasaran rasa tahu Kudus Mba Siti..kpn2 klu ke Kudus lagi tak hunting dech..:)

      Delete
  4. Mbak Diah....kapan-kapan ajarin bikin lontongnya yaa yg versi praktis..lontong yang gak dibungkus daun pisang bisakah?, ngiler pengen nyoba menu ini tapi kok ya malesss bgt bikin lontong pakai duan pisang, krn susah cari daun pisang disini:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..ntar ya..kalau dapat palstik tebal..coba tak buat lontong..:)

      Delete