Wednesday, October 9, 2013

Putu Ayu Gula Merah



Lama nggak buat putu ayu gula merah. Tadi iseng liat bahan2 kue masih banyak di dapur, mau buat cake atau sejenisnya takut ndak ada yang makan..ya udah iseng buat putu ayu aja..mumpung tadi ke pasar beli kelapa parut panjang..buat urap. Kalau putu ayu gini kan nggak pakai banyak telur..jadi lebih sehat..dan gulanya juga pakai gula merah..jadi suami masih mau dech kalau kue begini.

Dulu sering bikin putu ayu gula merah ini..nah biar semangat buatnya aku ganti resep dari yang biasa aku bikin. Aku iseng aja tambahin tepung ketan putih di tepungnya..wah ternyata malah enak..tambah lembut dan menul2..beda sama tepung beras yang tekturenya jadi padat. Sipp dech..nemu ide baru kalau buat putu ayu. Aku bagi ke Budeh sayur langgananku ..komentarnya enak dan memang lebih lembut. Oke..di catet dech resepnya di sini biar nggak lupa lagi ntar kalau mau buat.

Oh ya cetakannya aku pakai cetakan baru nich..cetakan mur mer sich di TBK banyak...tapi hasilnya kok jadi bagus kalau di buat putu ayu..cuma memang harus telaten ngoles minyaknya..supaya rata sampai ke bagian lekuk2 bunganya...biar putu ayunya mudah di keluarkan ketika matang.  Dan juga karena cetakannya kecil2..hasilnya jadi banyak..hihi..padahal cuma pakai 100 gram terigu dan 50 gram tepung ketan. Jadi lumayan irit nich teman2....bahan2nya..selamat mencoba ya..jika suka..^_^
Putu Ayu Gula Merah

Bahan :
2 butir telur
100 gram terigu protein rendah / sedang
50 gram tepung ketan
150 gram gula merah
1 sendok makan gula pasir
175 ml santan matang yang sudah dingin
1/4 sendok teh garam
1 sendok teh SP
Kelapa parut panjang 100 gram , kukus sebentar dan di beri sedikit garam

Cara Membuat :
Campur tepung ketan dan teung terigu, lalu ayak rata.Olesi cetakan putu ayu dengan minyak, lalu letakkan kelapa parut kasar di dasar cetakan, padatkan.
Kocok telur , SP dan gula merah  serta gula pasir sampai kental dan mengembang.Masukkan garam, kocok rata lagi.
Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit bergantian dengan santan, aduk rata perlahan.
Masukkan ke cetakan putu ayu, lalu kukus selama 20 menit.




23 comments :

  1. Kocoknya telurnya sampai mengambang itu kira2 berapa menit ya Mbak?
    Duh senangnya jadi bude sayur langganan Mbak Di ya. Bisa ikut nyicip2 masakan Mbak Di. Dan saya pun bercita2 pengin jadi tetangga mbak aja deh ya. Jadi kecipratan makanan tiap hari. Hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung mixer Mba Yanti..soalnya mixer kan kekuatannya beda2 ya mba..jadi sampai adonan kaku dan kalau mixer di angkat itu ada jambulnya ( ujungnya runcing tapi nggak jatuh )..kalau aku tadi kira2 5 menit aja speed tinggi udah kaku sich..soalnya kan cuma dikit telurnya..:)
      Ayukk Mba..tetanggaan..hihi..

      Delete
  2. Replies
    1. Iya Mak Lidya..buat cemilan sore suami ntar..:)

      Delete
  3. mbak Diah,thanks u/resepnya....emang beneran maknyusss lho,lembut dan aroma gula merahnya menggoda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..sama2 ya..seneng dech klu mba udah nyoba..dan suka rasanya..:)

      Delete
  4. Aku hari ini nyoba, tapi ga mengembang :( :(
    Apa karena garamnya aku kocok bareng sama telur, gula, ma ovalet ya?
    Ngiler lihat punya Mbak Diah.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Garamnya masuk setelah telurnya ngembang harusnya Mba..:)..telurnya juga masih segar kan ?

      Delete
  5. yummy, murah meriah lagi, trims ya mba Diah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Siti..sama2...udah coba ya mba..sippp Mba..:)

      Delete
  6. mbak diah, mau tanya, apa sih bedanya SP, TBM, ovalet dan sejenisnya? kegunaannya buat apa aja, kapan dipakainya..maaf banyak tanya soalnya bingung hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ku posting di postingan terbaru ya Mba..keterangannya..coba di cek..:)

      Delete
  7. Mbak di,itu santan yang dipakai santan kental atau sedang?

    ReplyDelete
  8. Mbak kalo saya buat 1 hari sebelumnya bakal basi gak yah? Terus kuenya masih lembut gak? Thank you Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba..nanti di taruh kulkas dulu, besoknya di kukus lagi bentar..:)

      Delete
  9. Mbak kalo misal mau simpen difreezer bisa gak ya mbak? makasi mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa nanti di kukus lag kalau mau makan..:)

      Delete
  10. Salam kenal mba, blognya kereeenn sangat inspiratif. Mba saya sudah coba resep ini. Enaaaak. Saya mau tanya, itu kelapanya bisa menempel kokoh di kue caranya gimana ? saya kalau buat putu ayu kelapanya pasti berantakan dan tidak mau menempel di kue. Kelapa parut selalu saya kukus dulu supaya tidak basi. Makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..sipp..:) di padatkan mba..di dasar cetakan ya..kelapanya..:)

      Delete
  11. Hi mba Diah..salam kenal. Saya selalu memakai blog mba sbg salah satu rujukan..Trimakasih resepnya...akhirnya saya menemukan resep & tips yg TOP BGT..trimakasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mba Susan..syukurlah jk suka resep2 nya ya :)

      Delete
  12. Hai mbak Diah,
    Kalo pake kelapa parut kering yang kemasan itu bisakah mbak? Dicampur air dan dikukus dulukah sebelum digunakan?
    Salam, Fera

    ReplyDelete